Senin, 08 Juli 2019

TIPS LIBURAN KETIKA TIKET MAHAL



 
cari destinasi liburan yang sesuai kantong (dok : pribadi)
Musim liburan telah tiba. Sayangnya banyak orang yang tertunda liburannya gara-gara mahalnya harga tiket. Apa yang harus dilakukan?

Assalamualaikum,

Berjumpa lagi kita, walau harus saya akui beberapa waktu terakhir, kesempatan menulis terlalu sedikit karena banyaknya kesibukan.

Well, saya harus mengatakan bersyukurlah kalian yang mungkin tinggal di Pulau Jawa dan di lokasi tempat tinggal kalian banyak sekali tempat hiburan dan liburan. Artinya kalau mau liburan, tidak perlu memusingkan biaya transportasi seperti pesawat.

Tapi nasib “kurang beruntung” dialami mereka yang jauh dari pusat keramaian bahkan bisa dibilang jauh dari ibukota. Misalnya yang berada di pulau Kalimantan, Sulawesi bahkan Papua yang ingin menikmati wisata di Pulau Jawa. 

Atau yang di Jawa tapi ingin berlibur di Indonesia Timur. Wow. Mereka ini tentu saja harus merogoh kantong lebih dalam lagi bila ingin berlibur. Apalagi harga tiket pesawat yang dalam setahun terakhir bisa dikatakan melambung tinggi. Sedih pastinya.

Memang sih beberapa maskapai sudah menurunkan sedikit harga tiket dalam sebulan terakhir. Tapi tentu saja itu bukan harga tiket terbaik. Dan kadang, waktu penerbangan yang ditawarkan untuk tiket murah tersebut juga bukan jam yang nyaman. Apalagi jika membawa anak-anak.

Eniwei, beberapa teman saya sudah menyiasati tiket mahal dengan berbagai cara sih. Misalnya seorang teman yang akhirnya sekeluarga menggunakan transportasi laut yang jauh lebih murah juga.

Beberapa lainnya memang terpaksa membayar lebih mahal karena memang berbagai alasan. Misalnya, karena sudah terlanjur berjanji dengan anak-anak akan berlibur hehehe.

Baiklah, pertanyaannya apakah ada cara untuk berlibur di saat tiket mahal seperti ini? Beberapa konsultan keuangan dari berbagai sumber menyarankan beberapa hal dibawah ini.

RENCANAKAN
Bener nggak sih tiket mahal sebenarnya karena kita nggak merencanakan perjalanan? Itu sebenarnya saya banget. Perjalanan hampir selalu dadakan. Akibatnya ya itu ketemu tiket mahal lagi. Nah, buat kamu yang ingin liburan dengan tiket lebih miring, rencanakan jauh-jauh hari, minimal enam bulan sebelumnya. Karena biasanya ketika memesan tiket jauh-jauh hari, harga jelas-jelas lebih murah loh.

TARGET DESTINASI
Karena mahalnya harga tiket mungkin perlu sekali untuk memilih destinasi dengan baik. Bila Anda berada di salah satu kota di pulau Kalimantan, mungkin tidak ada salahnya mengekspor kota lain di pualu Kalimantan. Dmeikian juga yang berada di pulau-pulau lain. Kalaupun perjalanan bisa dengan pesawat, harganya tidak akan semahal antar pulau bukan?

TRANSPORTASI LAIN BISAKAH?
Hal seperti ini juga perlu kamu ketahui. Misalnya bila jalur udara tidak lagi bisa dijangkau harga tiketnya, apakah ada cara lain menuju destinasi wisata tersebut. Misalnya seperti yang dilakukan teman saya dan keluarganya yaitu melalui jalur laut. Walaupun tentu ada plus minusnya. Minusnya barangkali adalah waktu yang dibutuhkan diperjalanan lebih panjang dan  stamina yang disiapkan harus lebih baik dari biasanya. Karena tentu saja butuh energi luar biasa.

