Youtube
wb_sunny

Breaking News

Mempersiapkan Anak Perempuan Mandiri

Mempersiapkan Anak Perempuan Mandiri

Anak perempuan harus dipersiapkan agar mandiri di masa depan. Memang, banyak yang mengatakan, anak lelaki harus dipersiapkan lebih baik. mengapa? Karena mereka kelak pemimpin dalam rumah tangga. Anggapan ini benar adanya. Namun, tak ada salahnya membekali anak perempuan dengan skill yang cukup juga. 

Baru-baru ini saya miris mendengar kabar seorang sodara dekat. Sodara tersebut beberapa waktu lalu ditinggal oleh suaminya pergi untuk selamanya.Masalahnya selama ini sang suamilah penopang hidup dalam keluarga tersebut. Dan ketika suami meninggal, masih ada anak yang harus dibiayai sekolahnya.




Awalnya, kehidupan mereka terlihat normal. Apalagi sang suami, baru pensiun dari perusahaan swasta , yang mungkin memberi bekal pensiun. Namun, dengan banyaknya kebutuhan hidup dari hari ke hari, tahun ke tahun, sementara pendapatan harian tidak ada, bisa dipastikan cepat atau lambat uang akan habis.

Oh ya, sebenarnya ada anak perempuan yang juga bekerja dan juga sudah berkeluarga. Namun mungkin, tidak bisa membiayai keuangan ibu dan adiknya 100 persen dan hanya bisa membantu sebisanya,

Yang lebih membuat miris, sang ibu tidak mempunyai keahlian tertentu, yang seharusnya bisa dilakukan setelah suaminya meninggal.

  
ANAK PEREMPUAN JUGA BUTUH SKILL DAN PENDIDIKAN YANG CUKUP

Beberapa orang berpendapat, anak laki-laki harus dipersiapkan dengan lebih baik karena dimasa depan wajib membiayai istri dan anak-anaknya. Juga menjadi pemimpin dalam keluarga. tentu saja, saya sependapat dengan ini.

Namun menurut pandangan saya, tidak ada salahnya juga mempersiapkan anak perempuan dengan baik. Minimal dibekali pendidikan yang baik. Apalagi kelak menjadi "guru" pertama bagi anak-anak dan menjadi "penentu" dalam kesuksesan anak-anak di masa depan.  So, anak perempuan harus ada pendidikan yang cukup kan?

Dan satu lagi, bila takdir memang mengharuskan suaminya berpulang lebih dahulu (seperti sodara saya tersebut atau mungkin kasus terbaru BCL ), tidak dapat dipungkiri, sang ibu lah yang menjadi motor utama penggerak dalam rumah tangga. termasuk memikul bekal keuangan, bukan? mungkin ada bantuan sodara, tetangga dll. Namun tentu saja, kita tak bisa mengharapkan orang membantu 100 persen dan terus menerus, kan? 

Menurut saya beberapa hal ini yang JUGA harus dipersiapkan buat anak perempuan :

#KEMAMPUAN MENGATUR KEUANGAN

Wow, ini tentu penting banget. Bukan hanya mengelola sisa uang yang ditinggalkan suami yang sudah meninggal tadi tapi perempuan memang harus mampu mengatur keuangan dalam rumah tangga. terlepas dari banyak atau sedikit. Dan ilmu ini wajib dipelajari, baik dari bangku sekolah, membaca buku, belajar dari internet dan banyak cara lainnya ya   


#PENDIDIKAN YANG BAIK
Tiap orang tentu punya kemampuan masing-masing buat nyekolahin anaknya. tapi mungkin minimal jaman sekarang anak-anak harus punya pendidikan minimal D1 ( kalau dulu kan SMA tuh minimalnya). Intinya anak-anak harus kuliah juga, SMA belum cukup gaisss...
oh ya pendidikan ini juga termasuk tentu saja pendidikan agama yang baik agar tidak mudah terjerat kurang iman dan putus asa.


#KEAHLIAN TERTENTU
Tentu saja kini sangat banyak keahlian yang bisa dijual ya. Misal memasak, menjahit, kerajinan tangan, menulis, menggambar, blogger, youtuber dan banyaklah skill yang harus minimal dimiliki satu oleh para perempuan


BACA JUGA : INI DIA PEKERJAAN YANG BISA DILAKUKAN DARI RUMAH


#MENTAL YANG KUAT
Mental yang kuat dan tahan banting tentu tidak seenak membalik telapak tangan. perlu dilatih dari kecil dan ketika masih dibimbing sama orang tuanya. Perempuan juga harus dilatih untukberjuang tanpa lelah. Apapun yang kelak terjadi di kehidupannya.

