Youtube
wb_sunny

Breaking News

5 Persiapan Anak Masuk Pesantren

5 Persiapan Anak Masuk Pesantren

Bulan November seperti saat ini, banyak sekali sekolah yang sudah membuka pendaftaran baru. Termasuk juga pondok pesantren. Pantes saja postingan saya soal beberapa pondok pesantren banyak yang membaca.

 

Memasukkan anak ke pondok pesantren bukan hal mudah. Tapi bukan juga hal sulit.Hanya perlu beberapa persiapan anak yang ingin mondok. Persiapan matang dibutuhkan agar anak nyaman, orang tua juga tenang melepas anak mondok.

 

persiapan anak masuk pesantren

 

 

 

Beberapa waktu lalu, ada banyak berita, santri dan pengajar pondok pesantren juga terkena virus corona. Jujur, walaupun bukan pesantren tempat anak saya mondok tetap aja ada sedikit khawatir. Khaatir terjadi hal yang sama juga. InshaAllah, dijauhkan dari hal-hal yang jelek, apalagi virus corona.

 

Namun demikian, saya sendiri termasuk yang percaya, alaupun di pondok ada yang kena kasus juga, hal tersebut akan bisa diatasi secepatnya oleh pihak pondok . InshaAllah.

Memang sih, sejak Juli 2020, atau masih hangat-hangatnya kasus corona, beberapa pondok pesantren memang memutuskan untuk kembali ke pondok lagi bagi para santri. Termasuk pondok pesantren tempat anak saya sekolah. Sebelumnya, kurang lebih 3 bulan sudah mereka diliburkan pondok. Dan ini barangkali, libur terlama sepanjang sejarah. Yah, apalagi kalau bukan karena kasus corona di Indonesia. 

 

Namun alhamdulilah, hingga saat ini pesantren anak saya masih aman. Walaupun benr-benar tidak diperbolehkan menengok kayak dulu. Kemudian kalau sakit juga, segera dikabari orang tua dan biasanya langsung di rekomendasikan pulang dan bila kembali ke pondok harus rapid test dan surat dokter kalau benar-benar sudah sehat. Intinya antisipasi pondok sudah sedemikian rupa. 

 

Tentu saja hal-hal seperti ini harus menjadi pertimbangan para orang tua yang ingin memasukkan anaknya ke pondok pesantren, khususnya persiapan masuk pondok pesantren di masa pandemi kayak sekarang.

 

Berikut ini akan saya uraikan 5 persiapan anak masuk pesantren. Apalagi di masa pandei yang memang, ada beberapa tambahan yang sangat layak buat dicatat khususnya oleh para orang tua santri.

 

5 Hal Penting Sebelum Mondok

 

Baiklah, harus kita samakan persepsi dulu, masuk pondok bukan hal mudah bagi anak maupun bagi orang tua. Karenanya perlu beberapa hal yang perlu dipersiapkan oleh orang tua khususnya sebelum memutuskan anak mau sekolah di pesantren

 

  1. Perhatikan Usia Anak

Saat ini anyak sekali pondok yang membuka buat anak-anak mulai usia SD. Perhatikan dengan seksama kondisi anak-anak kita. Kalau saya, lebih nyaman, anak dimasukkan pondok pesantren bila sudah lulus sekolah dasar (SD). Tapi ya, tentunya terserah “kebijakan “ masing-masing keluarga dan tingkat “kematangan” anak.

 

  1. Persiapan fisik dan kesehatan

Ini sangat perlu diperhatikan.Apalagi di pesantren kegiatan bisa dikatakan padat,sehingga perlu fisik dan tubuh yang sehat. 

 

  1. Persiapkan mental anak dan orang tua

Siapa bilang anak-anak saja yang perlu disiapkan mentalnya. Orang tua juga harus dong disiapkan agar ikhlas dan selalu mendoakan anak-anak.

Untuk anak, mungkin bisa dilakukan persiapan seperti jauh-jauh hari sudah diberikan gambaran tentang sekolah di pondok atau mengunjungi pondok-pondok yang mungkin akan menjadi sekolah mereka.

 

  1. Persiapkan biaya

Ada beberapa pondok yang memang menyedikan beasiswa dan gartis. Tapi biasanya syaratnya lumayan ketat atau bisa juga yang beasiswa ada syarat ekonomi kelas tertentu. Maka sebaiknya bila ingin masuk pakai jalur normal, persiapakan biayanya sedini mungkin. Biaya tentu saja berbeda tiap ponpes dan bisa di cek di website nya.

 

  1. Persiapan barang yang dibawa masuk pondok

Sepengetahuan saya, persiapan barang yang dibawa untuk masuk ke pondok cukup banyak. Mulai dari peralatan harian hingga keperluan sekolah.Persiapkan dengan baik. Oh iya,biasanya pondok pesantren akan memberikan list keperluan santri yang akan disediakan pondok dan mana yang harus disediakan oleh santri/orang tua santri.

 

Oh iya, berhubung sekarang asih pandemi, mungkin orang tua perlu mempertanyakan juga ke pondok bagaimana pola pendidikan selama pandemi dan kebijakan untuk mencegah penyebaran corona di pondok pesantren.

 

Itulah menurut saya beberapa poin yang harus dipersiapkan sebelum memasukkan anak ke pondok pesantren.Semoga bermanfaat.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

6 komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih

  1. Lumayan banyak juga yang harus disiapkan orang tua jika ingin anaknya masuk pondok ya mbak, selain biaya juga perlu mental dan juga barang yang harus disiapkan untuk keperluan sehari-hari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas Agus, ada beberapa memang yang harus disiapkan

      Hapus
  2. Hallo salam. Pendidikan berpola asrama seperti di pondok pesantren sangat diperlukan untuk orang tua yang hidup di wilayah urban (salah satunya ya) karena di asrama pola pembinaan karakter dan waktu belajar tentu sudah diatur sedemikian rupa. Namun tentunya persiapan ekstra harus dilakukan, terutama persiuapan mental anak, seperti yang diulas (ditulis mbak admin) dalam post ini.

    Terima kasih sudah berbagi. Salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, makasih kak Martin udah berkunjung..iya kak harus ada persiapan mental

      Hapus
  3. Makasih banget tulisannya mbak. Aku nanti pas jadi orang tua juga pingin banget masukin anak ke pesantren. Tapi nyatanya, banyak hal yang harus disiapkan ya. Semoga bisa terwujud mondokin anak. Hihi. Salam kenal mba Enny 😬😬

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga kak. Aamiin seoga tercapai cita2nya ya kak

      Hapus