Youtube
wb_sunny

Breaking News

3 Cara Menaikkan Domain Authority (DA)

3 Cara Menaikkan Domain Authority (DA)


Menaikkan domain Authority dalam sebulan? Awalnya saya juga tidak terlalu yakin. Namun kemudian memutuskan untuk mendaftar sampai akhirnya terpilih bergabung di grup WA "DA naik dalam 30 hari gelombang 1". Inilah pengalaman saya tentang cara meningkatkan DA , khususnya dalam waktu satu bulan.

cara menaikkan domain authority



Halo, bersua kembali. Semoga tetap sehat ditengah pandemi yang belum tahu kapan berakhirnya.

Kali ini saya ingin berbagi soal cara cepat melejitkan Domain Authority (DA). Seperti yang kita ketahui, DA merupakan indikator bagi mesin pencari dalam memberi peringkat kepada sebuah situs web atau blog. Angka DA sendiri berkisar antara 0-100. Namun jangan berharap dapat 100 sih. Karena 100 hanya dimiliki oleh web sekelas Wikipedia.
 
Kembali lagi, soal menaikkan DA. Seperti yang saya ceritakan di atas, sekitar sebulan yang lalu ada lowongan di grup yang saya ikuti tentang belajar SEO dan metode menaikan DA dengan gratis. Tanpa pikir panjang saya pun daftar dan alhamdulillahnya terpilih diantara 30 orang lainnya.
 
Di grup WA DA naik dalam 30 hari gelombang 1, ada 30 siswa dengan DA beragam. Paling tinggi DA-nya 10 itupun hanya segelintir orang. Yang lainnya ber-DA kecil alias dibawah 10. Termasuk saya, pastinya.
 
Berbicara tentang DA blog saya, aslinya saya hampir putus asa soal menaikkan DA ini. Sudah hampir setahun DA saya istiqomah di angka 7. Sempet 9 lalu turun ke 8, dan terakhir 7 selama berbulan-bulan.
Sudah banyak cara menaikkan DA yang saya ikuti dari hasil “denger-denger”. Misalnya rajin blog walking (BW), komen ketika BW menggunakan link blog kita, banyak menulis artikel organik dan berbagai cara lain yang ternyata tidak banyak membuahkan hasil.
 
Makanya , saya bersyukur banget akhirnya bisa gabung di grup yang digawangi dua orang suhu di dunia perbloggeran yaitu kak Irwin dan kakPunto. Awal-awal terus terang agak takut belajar SEO ini. SEO identik dengan kerumitan dan kode-kode dalam blog. Kemudian juga saya meraa belum banyak mengerti soal per-blog-an. Dan yang lebih menakutkan adalah otak saya yang sudah lama tidak belajar sehingga agak lelet menyerap ilmu baru. Apalagi ilmu SEO hehehe
 
Namun, bismillah saja. Namanya juga belajar, prinsipnya sih pasti dimulai dariketidaktahuan, kan? Perlahan tapi pasti , saya mengikuti semua materi pelajaran. Kadang agak bingung juga. Namun terus terang, buat bertanya juga saya sungkan dan agak malu. Nah, kebetulannya, banyak pertanyaan teman-teman di grup yang sama dengan pertanyaan saya .
 
Kadang kalau saya lagi sibuk, saya bintangin saja terlebih dahulu pertanyaan dan jawabannya. Kemudian kalau senggang percakapan yang menurut saya kurang penting, langsung clear chat (hehehe) dan tersisalah materi pelajaran saja. Yang kemudian saya baca pelan-pelan, resapin kemudian praktek.
Tetap sih, masih banyak yang belum dimengerti juga. Tapi, minimal sudah ada bayangan, cara menaikkan DA blog, ntar dalam waktu singkat atau malah jangka panjang.