Nasehat ini tentu saja juga buat diri saya sendiri. Semoga membesarkan anak-anak dengan baik. Juga amanah 2 anak perempaun. Semangatttt..


Bagaimana menurut kalian? Tulis di komen yaaa.. thank youuu..





   

 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

25 komentar

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Berkomentar Dengan Baik ya teman-teman.. Untuk yang menyertakan link hidup, mohon maaf, akan langsung dihapus :)

  1. Kemampuan mengatur duit ya penting banget, soalnya masih selalu beredar di masyarakat, uang kurang pasti salah suami, mau suami nggak kerja pun, istri kudu adakan uang, kalau sampai nggak bisa makan karena suami nggak kerja, itu salah istri bahahahahaha *lyfe!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahahah salah istri teros ya hahaha.iya bener bgt, kemampuan ngatur keuangan penting bgt

      Hapus
    2. Betullll, makanya banyak istri yang memilih mendingan kerja deh, lebih mudah atur duit, meski ya banyak juga dramanya, dari suami keenakan sampai suami kesal :D

      Hapus
  2. betul sekali ini mba, ga perempuan aja sih tapi laki juga bisa hehe

    BalasHapus
  3. sepakat sih, meskipun katanya perempuan bakal lebih bergantung ke laki2 tp kudu dong membekali anak perempuan dengan berbagai hal supaya bisa mandiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kak, buat jaga2..kita nggak pernah tau yang terjadi besok

      Hapus
  4. Fisik dan mental yang kuat serta ketaatan beribadah itu adalah sebagian faktor penting yang melandasi kemandirian seseorang ya mbak :) Bener deh, jadi anak perempuan itu kan bakalan jadi ibu. Harus bisa segala, paling tidak, berusaha belajar ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju kak, minimal berusaha jadi yang terbaik :)

      Hapus
  5. kita sebagai orang tua memang kudu harus ekstra dan lebih tekun lagi untuk mempersiapkan anak kita dalam berbagai hal, terutama anak perempuan. iya kan mbak :D

    BalasHapus
  6. setuju banget mba. anak lelaki dan anak perempuan memang harusnya sama-sama dibekali standar yang cukup. apalagi kalau ada kejadian seperti di atas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, tentu ada perlu banget membekali skill yang cukup buat anak-anak

      Hapus
  7. tips bermanfaat….semoga dibaca oleh emak emak yang sedang membesarkan anak perempuannya.

    BalasHapus
  8. Betul sekali mbak. Mendidik anak perempuan untuk mandiri memang butuh waktu ketimbang anak lelaki.😊😊

    Karena anak perempuan bakal menjadi calon ibu untuk anak2nya kelak. Karena anak perempuan lebih bisa sabar ketimbang anak laki2 sederhanya mungkin seperti itu.😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah lebih sabar ya, tampaknya memang demikian adanya

      Hapus
  9. Sepakat mba, anak perempuan harus dibekali skill agar tidak bergantung sepenuhnya pada laki2

    BalasHapus
  10. Meskipun tetap bergantung kepada laki2 nantinya. Dengan membekali anak perempuan agar mandiri tentu akan membuat kita sebagai orang tua lebih tenang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, anak sudah punya skill yang cukup kan

      Hapus
  11. Setuju mbak.
    Baik anak laki-laki maupun perempuan emang harus disiapkan sejak dini untuk mengarungi kehidupan ini dengan bekal yang bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi hidup kedepan nggak bisa dipredikasi ya kak.thank you

      Hapus
  12. Setujuuuu banget mba. Anak perempuan itu hrs ada skillnya juga, setidaknya utk bekal dia hidup mandiri. Aku sendiri udh plan bakal ngajarin anakku beberapa cara mengatur keuangan, dan basic skill yg dia jg hrs tau, kayak memasak yang gampang, cuci bajunya sendiri, membersihkan rumah. Itu supaya dia ga manja kalo nanti sudah tiba masanya sekolah di luar.

    Dulu aku dididik secara keras Ama ortu. Sampe pernah ngerasa mereka itu ga sayang k aku. Tp setelah sempet jauh dari ortu dan sekolah di luar, aku baru ngerasain berguna ya beberapa skill yg mereka udh ajarin dari dulu. Cara atur keuangan bulanan, cuci baju sendiri supaya bisa LBH hemat. Tanpa itu, mungkin aku bakal kacau di luar karena kekurangan uang dll. Apalagi papa tipe yg tega, ga bakal kirim tambahan uang kalo memang blm waktunya :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah benar bgt, ortu memang harus sedikit lebih tega. tentu demi masa depan anak=anak ya

      Hapus