FBB
KEB

IHB

Langkah Mudah Mengajari Anak Membaca

 

Pertanyaan kapan anak siap belajar membaca atau kapan anak harus diajari membaca selalu ada di benak para emak-emak. Termasuk saya juga waktu anak-anak masih kecil.

Alhamdulillah, saya berhasil melewati masa-masa itu. Walau bisa dikatakan cukup deg-degan juga saat itu. 

 

belajar membaca ketika 7 tahun
usia Tk tepat untuk belajar huruf

Anak pertama saya, bisa membaca dengan lancar ketika di TK B. Juur, saya hanya mengajari sekilas di rumah. Ini benar-benar peran sekolah TK-nya. Lalu anak kedua, bisa membaca di akhir-akhir TK B dan awal masuk SD belum lancar banget. Tapi akhirnya ya lancar juga pas kelas 1.

Anak ketiga, kelas 1 awal belum  juga lancar. Masih terpatah-patah membacanya. Kemudian gurunya sempat mengadakan les tambahan buat anak-anak yang belum lancar seminggu 2x. Di rumah sih, saya nggak ada tambahan belajar membaca lagi. Semester 2 sekolah dasar  akhirnya lancar juga.

Kesimpulan saya? Anak sebenarnya akan bisa membaca sendiri pada saatnya. Rata-rata kelas 1 SD sudah pasti bisa. Belajar membaca untuk anak 5 tahun misalnya ya bisa-bisa saja. Namun, mungkin progresnya agak lama saja.

Umur Berapa Anak Belajar Menulis Membaca   

Kapan usia ideal anak belajar membaca? Dr. Ajeng Indriastari, Sp.A, RS Omni Pekayon dan Woro Kurnianingrum, M.Psi., Psikolog. Psikolog Klinis Anak & Remaja RS OMNI Alam Sutera, seperti dikutip dari web mommiesdaily menyebutkan aktivitas belajar membaca dan menulis sebetulnya dimulai usia 6-7 tahun.

Nah, menurutnya, pada saat usia 4-5 tahun anak bisa mulai dikenalkan pre-reading skills sebagai dasar-dasar baca tulis seperti mengenal huruf, mengenal angka, mengeja suku kata, menulis beberapa huruf dan angka, dan sebagainya.

Alasannya, anak usia prasekolah 3-4 tahun masih mengembangkan kemampuan bicara dan bahasa, tapi anak sudah mulai bisa mempelajari ketrampilan motorik halus dasar pre-writing skills untuk belajar menulis.

Nah, jadi intinya anak bisa belajar membaca dengan baik ketika berusia 6 tahun ketas. Dengan catatan,sudah dikenalkan sebelumnya tentang huduf baik melalui bermain, lagu dan sebagainya.

Pengalaman saya terhadap 3 anak memang baru bisa membaca dengan baik ketika udah 7 tahun.

Kalau istilah sekarang : Auto bisa membaca ketika 7 tahun-an

Step Mengajari Anak 6 tahun Keatas Membaca

Ada beberapa  langkahyang bisa dilakukan untk mempercepat mengajari anak mebaca. Namun tentunya ada perbedaan cara engajari anak PAUD membaca atau cara mengajari anak SD membaca.

Namun, pengalaman saya, tetap saja, anak mencapai kesempurnaan membaca ketika anak sudah berusia 7 tahun atau di saat anak sudah duduk di bangku SD.

Inilah beberapa pengalaman saya:

Membacakan Dongeng Sebelum tidur

Entah ada hubungannya atau tidak, perkara membacakan dongeng ini beranfaat sekali. Yang jelas, anak-anak jadi termotivasi untuk cepat-cepat bisa baca dan membaca dongeng sendiri kan?

Ajari Melalui Lagu

Di youtube bertebaran lagu mengenal huruf. Nah sebelum usia 6 tahun anak memang ada baiknya dikenalkan huruf (ketika usia TK). Jadi lebih gampang membacanya.

Beli Buku Belajar Membaca

Meskipun banyak cara membaca melalui media online misal leat lagu dan metode lainnya, saya orang yang tetap konvensional. Mengajari anak-anak step by step melalui buku "belajar membaca" saya bisa kita dapatkan di toko online maupun offline. Bahkan ada cara mengajari membaca tanpa mengeja.

Padukan dengan Menulis

Katanya cara ini sangat bagus. Saya dulu kadang-kadang juga melakukannya, jadi anak dibacakan satu kata kemudia diuruh menuliskannya. Dari yang termudah hingga bertahap ke bagian yang sulit.

Tidak Perlu Tergesa-gesa

Ini sih menurut saya. Sepanjang anak nggak ada kelainan apa-apa, inshaAllah diumur 7 thn an akan lancar membaca dengan sendiri. Jadi orang tua nggak perlu buru-buru memaksakan.

Walau tetap sih, agak deg-degan. Apalagi kelas 1 SD sekarang sudah lumayan susah apalagi soal ulangannya kan butuh dibaca sebelum dipahami hehehehe

Tapi beberapa SD tertentu sudah mulai bijak kok. Biasanya anak yag belum lancar baca akan dipisah dulu sehingga bisa dibantu baca soal misalnya kalau ulangan.

Btw, sekarang sih masih sekolah online ya.. hehehe

Oke, semoga beranfaat bagi yang ingin mengajari anaknya membaca ya. Tetap semangat semuanya..   

 

 

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Female Blogger of Banjarmasin
Female Blogger of Banjarmasin