Tips ajaib menaikkan DA

Target kelas ini di awal sebenarnya adalah menaikkan DA seluruh anggota grup hingga 15. Seperti yang saya ceritakan diatas, DA yang ikut kelas ini memang kecil-kecil. Maksimal hanya 10 saja. Jadi diharapkan dalam 30 hari, ada upaya sehingga DA bisa naik hingga 15 tadi.
Oh iya, kenpa angka 15 jadi patokannya? Persisnya sih, saya tidak tahu alasannya. Yang jelas, DA 15 kebanyakan jadi standar minimal para klien yang menawarkan job atau sponsor post kepada para blogger. Jadi ya, memang angka 15 sudah minimal yang harus dicapai para blogger ya.
Secara umum, ada tiga langkah yang harus dilakukan untuk menaikkan DA ini.


cara agar DA cepat meroket



 
1.SEO On Page

Pelajaran pertama yang kami dapatkan adalah SEO On Page. Materi ini diisi kak Irwin. Disini kami belajar soal yang paling mendasar seperti membaca Google Search Consule (GSC) dan Google Analytics (GA). Jujur, saya awalnya jarang sekali buka GSC. Padahal di bagian ini kita harus memasukkan site map blog. Kemudian juga setelah setelah setesai posting blog, sebaiknya inspect URL agar tulisan kita terindeks oleh Google juga.
Kami juga diajari soal membuat artikel yang SEO Friendly. Untuk ini kami dibekali Master Format SEO. Ada 18 items yang harus diperhatikan ketika membuat sebuah artikel. 

Items tersebut adalah : keyword, search volume (bisa di cek di website uber suggest), kompetisi (search allintititle, bisa dicek di Google), ada keyword di judul (55 karakter), ada keyword di permalink (75 karakter), ada keyword di deskripsi (155 karakter), ada keyword di paragraf 1 (150 karakter), jumlah kata lebih dari 600 kata, link internal ke kategori, ada H1 H2 dan H3, keyword di nama image, Title dan Alt Image, maksimal 2 eksternal link, internal link ke dan artikel sejenis, LSI Keyword, share di media sosial dan terkhir, posting di GSC.
Sekilas memang terlihat rumit, namun bila sudah terbiasa, sama sekali nggak susah. Saya sendiri, belum terbiasa 100 persen tapi mencoba membiasakan 18 item diatas ketika menulis sebuah postingan blog.
Oh iya, kami juga dibekali Domain Authority Checker- Moz oleh Kak irwin dan Kak Punto. Ada 3 akun. Karena ada 30 peserta, masing-masing akun digunakan buat 10 orang . Di Moz, kita bisa melihat secara detail permasalahan di blog kita. Blog aku bisa dikatakan penuh masalah. Mulai dari judul kepanjangan, beberapa postingan tidak ada meta description-nya, permalink kepanjangan, meta desc telalu pendek dan banyak masalah lainnya.
Kami juga belajar Page Optimalization, buat mengecek sebuah tulisan. Apakah sudah standar artikel SEO atau belum.

Oh iya dibalik semua kaidah SEO tersebut jangan lupa kalau Content is a King. Konten tetap harus dibuat sebagus mungkin dan berguna buat para pembaca. Kita semua sepakat, apalah artinya banyak kaidah bila ternyata kontennya tidak maksimal dan tidak berguna bagi pembaca, kan?

2. SEO Off Page

Materi ini diisi oleh Kak Punto. Terus terang, materi ini juga belum saya kuasai secara penuh, bahkan sudah sampai 30 hari belajar SEO. Intinya adalah menanam backlink blog kita di sejumlah website. Tentu saja tempat “menanamnya” adalah website-website yang terpercaya. Kami mendapatkan beberapa backlink. Hanya saja perlu “perjuangan” tersendiri untuk tahu cara “menanam” blog kita di web-web ini. Ada yang hanya registrasi, melewati berbagai tier, ada juga yang harus komen bahkan membuat blog di website lain.

