Youtube
wb_sunny

Breaking News

4 Tips Memilih Supplier Restoran

4 Tips Memilih Supplier Restoran


Supplier restoran menjadi salah satu kunci keberhasilan bisnis restoran. Ada 4 hal yang harus kamu perhatikan bila ingin memilih supplier restoran. Apa saja?

Assalamualaikum. Haloo, bersua kembali . Semoga selalu sehat di tengah pandemi ya. Membicarakan tentang pandemi, rasa-rasanya kita semua sudah tahu. Hampir semua orang terdampak pandemi corona yang sudah berlangsung sekitar empat bulan terakhir di Indonesia.  Ada yang terdampak dari sisi kesehatan, tetapi sebagian lainnya terdampak secara ekonomi. 


supplier restoran

 Sejak awal pandemi, sudah banyak perusahaan yang  memutuskan menutup usahanya. Merekapun akhirnya harus memilih opsi untuk merumahkan karyawannya untuk sementara waktu, bahkan banyak yang memutuskan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK).

Tidak heran, kemudian bisnis kuliner menjadi salah satu pilihan. Di komplek tempat saya tinggal saja, tiba-tiba banyak pedagang “dadakan”. Alhamdulillah, apa saja tersedia. Dari makanan utama hingga beragam cemilan tersedia. Ini tentu saja sangat bermanfaat ketika harus lebih banyak di rumah saja. Tinggal pesan saja, makanan sudah langsung datang hehe. Positifnya sih, kami jadi merasakan berbagai jenis makanan yang dijual tetangga sekaligus membantu ekonomi mereka.

Bahkan ada tetangga yang awal pandemi membuka usahan rumahan berupa kue Talam ebi, Es Pisang Ijo dan Rujak Ebi khas Kalimantan Barat , kini sudah meningkatkan satu derajat bisnisnya dengan membuka restoran. Tentu saja ini hal menggembirakan bukan hanya buat tetangga kami tersebut tetapi juga bagi kami para pelangganan setia hehe.

Saat ini sih, kabarnya sudah ada tempat yang mungkin akan ditempati untuk tahap awal restoran tersebut. Mungkin mereka hanya perlu menyiapkan beberapa hal lagi, terutama soal pemasok bahan baku misalnya. Atau mungkin, promosi yang lebih luas. Kami tentu saja berharap, bisnis restoran tersebut akan berjalan lancar kedepannya.

Suplier Restoran Terbaik

Tentu saja kita semua sepakat, untuk keberhasilan sebuah usaha restoran, diperlukan supplier restoran yang tepat. Ada beberapa hal yang bisa dijadikan pedoman bila ingin memilih supplier / distributor untuk restoran yang kamu miliki.

# Perhatikan Kualitas Supplier
Mungkin kamu tidak bisa memastikan kualitas supplier pada tahap awal awal. Tetapi tentu saja informasi ini bisa didapatkan, baik dari mereka yang mempunyai usaha sejenis atau bahkan dari komunitas-komunitas bisnis yang kamu ikuti. Selain itu juga pertimbangakan untuk mempelajari website mereka, media sosialnya sampai testimoni dari pelanggan.

# Harga, Kebutuhan dan Kualitas
Ada yang mengatakan kualitas hanya bisa didapatkan dari harga yang mahal. Tidak demikian sebenarnya. Kalian yang memiliki usaha restoran, bisa saja mencari supplier yang berkualitas baik tetapi dengan harga yang sepadan. Maksudnya harganya tidak selalu mahal, tetapi memang harus setara dengan kebutuhan dan kualitas barangnya. Kualitas memang utama dan akan berpengaruh pada hasil produk nantinya.

#Kapasitas Supplier
Kapasitas yang dimiliki supplier  akan menentukan sejauhmana kemampuan supplier untuk menyediakan kebutuhan konsumen.Dalam hal ini restoran. Jika kapasitasnya cukup besar, ini artinya, bila di masa depan usaha restoran kamu maju, supplier tersebut bisa memenuhi kebutuhan dalam jangka panjang.  
Memilih penyedia barang yang sesuai juga menghindari berbagai macam risiko. Sekali lagi, kita harus berpikir soal masa depan. Jika usaha restoran maju, tentu tak perlu lagi repot-repot mencari penyedia barang tambahan, cukup satu supplier untuk satu kebutuhan kamu.  

