Youtube
wb_sunny

Breaking News

Mengunjungi Ponpes Putri Sulaimaniyah Duren Sawit

Mengunjungi Ponpes Putri Sulaimaniyah Duren Sawit

Ponpes Tahfidzul Quran Sulaimaniyah Duren Sawit merupakan salah satu dari banyak cabang Sulaimaniyah di seluruh Indonesia. Belajar disini, untuk setingkat SMU anak akan belajar dua tahun di Indonesia dan dua tahun di Turki.

Ponpes Tahfidzul Quran Sulaimaniyah dikenalkan  oleh anak pertama saya, yang saat ini sedang mondok di salah satu pesantren di Tanggerang, Banten. Katanya dia tertarik pindah ke pondok Tahfidzul Quran dan beasiswa sebagian dari pemerintah Turki. 

Sulaimaniyah puteri Duren Sawit (dokumentasi pribadi)

Sulaimaniyah putra Cipinang (dok:pribadi)

 
 
Sebagai informasi, Pondok Pesantren Sulaimaniyah yang sudah beroperasi sejak 2005 di Indonesia. Pondok ini merupakan entitas yang berada dibawah naungan United Islamic Cultural Centre of Indonesia (UICCI) atau Yayasan Pusat Persatuan Kebudayaan Islam di Indonesia. Organisasi sosial Islam ini didirikan oleh para sukarelawan muslim Indonesia dan Turki yang berpusat di Istanbul Turki.

Tidak hanya di Istanbul Turki, ribuan cabang Pondok Pesantren Sulaimaniyah juga tersebar di seluruh wilayah Eropa, Afrika, Amerika, Australia dan Asia. Di Indonesia sendiri, cabang Pondok Pesantren Sulaimaniyah telah tersebar di 11 provinsi, 30 kota. Diantaranya di Jakarta, Yogjakarta, Medan, Puncak, Bandung, Surabaya, Semarang, Aceh, Klaten, Sukabumi, Temanggung, Lampung, Kalsel dan Pangkalan Bun (Kalteng) dengan jumlah lebih dari 2000 santri. 

Setiap santri yang belajar di Pondok Pesantren Tahfiz Sulaimaniyah diberikan fasilitas lengkap belajar mengajar termasuk tempat tinggal di asrama.

BACA JUGA : MEMPERSIAPKAN DANA PENDIDIKAN MASUK PESANTREN

SULAIMANIYAH DUREN SAWIT


Karena anak saya puteri, kami mengunjungi Sulaimaniyah Duren Sawit, Jakarta Timur.  Oh iya, kami naik kereta dari Depok dan berhenti di stasiun Klender. Dari klender naik mobil online sekitar Rp 18 K menuju lokasi.

Ternyata ini salah satu asrama Sulaimaniyah yang ditinggali 48 orang santri, dengan empat orang pembimbing.
Rata-rata kegiatan harian mereka dari pagi-malam adalah menghapal Al Quran. Di luar itu, sore biasanya ada pembekalan bahasa Turki/Arab (sedangkan bahasa Inggris tidak diajarkan).

Karena tetap mengikuti UN yang diadakan pemerintah.Seminggu sekali didatangkan guru yang khusus mengajari 4 mata pelajaran untuk UN SMA

Yang menakjubkan, asrama nya amat sangat BERSIH sekali. Kami berkesempatan untuk keliling asrama bersama salah satu pengurus dan melihat langsung suarana pondok. Mulai dari ruang makan, kamar tidur dengan ranjang bertigkat, kamar mandi/toilet, ruang jemur yang dilengkapi mesin cuci
Santri diliburkan seminggu sekali (hari Minggu ) dan boleh dikunjungi / dibawa keluar sama orang tua asal dikembalikan jam 5 sore. Sedangkan Sabtu, pembelajaran hanya sampai jam 3 sore.


KALAU MAU DAFTAR

Tinggal hubungi website United Islamic Cultural Centre of Indonesia (UICCI). Pendaftaran secara online saja dan tidak dipungut biaya pendaftaran.