Apa imbasnya kalau kita sudah memiliki backlink berkualitas tersebut? Salah satunya adalah backlink akan membantu mesin pencari untuk mengindeks blog dengan lebih cepat. Backlink akan berdampak pada mesin pencari organik yang ujungnya akan meningkatkan Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA). 


Sebenarnya ada cara lain meningkatkan backlink ini. Misalnya dengan cara Guest Blogging.  Ini adalah menjadi penulis tamu di blog lain yang kemudian menyebubut blog dan memberikan backlink ke situs / blog kamu. Cara ini mungkin bisa ditempuh bila memiliki hubungan baik dengan sesama blogger misalnya.

Cara lain adalah tukeran backlink atau dengan kata lain saling memberikan rujukan. Jadi kita memberikan rujukan ke blogger lain begitupula sebaliknya. Ini disarankan sih untuk kategori yang sejenis. Bila misal artikelmu tentang bisnis, tentu dicari blogger yang juga menulis soal bisnis.

3. Ketekunan , Kerja keras, Doa
 
Dibalik semua “kunci” yang sudah diberikan para coach tadi, kunci lain untuk menaikkan DA adalah ketekunan, kerja keras dan doa. Kenapa ini saya masukkan? Karena memang dalam blog banyak sekali yang harus dibenahi dan perlu kesabaran tersendiri untuk memperbaikinya. Terakhir, jangan lupa berdoa dan yakin, proses tidak akan pernah mengkhianati hasil.

DA Naik di Akhir Minggu Ketiga 


cara melejitkan DA dalam sebulan


 
Alhamdulillah, setelah berbenah kiri-kanan-depan-belakang (walau belum juga kelar), akhirnya DA yang istiqomah selama ini naik juga. DA naik dari 7 menjadi 10 dalam waktu kurang lebih 3 minggu atau akhir minggu ketiga pelatihan. Walau belum mencapai target di angka 15, tetap saja pencapaian ini wajib disyukuri .

Kritik dan Saran
Setelah sebulan mengikuti arahan para coach bagaimana menaikkan DA, terus terang banyak sekali ilmu yang sudah dipelajari. Mengingat, katanya ini hanya luarannya SEO, kedepannya mungkin perlu ada kelas lanjutan. Kalau gratis tidak memungkinkan, berbayarpun mungkin boleh juga asal jangan mahal hehe. Lalu, soal istilah-istilah, sebagian memang masih membingungkan, terutama buat saya yang awam ini. Mohon dimaklumi kalau butuh penjelasan tekhnis lebih lanjut kadang-kadang.

Kesimpulan

Jadi ada tiga cara agar Domain Authority melesat ya :

1.  SEO On Page
Yaitu melakukan optimasi di blog kita ketika membuat postingan atau memperbaiki beberapa bagiannya sesuai kaidah SEO

2. SEO Off Page
Cara yang bisa ditempuh adalah mencari backlink-backlink berkualitas untuk menaikkan "derajat" blog di mata Google.

3. Ketekunan , Kerja Keras dan Doa
Tidak ada pekerjaan apapun tanpa ketekunan , kerja keras dan doa. Pekerjaan memperbaiki blog adalah pekerjaan yang harus dilakukan selama blog masih ada. teruslah mencari ilmu dan melakukan berbagai pembenahan pada blog kamu ya.

 
Akhirnya, terima kasih banyak buat dua suhu SEO kak Irwin dan kak Punto, semoga ilmunya barokah dan rejekinya bertambah. Aamiin yra.

Sudah siap menaikkan Domain Authority blog mu?

Tetap Semangat semuanya...

 

 

 


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

26 komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih

  1. mbaaa Enny... selamat naik DA nya hehehe
    semangat dan doa itu kunci terpenting ya mba
    btw semoga kita keangkut di gelombang selanjutnya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamuuu juga naik put huhu.selamat juga yaak...iya inshaAllah keangkut hehehe.semangattt

      Hapus
  2. Dahulu trik saya menaikan DA Blog adalah dengan Bewe, namun bewe-nya selalu ke blog yang baru.

