Jumat, 23 November 2018

KETIKA TIDAK PUNYA ASISTEN RUMAH TANGGA DAN KAMU BEKERJA


Tidak memilki asisten rumah tangga itu “sesuatu” banget. Apalagi buat kalian – suami istri punya anak -- yang bekerja penuh. Asisten rumah tangga disini bisa diartian mereka yang bertugas ikut membantu mengurus rumah atau mereka yang membantu menjaga anak-anak juga.

Saya sendiri mempunyai pengalaman beragam dengan para asisten rumah tangga  hahaha. Dan jujur, merasa sangat repot tanpa mereka. Pernah suatu ketika, asisten rumah tangga resign dadakan. Sedangkan saya dan suami harus bekerja seperti biasa. Paling hanya bisa cuti 1-2 hari saja, kamipun kelabakan.

Untunglah saat itu masih punya 1 anak saja. Jadi anak pertama saya pun dengan berat hati saya titipkan ke tetangga sebelah rumah dengan janji pulang secepatnya. Alhamdulillah cuman 1-2 hari nitipnya.

Kesempatan lain saya titipkan ke rumah sodara suami yang rumahnya lumayan jauh. Jadi pagi dianter dan sore mau magrib kembali dijemput. Ini hanya bertahan seminggu akibat tidak sesuai pola pengasuhan.hadeh..

Lain hari lagi, saya terpaksa “mengimpor” adik ipar--laki-laki anak kuliahan-- dari Lampung akibat tidak memiliki asisten rumah tangga huhu..

Sejak saat itu, asisten rumah tangga silih berganti di rumah saya. Oh iya, ada yang pernah juga saya pecat gegara ketahuan mencuri plus menelantar anak. Ya ampunnn..

Oh iya, saya hampir nggak pernah menitipkan anak ke orang tua atau mertua karena memang mereka tinggal jauh dari kota kami. Banyaklah pokoknya pengalaman berharga yang kalau diingat-ingat lucu juga.

Alhamdulillah asisten rumah tangga yang terakhir bisa bertahan dua belas tahun. Keren bukan? Walaupun selama dua belas tahun-- mengalami gonjang-ganjing dan silih berganti hal-hal dramatis untuk menata hati. Tapi alhamdulillah. Sekarang sih udah resign tapi masih terjaga hubungan yang sangat baik hehehe..

Ira kecil bersama mpok (dok : pribadi)

 MANAJEMEN TANPA ASISTEN RT

Baiklah saya akan berbagi beberapa hal yang harus kita lakukan bila memang tidak mempunyai asisten rumah tangga, baik karena memang keinginan sendiri atau memang si asisten susah ditemukan.

1.SUAMI ISTRI SALING KERJASAMA
Ini sebenarnya poin penting banget. Mau punya asisten atau tidak tetap perlu kerjasama yang baik. Apalagi bila anak sudah lebih dari 1 orang. 

Hmmm..kerjasama kayak mana ya. Mungkin bisa didiskusikan bersama pasangan bagaimana mengatur waktu bila sama-sama bekerja. Atau mungkin berbagi tugas di rumah tangga.

Sebenarnya bila anak sudah “ agak besar”  bisa banget loh tanpa asisten walau kedua ortunya bekerja. Tapi ya itu tadi, diskusikan jalan keluarnya terutama soal pembagian tugas di rumah plus keamanan anak-anak.

2.MENGENALI ORANG TERDEKAT
Orang terdekat yang saya maksud disini adalah para tetangga plus mungkin satpam komplek. Ini poin penting banget. Minimal kita bisa “menitipkan “ anak ke mereka selama kita belum sampai rumah.

3.AJARKAN ANAK-ANAK MANDIRI     
Ini juga penting sekali. Sedapat mungkin mereka mungkin bisa mencuci pakaian sendiri, ikut mengerjakan pekerjaan rumah, ikut bertanggungjawab menjaga adiknya dan lain-lain. Selain berguna saat ini, keterampilan ini juga buat mereka di masa depan loh.

4,TITIPKAN DENGAN KELUARGA DEKAT
Bagi sebagian orang tips ini cocok. Saya pribadi entah kenapa kurang cocok. Apalagi mereka juga punya kesibukan sendiri loh. Bisa sesekali kita menitipkan anak tapi tentu tidak bisa dalam jangka panjang.

5.IKHLAS DAN BERDAMAI DENGAN DIRI SENDIRI
Hehehe..kalau saya aslinya suka mengeluh. Tapi dengan keadaaan yang dijalani tidak ada kata lain selain mencoba berdamai dengan diri sendiri. Misalnya nggak usah maksa banget rumah harus clinggg...(wlau kalau saya stress rumah yang kotor) hehe. Cara lain adalah banyak-banyak IKHLAS dan bersyukur atas kehidupan. InshaAllah semuanya bakal lancar.

6.GUNAKAN TEKNOLOGI SEBAIK MUNGKIN
Bersyukurlah kita yang terlhir dengan berbagai kemudahan.Selain mengandalkan komunikasi untuk mengecek keberadaan anak-anak dan rumah, kita juga bisa menggunkan teknologi untu berbagai keperluan. Kalau ingin pesen makanan bisa online. Membersihkan rumah yang kotor banget rasa-rasanya? Bisa juga pakai online. Cucian numpuk? Segeralah ke jasa loundry. Dan lain-lain deh pokoknya.hehehe.

Bagaimana pendapatmu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Berkomentar Dengan Baik ya :)