BIAYA


Bila beasiswa, orang tua santri hanya perlu membayar 1-2 juta saja diawal masuk )uang pangkal) karena memang dasarnya dibiayai pemerintah Turki. Sedangkan bulanan sekitar 300rb an (kalau tidak salah). Sedangkan untuk reguler, biaya awal Rp 22 juta dan hanya da satu pondok untuk reguler yaitu di daerah Rempoa Jaksel

Oh iya, hanya saja bila santri telah dinyatakan lulus dari beasiswa ini dan sudah belajar kemudian tidak betah, ada dendanya. Orang tua/wali harus membayar Rp 12 juta sebagai denda keluar dari program beasiswa ini.

SEMOGA BERMANFAAT





  

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

15 komentar

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Berkomentar Dengan Baik ya teman-teman.. Untuk yang menyertakan link hidup, mohon maaf, akan langsung dihapus :)

  1. Masyaallah kalau dpt beasiswa ini beruntung sekali sih. Baik orangtua maupun si anak. Harapannya semoga anak2nya betah. Dg fasilitas dan program sebaik sekolah tsb.

    BalasHapus
  2. Wah double keren ponpes ini kalau menurut saya Mbak, selain bisa otomatis sekolah di Turki, dapat pelajaran buat UN pula..keren..keren.

    BalasHapus
  3. Pernah dengar nama ponpes ini di daerah pati. Tapi kayaknya untuk anak laki-laki. Biar pun laki-laki tapi mereka tertib dan bersih. Semua hal diperhatikan sampai ke lipatan baju yang disimpan dalam lemari. Mantul banget deh.

    BalasHapus
  4. MayaaAllah bagus tempatnya. Batu tahu ponpes ini. Jadi lebih fokus ke hafalan Qur'an ya. Jadi tertarik juga nih siapa tahu untuk anak nanti. Sudah setingkat SMA karena tetap ikut UN.

    BalasHapus
  5. MasyaAllah bagus kak. Aku pernah denger ada yang kurang memerhatikan kebersihan karena fokus pada belajar.
    Beruntungnya bagi mereka yang bisa mendapat beasiswa disini. Pasti orangtuanya bahagia

    BalasHapus
  6. Wahh... Senang sekali rasanya jika memiliki anak yang menghafal Quran dan memperdalam ilmu agama .. semoga sukses dunia akhirat untuk anak nya mba...

    BalasHapus
  7. Wahh... Senang sekali rasanya jika memiliki anak yang menghafal Quran dan memperdalam ilmu agama .. semoga sukses dunia akhirat untuk anak nya mba...

    BalasHapus
  8. Wahh... Senang sekali rasanya jika memiliki anak yang menghafal Quran dan memperdalam ilmu agama .. semoga sukses dunia akhirat untuk anak nya mba...

    BalasHapus
  9. Beruntung ya kalo bisa dapat beasiswa disini, apalagi kalau asramanya bagus dan bersih pasti anak-anak betah dan semangat belajar hehe

    BalasHapus
  10. Yang di kalsel ada dimana mbak? Aku kepo nih. Kalo ada program beasiswa gini asik nih, apalagi kalo beasiswanya ke turki hehe

    BalasHapus
  11. Apakah masih bisa daftar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf bantu jawab, untuktahun ini pendaftaran masuk pesantren uicci sulaimaniyah sudah ditutup, untuk info lanjut silahkan kunjungi web uicci.org

      Hapus
    2. bener kak, udah tes juga, dan sudah tutup.semoga tahun depan ya

      Hapus
    3. Maaf mau tanya,msh bingung....apakah pesantren ini di setiap cabang menerima pendaftaran putra dan putri, tp sy lihat ada yg khusus putri saja....jd yg benar yg mana ya...??? Terimakasih

      Hapus
    4. setiap cabang beda2 kak. ada yang cabang putera, ada yang cabang puteri, sepengetahuan saya begitu. bisa kontak site nya kak

      Hapus