REWARD BISA DIGUNAKAN?
Buat yang biasa bepergian dengan peswat biasanya bisa memanfaatkan poin reward. Mereka ini adalah yang  sering melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat atau frequent flyer akan memiliki poin dari OTA, atau miles dari maskapai. Nah, untuk bisa mendapatkan miles dari maskapai, kamu memang perlu mendaftar terlebih dahulu di laman resmi masing-masing maskapai.

Buat ASN atau pekerja lain yang sering melakukan perjalanan dinas, poin reward mereka biasanya akan banyak. Ini bisa digunakan bila sewaktu-waktu ingin berlibur.

LEBIH BANYAK MENABUNG

Langkah ini terdengan absurd. Tetapi buat kamu yang memang sudah berniat untuk berlibur tidak perlu galau dengan harga tiket. Bila harga tiket mahal artinya memang kamu harus menabung lebih banyak, mengencangkan ikat pinggang atau menambah penghasilan dari sumber lainnya. Bukan begitu?


Tetap semangat dan semoga bahagia.
 

 




18 komentar:

  1. poin pertama setuju banget.
    sebelum liburan harus rencanakan dulu.. krn kalau kita sudah recanakan dari jauh-jauh hari, tentunya bakalan beli tiket dari jauh hari juga supaya dapet harga yang murah. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mbak. Minimal sebulan sebelumnya. Biar lebih murah. Makasih udah berkunjung yaa

      Hapus
  2. Lewat frequent flyer saya udh 3x dapat tiket free

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bgt bang day. ini emang cara yang banyak digunakan oleh mereka yang rutin melakukan perjalanan. tks ya

      Hapus
  3. Saya jarang bepergian jadi kudet sama masalah ini. Semahal apakah harga tiket sekarang saya juga tak tau *kudet akut*. Tapi untuk poin kedua, rasa-rasanya saya pernah mendengar kalau mau ke Pontianak dari Banjarmasin mahal sekali kalo pakai pesawat, lebih murah kalau kita mau ke Surabaya. Padahal Pontianak dan Banjarmasin satu pulau. Ntah benar atau tidak ini XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ira..sekarang lebih mahal.tapi kalau jauh-jauh hari mayan murah sii

      Hapus
  4. Saya suka mencoba tempat wisata yang dekat-dekat gitu. Pakai transportasi umum jadi kayak bertualang.

    BalasHapus
  5. Poin nomer satu biasanya sering aku lakuin, bahkan klo lg ga kpingin liburan kdg cek hrga tiket malah bs lbh murah .. Pas pngen lburan jd mahal huhu Tp klo 6 bln sbelumnya sih itu bner bs jd lbh murah smpe 20% hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhh enam bulan sebelumnya yaaa.tengkyu mel

      Hapus
  6. Karena liburan memang penting, jadi aku setuju ini harus direncanakan. Memilih hal2 yg bs menekan budget jg tetap hrs dilakukan supaya liburan tdk menguras kantong.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuih supaya gak nguras kantong ya. emang harus direncankaan.tengkyu mb rindang

      Hapus
  7. Wah, aku baru tau perihal reward ini.. Boleh nih dicoba. Selama ini cm and elin duit tabungan. Haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbak winda.ada cara itu.cuman harus jadi member dulu yakk

      Hapus
  8. Gara-gara harga tiket pesawat naik gagal deh rencana liburan. Soalnya uang yang dikumpulin cuma bisa buat beli tiketnya doang. Heu

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhhh senasib kita, ngak libur2an huhu.ada saatnya ntar..

      Hapus
  9. ya, kalo berlibur antar provinsi apalagi antar negara berharap rejeki nomplok sekarang ni. krn rencana ke depan lebih fokus u.melanjutkan sekolah anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. fokus kita sama mia...mh soal sekolah anak2 dl yang diutamakan hahaha.apalagi anak banyak nih

      Hapus

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Berkomentar