#Layanan Konsisten
Ada baiknya kamu memilih supplier dengan layanan yang konsisten dari berbagai sisi. Memang mungkin tidak ada pelayanan yang sempurna. Tetapi paling tidak, dapat memilih penyedia barang mana yang memberikan layanan yang konsisten terhadap pelanggannya. Artinya jangan hanya lancar di awal tetapi dalam beberapa bulan berikutnya layanan tak lagi konsisten. Data ini biasanya bisa didapat dari berbagai sumber, antara lain dari testimoni pelanggan lain terhadap produsen tersebut. Perhatikan juga soal jarak. Jangan sampai memilih supplier yang dipilih jaraknya terlalu jauh. Apalagi untuk restoran yang membutuhkan kesegaran bahan baku seperti daging, sayur dan lainnya. Cari yang memang sesuai dengan kebutuhan saja.

GoFresh, Marketplace Untuk Supplier Bahan Baku Restoran

gofresh suplier restoran
sumber foto ; gojek.com


Salah satu supplier restoran yang bisa dipilih adalah GoFresh. GoFresh merupakan  marketplace yang menyediakan supplier sembako & bahan baku segar untuk kebutuhan usaha kuliner Mitra Usaha Gojek.

Dengan layanan GoFresh, Restoranmu tidak hanya diuntungkan dari segi harga yang murah, tapi juga dapat menikmati keuntungan-keuntungan lain seperti penjadwalan pemesanan dari supplier, kemudahan proses pemesanan, jaminan ketersediaan dan kualitas bahan.
Layanan ini hanya bisa digunakan bagi Mitra Usaha Gojek yang sudah menggunakan aplikasi GoBiz.

Oh iya, ada beberapa keuntungan menggunakan GoFresh. Yang pertama adalah gratis ongkos kirim. Menarik banget kan penawaran ini? Syaratnya juga cukup gampang. Restoranmu hanya perlu belanja bahan baku Rp 300.000.  Maka pesanan akan dikirimkan tanpa ada biaya pengiriman

Kedua, ada beragam pilihan metode pembayaran. Tentu saja ini sangat memudahkan. Kamu bisa membayar melalui  virtual Account, Alfamart, Gopay maupun kartu kredit. Tinggal pilih yang paling sesuai dan cocok sama kebutuhanmu saja.

Ketiga, pilihan waktu pengiriman sangatlah fleksibel.  Jadi kapanpun kamu membutuhkan dan telah melakukan pembayaran, barang akan segera dikirim. Bila pembayaran sebelum jam 15.00 WIB maka akan dikirim H+1. Sedangkan setelah jam 15.00 WIB maka akan dikirim H+2.

Jangan khawatir. Bila restoranmu membutuhkan barang-barang segar seperti ayam,daging, sayur maka akan dikirim sebelum jam 12 siang. Sedangkan produk sembako, akan tiba sebelum jam 17.00 WIB .

Bagaimana bila ada masalah? Inipun tak perlu dikhawatirkan. Karena bisa dilaporkan melalui aplikasi dengan pilih “ Kirim email ke Gojek” dan melengkapi data yang dibutuhkan. Wow, semudah itu ya ternyata.

Demikian kawan-kawan, sharing kali ini. Semoga yang berbisnis semakin lancar ya dan rejekinya juga berlimpah. Bagaimana pengalaman kalian? Sharing di komen ya.

Tetap Semangat

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

58 komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik ya teman-teman.. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup, mohon maaf, akan langsung dihapus :)

  1. Nah setuju banget nih, harus diperhatikan kalau mau memilih supplier ya mbak. Karena kalau dapat dr supplier terbaik, insha Allah bahan bahan masakan yang kita makan hasilnya juga memuaskan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Fet, makin segar bahan baku, inshaAllah makin enak deh kualitas masakan restoran ya.makasih sudah berkunjung yaa..

      Hapus
  2. Bisnis makanan emang kudu hati-hati, karena ini bisnis lidah, kalau rasa berubah-ubah konsumen akan kecewa dan lari. Emang betul, harus pilih-pilih suplier yang bisa menjaga kwalitas dan konsisten berbisnis.

    salam kuliner. hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kak. biasanya pembeli menilai dari rasa dan kebersihan ya, kalau resto... supplier yang tepat akan mendukung rasa, makasih udah berkunjung kak

      Hapus
  3. Baru tau. Trims tipsnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, goFresh bisa jadi pilihan,makasih dah berkunjung

      Hapus
  4. awalnya aku kira go fresh ini tempat kita beli sayuran dan buah segar saja. ternyata bisa menjadi suplayer sembako juga ya. sangat membantu para wirausahawan banget. jadi penasaran juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, supplier sembako dan restoran juga kak, jadi membantu banget bagi yang buka restoran

      Hapus
    2. Ia nih. Kayanya bisa di coba nih. Jadi penasaran juga aku sama go fresh.

