Sabtu, 24 November 2018

KAPAN SEBAIKNYA MEMBELI RUMAH?

rumahku surgaku (dok ; pribadi)

Baru-baru ini, dalam sebuah artikel yang diangkat Kompas.com menyebutkan generasi milenial cenderung tidak tertarik melakukan investasi di properti. Alasannya mereka nyaman tetap tinggal bersama orang tua karena belum menikah dan tidak memiliki cukup uang untuk membeli rumah.


Generasi milenial memang dikenal sebagai generasi yang cukup “logis” dalam banyak hal. Mereka yang kini berusia 20-30 thn ini dikenal memiliki kedekatan dengan media sosial dan sangat gampang terpengaruh.

Sayangnya dalam urusan investasi properti mereka terlihat sangat enggan “menabung” uang disana. Apalagi sebagian besar mereka beranggapan rumah hanya diperlukan ketika seseorang sudah menikah dan memilki kehidupan rumah tangga !!
Benarkah anggapan demikian? Memang rumah sangat krusial diperlukan ketika seseorang sudah menikah dan membangun keluarga. Namun yang jarang diingat, dari waktu ke waktu, harga rumah mengalami peningkatan yang tidak sedikit dan artinya uang yang disiapkan juga semakin besar.

KAPAN HARUS MEMBELI RUMAH?
Pertanyaan ini banyak ditanyakan orang. Sebenarnya jawabannya tergantung kepentingan dan kemampuan masing-masing orang. Namun secara umum sebenarnya orang sudah bisa membeli rumah ketika dia telah mapan bekerja dalam 1-2 tahun.

Saat itulah saatnya dia sudah bisa membeli rumah.

Apalagi bila kondisinya masih single dan tidak banyak kebutuhan sehingga banyak uang yang bisa ditabung lebih banyak.
Jadi kapan harus membeli rumah? Usia 23-25 tahun bisa dikatakan usia yang sangat ideal untuk membeli rumah. Saat itu mungkin kamu juga sudah bekerja dalam 1-2 tahun sehingga kemungkinan bisa menyisihkan penghasilan.

Bagaimana dengan status? Yess, kalau single tentu lebih gampang. Kalaupun sudah mulai membangun keluarga baru mungkin juga saat yang tepat untuk menyisihkan uang. Betul kan?

APA KEUNTUNGAN MEMBELI RUMAH DISAAT USIA KAMU MASIH MUDA?

1.KEBUTUHAN BELUM BANYAK.
Betul banget. Saat ini mungkin kamu hanya memikirkan diri sendiri, menikmati gaji sembari banyak menyenangkan diri sendiri dengan berbelanja segala trend terbaru. Hmmm.. tentu tidak ada ruginya membeli hal yang lebih besar. Belilah rumah.

2.WAKTU MASIH PANJANG
Seandainya kamu membeli rumah dengan cara kredit, tentu waktu panjang masih tersedia. Kamu bisa mencicilnya dalam jangka waktu 10,15 bahkan 20 tahun . Walaupun dalam rumus  investasi properti, jangka waktu 20 tahun tidak disarankan karena sudah banyak membayar bunga saja.

3.MASIH PUNYA BANYAK ENERGI UNTUK MENCARI UANG
Bukan berarti yang usia tua tidak semangat mencari uang lagi. Namun ketika usia masih muda biasanya energi dalam mencari uang lebih bersemangat. Termasuk mencari uang buat mencicil rumah misalnya.


MENGAPA HARUS SECEPATNYA MEMBELI RUMAH?

1. LUAS TANAH NGGAK MUNGKIN BERTAMBAH
Ini bener banget. Sementara jumlah manusia di dunia semakin lama semakin bertambah. Artinya luas tanah yang semakin sedikit inilah yang diperebutkan.

2.KITA SEBAGAI PENENTU
Kalau kita menanmkan uang di saham, emas atau apapun bisa dipastikan harga pasar menentukan naik turunnya harga. Namun ketika kamu menabung di rumah, kamu sebenarnya pengendalinya. Memang sih ada harga indikator tanah atau rumah di wilayah tersebut karena berbagai pengaruh lingkungan namun pada dasarnya kitalah sebegai penentu utama sebagai pemiliki rumah yang bisa menentukan harga terpantas untuk rumah tersebut.

3. HARGA JUAL NGGAK MUNGKIN MENURUN
Benar juga. Belum pernahkan mendengar harga rumah hari ini dan 10 tahun yang lalu masih sama. So, dipastikan harga meningkat.

Tetap semangat untuk meraih rejeki barokah ya temans..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Berkomentar