    DA blog saya pernah naik ke Angka 20-an , namun ketika algoritma MOZ berubah, maka DA blog saya jadi anjlok ke Angka 17 , tapi masih bersyukur sih, dari pada turun ke Angka 3, hahaha.......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ampun suhu, tulisan ini terlalu receh buat suhu :)klau kang Nata nggak usah dipertanyakan lagi perkembangan blog dan DA-nya

      makasih sudah berkunjung

      btw, Kang nata pernah di FLP Depok kah?

      Hapus
  3. Kereeennn Mba, saya selalu salut dengan teman-teman yang begitu rajin belajar dan terus belajar menambah ilmu.
    Kayaknya saya aja nih yang belom ikutan kelas-kelas blogging sama sekali hahaha.

    Jadinya sejak awal ngeblog serius ya semua learning by doing.
    tapi memang sepengalaman saya backlink itu sangat berpengaruh banget.

    Banyak trik untuk itu, salah satunya berbagi ilmu gratis dengan benefit dapat backlink dofollow gratis dari peserta :)

    Ikut arisan backlink juga asyik tuh Mba :)

    Dan memang tehnik ngeblog yang benar juga salah satu kuncinya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh, jd malu dibaca suhu blog yang satu ini..hiks..ayooo kak, berbagi ilmu juga donggg, walau learning by doing aja

      tp kereeen

      aku blm pernah ikut arisan backlink kak hehehe...arisan uang aja pernahnya hahaha

      Hapus
  4. Waaah, saya baru tau ada kelas gratis SEO ini...
    DA saya masih cimit bangettt, di bawah 5, padahal sebelum logaritma MOZ berubah, sempet di 13. Jadi terjun bebas bangettt, huhuhu T__T

    Caranya gimana mba bisa ikut kelas ini? Saya pengen banget ikutan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, bergunaaaa buangettt kelas ini huhu.InshaAllah katanya ada gelombang 2 ntar akhir Juni-Juli. Semoga terangkut ya ntar..

      Ping aja ke wa ku ya, biar ntar klo ada aku kbr2in ya

      Hapus
  5. Duh kalo bicara DA, perih hati ini mba. Hehe

    Btw selamat ya atas usahanya ut ikut kelas gini. Mantap mb

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha, iya Bang day, bagian dari usaha nih

      Hapus
  6. Selamat ya skor DA nya udah naik jadi 10.
    Terus semangat, kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahahha makasih kak, semoga kita semua tetap semangat ya

      Hapus
  7. keren blognya….professional banget.
    Good luck

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih kak, semoga sehat selalu bersama keluarga disana yaaa

      Hapus
  8. Kira-kira kelas spt itu buka lagi kapan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rencananya Juli mulai lagi kak gelombang 2

      Hapus
  9. Jadi ingat da ku drop dari 20 ke 13 dan ga naik-naik.. kayaknya harus berbenah nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak.menurut teori harus dibenari seo on page dan off page nya kak.semoga berhasil ya

      Hapus
  10. Domain autority saya masih rendah... terimakasih triknya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada gelombang baru nih kak

      https://bit.ly/30-hari-cara-naikin-da
      siapa tau tertarik ikut naikin DA.Juli-Agustus mulai lagi katanya kak

      Hapus
  11. wah selamat mbak akhirnya DA nya naik, mantep

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kak. sekarang tantangannya biar konten lebih berkualitas nih

      Hapus
  12. bagus sekali, kamu membuat beberapa poin yang sangant bagus di sana. Saya melakukan pencarian tentang topik tersebut dan menemukan bahwa kebanyakan orang akan setuju dengan poin poin di atas.

    BalasHapus
  13. Ada gak min cara untuk menaikkan da pa dalam 1 minggu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mungkin kalau dah jago SEO bisa kali ya kak.Atau ikut kelasnya coach Irwin dan coach punto aja kak. link nya ada di tulisan ya kak.klik aja buat kontak mereka

      Hapus