      Hapus
  5. Tapi si GoFresh ini bisa jugakan untuk diluar pemiliki bisnis restauran, misal kita bakal belanja dalam jumlah banyak gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa banget kak. belanja minimal 300.000 sudah bebas ongkir, makasih sudah berkunjung kak

      Hapus
  6. Kalau Go Fresh ini sudah bisa dipakai di kota mana saja mbak? Berarti kalau tidak untuk supplier restoran juga bisa kan? Praktis banget yaaa 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang udah pasti di kota-kota besar kak. Bisa kak, asal minimal belanja 300rb yak

      Hapus
    2. Wa mantap, cocok ini buat belanja bulanan. Jadi nggak perlu repot2 lagi :D

      Hapus
  7. Apa boleh juga untuk rumah tangga atau bisnis rumahan yang masih kecil? Jadi tertarik juga karena makanan itu butuh yang fresh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kok untuk bisnis rumahan kecil. kan yang besar juga dari kecil awalnya, inshaAllah

      Hapus
  8. Apa boleh juga untuk rumah tangga atau bisnis rumahan yang masih kecil? Jadi tertarik juga karena makanan itu butuh yang fresh

    BalasHapus
  9. Baru tau kalo gofresh itu marketplace supplier & bahan baku. Bisa jd pilihan tempat buat belanja sembako & bahan baku bulanan juga dong ya berarti? Cocok deh ini buat aku yg mager nenteng-nenteng belanjaan berat tiap belanja 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, tos kita kak, suka mageran hehehe

      Hapus
  10. Emang harus jeli dalam emmilih supplies soalnya cukup mempengaruhi berjalannya restoran ya Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar kak, sangat mempengaruhi berjalannya restoran.Terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  11. Wah aku jadi baru tau sekarang ada go fresh di gojek yaa... makasii bnyk info nya :)

    BalasHapus
  12. wah baru tau nih, nice info mbak :) memang kualitas jg perlu diperhatikan dari mulai bahan baku dan darimana sumbernya itu, karena pengaruh ke depannya restoran :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul bgt, berpengaruh ke masa depan restoran,terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  13. Kalau dilihat free ongkir setiap belanja 300ribu, menarik juga layanannya.
    Terutama yang lokasinya jauh dari pasar. Tinggal ketik-ketik layar henpon, order lalu terima beres :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kak Himawan,tinggal pesen lewat HP aja, cuz sampai rmh deh yaa hehehe

      Hapus
  14. bener banget sih kalo supplier restoran tuh jadi andalan banget bagi pelaku usaha kuliner, apalagi di era pandemi gini, aku juga lagi merintis buat usaha kuliner nih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener bgt kak.semoga sukses ya usaha kulinernya

      Hapus
  15. waaah bener2 memudahkan yang pengen usaha kuliner nih si GoFresh
    Pembayarannya gampang, eh bisa dapat gratis ongkos kirim.
    pengen banget jadi mitra GoFresh kalau usaha kuliner udah jalan

    BalasHapus
  16. Wah baru tahu saya kalau Gojek ada fitur GoFresh nya juga. Hiks, sayangnya Gojek belum nyampe ke kota saya, jd kudet XD

    BalasHapus
  17. gofresh ini sudah ada belum ya di Banjarmasin? Penasaran nih pengen nyobain juga

    BalasHapus
  18. Iya, harus banget memilih suplier yang bagus. Biar usaha atau bisnis restoran yang dijalankan lebih lancar. GoFresh ini bagus banget ya buat rekomendasi untuk suplier berkualitas.

    BalasHapus
  19. Baru tau kalo Gojek punya fitur GoFresh, kirain buat belanja sayuran gitu ternyata bisa buat supplier restoran juga ya.
    Sekarang mah semua orang dagang makanan banyak banget ya mbak, bahkan yang mendadak jadi pinter masak kue juga banyak. Kadang emang suka susah cari bahan masakannya apalagi lagi kondisi kayak gini, GoFresh keren banget sih solusi tepat sasaran.

