Youtube
wb_sunny

Breaking News

Tips Hemat Baterai Smartphone

Tips Hemat Baterai Smartphone


Smartphone sudah menjadi bagian hidup kita. Hanya saja, kadangkala kita merasa baterainya terlalu cepat habis. Apa penyebabnya? Bagaimana solusinya? 

Assalamualaikum,
           
Hemat baterai smartphone tidak mudah .Apalagi bila kamu penggemar berat telepon pintar (smartphone) dansudah merasakan manfaatnya dalam kehidupanmu. Smartphone boleh dikatakan sudah “melayani” segala macam yang dibutuhkan di kehidupan kita. 

Apalagi fitur – fitur aplikasi yang semakin berkembang dan memang bisa diandalkan para pengguna untuk mempermudah pekerjaannya. Begitu pula dengan gaya hidup dan sosial media. Semua bisa dikatakan, sudah bisa dilayani dengan smartphoneyang paling sederhana sekalipun.



cara hemat baterai smartphone

 
           Hemat baterai smartphone,pasti dambaan kita semua. Smartphone yang kita pakai ternyata sangat boros baterainya. Walaupun sudah ada powerbank untuk men-cas handphone dimanapun, tetap saja butuh energi dan menyebalkan bila baterai boros. Salah satu penyebab baterai boros salah satunya karena banyaknya fitur-fitur canggih di smartphone kita. 
            Karena fitur tersebut membutuhkan daya yang besar agar dapat berjalan secara maksimal. Maka semakin sering kamu menggunakan fitur tersebut, baterai smartphone juga akan cepat habis.  Ternyata paling tidak ada lima penyebab mengapa smartphone cepat sekali kehabisa baterai.
            Satu, Layar smartphone yang terlalu cerah. Layar yang terang memang biasanya membuat pengguna lebih jelas memandang smartphone nya. Namun, layar smartphone dengan ukuran yang besar akan menghabiskan daya baterai. Apalagi jika ditambah dengan setting tingkat kecerahan yang maksimal. Akan lebih baik atur tingkat kecerahan layar smartphone menjadi 40 – 50% saja untuk mengurangi penggunaan daya bateraimu.
            Dua, atur penggunaan Fitur WiFi dan Bluetooth. Seringkali bluetooth dan WiFi di smartphone dalam keadaan aktif.  Jika dalam keadaan aktif, lebih baik matikan kalau tidak terlalu diperlukan lagi. Karena jika bluetooth dibiarkan dalam kondisi menyala meskipun tidak sedang terkoneksi akan menguras tenaga baterai, begitu juga dengan WiFi yang menyala akan terus berusaha mencari dan mendeteksi jaringan yang ada di sekitarnya. Jadi, lebih baik dimatikan saja.
            Tiga, Fitur lokasi dan navigasi.  Batasi penggunaan fitur pendeteksi lokasi dengan memilih salah satu aplikasi saja. Jika ingin menjalankan aplikasi GPS, pastikan sudah mematikan aplikasi navigasi ketika sudah sampai di tempat tujuan. Dengan begitu, telepon pintar tidak akan terus mendeteksi keberadaanmu yang tentunya menguras banyak tenaga.
            Empat, menjalankan aplikasi terlalu banyak. Kita kadang-kadang tidak sadar, banyaknya aplikasi menyebabkan baterai cepat habis. Sebut saja aplikasi media sosial seperti facebook, twitter, line, WA dan lainnya. Segera matikan aplikasi yang tidak diperlukan.  Selain menghindari kinerja smartphone agar tidak lemot, tentu akan menghemat penggunaan daya baterai smartphone.
            Lima, smartphone terpapar matahari langsung. Sekilas terlihat terlihat tidak ada hubungan antara suhu dengan baterai smartphone. Namun, suhu yang lebih tinggi akan lebih menguras baterai telepon pintarmu dibandingkan suhu yang lebih rendah. Cara gampangnya, pastikan smartphone tidak terpapar matahari secara langsung dalam waktu yang lama dan jangan tinggalkan smartphone di samping jendela atau terpanggang di dalam mobil.
            Untuk berjaga-jaga bisa selalu sediakan power bank yang kapasitasnya sesuai dengan besar daya baterai smartphone atau gunakan charger orisinil yang terjamin kualitasnya. #

Tablet Juga Bisa Hemat Baterai

            Tablet (tab) bila tidak dipelihara dengan baik, bukan hanya akan cepat rusak. Tetapi juga akan membuat penggunaannya tidak optimal. Ada beberapa tips untuk merawatnya.
         Satu, batasi penggunaannya. Jangan menggunakan tablet terlalu berlebihan. Tetapi, gunakanlah tablet dengan bijak dan cermat. Pemakaiaan tablet yang terlalu lama akan mengalami panas berlebih. Hal tersebut tentu bisa membuat komponen didalamnya mengalami kerusakan dan akibatnya tablet akan sering mati sendiri atau sering eror.
            Dua, jangan meletakkan tablet di atas barang elektronik atau di sebelahnya. Hal ini seringkali tidak sengaja dilakukan dan berbahaya. Bila  diletakan dekat DVD player, televisi, laptop, serta perangkat elektronik lainnya,  akan memicu tablet dari interferensi medan magnet atau gelombang elektromagnetik yang bisa mengakibatkan kerusakan pada tablet.
            Tiga, jangan men-cas terlalu lama. Jangan terlalu lama dalam mengecas baterai tab. Bila baterai sudah penuh langsung saja mencabut adaptor atau pengisi daya baterai. Kalau tidak baterai bisa menggendut karena bocor. Hindari pula menggunakan tab sambil di cas. Itu membuat pengisian tidak optimal.
            Empat, pakailah Tab Leather Case. Ini berguna untuk mengantisipasi body tab bila terkena benturan. Apalagi Tab Leather Case ini memiliki banyak varian warna dan model. Jadi, memakai tab leather case tidak  akan membuat tab terlihat kuno. Tetapi justru membuatmu terlihat semakin bagus.

Semoga tetap sehat dan bahagia semuanya...

 #

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

10 komentar

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Berkomentar Dengan Baik ya teman-teman.. Untuk yang menyertakan link hidup, mohon maaf, akan langsung dihapus :)

  1. Trims mba tips2nya.... cmn kadang jika serba salah pengen hemat batre tapi fitur2 tertentu harus nonaktif

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Bang Day,susah bener eang berhemat baterai HP,akupun juga gitu :)

      Hapus
    2. solusinya power bank mba hehee

      Hapus
    3. hahahahahaha,betul Bang day, itu solusi paling praktis ya

      Hapus
  2. Nah iya bener poin 3 sm poin 4 sering bgt tanpa sadar masih on terus. Bikin hp cepat panas dan baterai cepat abis. huhu
    Boleh lah tips di atas di coba supaya makin hemat bateri

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sama kak Ella, aku juga gt. sering bgt nge cas sambil tertidur haha

      Hapus
  3. Baterai emang selalu menjadi masalah dan dieluh-eluhkan oleh pengguna smartphone termasuk saya :D, terima kasih sob tips yang bermanfaat buat kita pengguna setia smartphone

    BalasHapus
  4. Ini ingetin aku sama bad habit ku deh mba , kadang ninggalin hape dicas pas tidur. Biasanya cas 2 jam jadi 5 jam 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaa bener kak,padahal selain boros listrik, ini juga merusak hp ya.aku jg demikian kak hehe

      Hapus