    BalasHapus
  20. Tips nya emang oke banget deh, bener" harus diperhatikan & jgn sembarangan cari supplier. Eh btw aku baru tau ada fitur gofresh ini deh

    BalasHapus
  21. Baru kali ini tau tentang GoFresh. Ternyata kl dari segi market sama dg GoFood ya, membantu masyarakat yg wirausaha pd bidang kuliner. Kl GoFresh pd segi bahan mentahnya berarti ya.

    BalasHapus
  22. Wah baru tau aku kalau ada go fresh ini . Biasanya cuma pakai gocar, gosend dan gofood aja taunya.... Pengen coba aku buat belanja mingguan

    BalasHapus
  23. Saat pandemi, buka usaha kuliner memang harus lebih jeli. Jangan sampai salah pilih suplaier. Bisa rugi banyak ya

    BalasHapus
  24. Melihat kualitas suplier itu kadang susah2 gampang kan mbak, kadang liat testimoni yg di pasang yg bagus2 aja wkwkwk

    BalasHapus
  25. wah supplier bahan baku itu memang kunci kesuksesan bisnis kuliner ya, karena kualitas rasa itu nomor satu sih buat konsumen. hal itu yang akan bikin konsumen repeat order lagi dan lagi

    BalasHapus
  26. Noted nih tips nya,yang penting kualitas yah supaya konsumen pada puas.

    BalasHapus
  27. nah bener banget semua pointnya mba, aku pernah juga soalnya ganti2 supplier buat restoran om ku, dan ternyata tricky banget deh.

    BalasHapus
  28. Supplier ini emang penting, ibarat pohon ini tuh batangnya, gitu. Kalau supplier bermasalah, kacau deh. Makanya harus banget punta banyak supplier, jadi ada antisipasi

    BalasHapus
  29. Untuk berbisnis perlu banget memperhatikan tips tersebut dalam memilih suplier, agar lebih memudahkan usaha tetap berjalan dengan semestinya

    BalasHapus
  30. Ooh kirain gofresh lebih ke indivudual utk harian..trnyata lebih cocok utk pengusaha makanan yaa

    BalasHapus
  31. Thanks for sharing tipsnya Kak btw layanan Gofresh ini memang sangat membantu sekali yaa, jadi makin praktis hihi

    BalasHapus
  32. Wah, di Kalbar ada talam ebi juga ya... Pertama kenal kue basah yang gurih ini waktu di Pangkalpinang. Rasanya khas dan unik, bikin buat dijual lagi juga oke ya kalau udah tahu tipsnya, termasuk cari supplier yang pas biar hasilnya bagus.

    BalasHapus
  33. Artikel ini sangat bermanfaat buat yang punya usaha restoran buat memilih supplier restoran

    BalasHapus
  34. Tips-tips nya membantu banget nih mbak, makasih banyak udah sharing. Kebetulan ortuku ada bisnis restoran dan aku juga mau coba, tapi agak riweh juga milih supplier makanannya.

    BalasHapus
  35. Wah cuma 300 rb udah bisa kulakan bahan di Go fresh ya? Tp ini emang khusus buat yang punya restor/ warung makan aja ya berarti mbak? Buat rumah tangga gk bisa?

    BalasHapus
  36. Layanan konsisten penting banget sih. Kebayang butuh ini itu tapi pas dicheck ke supplier terus ga ada huhuhu kan kesel juga yaaa.

    BalasHapus
  37. setuju banget untuk tetap memperhatikan kualitas supplier agar terjamin dalam jangka panjang dan memberikan yang terbaik untuk customer :D

    BalasHapus
  38. sebagai pelanggan setiap GoJek, pastinya seneng banget donk sekarang ada GoFresh yg memudahkan kita belanja kebutuhan bahan2 segar tanpa harus keluar rumah, dan pelayanannya bagus pula karna disiplin menerapkan protokol kesehatan..

    BalasHapus
  39. memang penting banget nih memperhatikan supplier ya, dalam kebutuhan sehari-hari aja perlu apalagi untuk khalayak banyak ya :)

    BalasHapus
  40. Wah keren nih layanan baru dari Go Jek! Buat yang bisnis kuliner atau makanan-makanan gitu cocok banget ya. Jadi bisa dapat bahan berkualitas dan langsung anter ke rumah. Gak ribet buat belanja ke luar lagi.

    BalasHapus
  41. Bagus sekali mbak program dari gojek. semoga membantu para suplier ya mbaa disaat pandemi seperti sekarang.Apalagi untuk aktivitas saat ini lebih baik dirumah saja

    BalasHapus