Kamis, 20 Juni 2019

CARA BIJAK MENGGUNAKAN Go-Pay, Ovo dan DANA



 
cashback bertebaran (doc : pribadi)

 
Ngerasa nggak sih kita makin konsumtif gara-gara menggunakan pembayaran digital? Kalau iya, saya dan kamu tidak sendiri. Ada caranya nggak ya supaya kita lebih bijak menggunakan pembayaran digital ini

Assalamualaikum,
Terasa lama tak bertemu dan menulis dengan hati di blog ini hehehe. Semoga sehat semuanya. Hari ini kita akan membahas salah satu jenis  Fintech. Bukan soal PINJAMAN ONLINE tapi soal pembayaran digital melalui dompet digital.  Eniwei , pembayaran digital emang lagi marak banget.


Kalau iseng jalan-jalan di mall , rasanya mupeng banget. Gimana nggak semua gerai menawarkan disnon dan cashback. Pernah merasa tergoda? Sering pastinya.

Pengalaman suami saya nih, suatu hari berbelanja di sebuah gerai makanan. Bukan karena suka sama makanannya tapi karena tertarik dengan cashback-nya yang tertera : 30 persen. Singkat kata, dia beli. Eh ,pas udah beli dan ngerasain makanan, baru ngeh makanannya kurang enak alias nggak cocok dilidahnya. Hehehe, salah siapa beli?   

Pengalaman seorang teman lain lagi. Saking tiap hari liat promo menggunakan pembayaran digital, tiap hari jadinya belanja mulu. Terutama makanan hahahaha. Bagaimana nggak tergoda, cashback-nya ada sampai 100%. Jadinya gratis donk makan di K*C atau H**A BEN**. Begitu alasan teman tersebut.

Teman lain pengalamannya beda lagi. Kalau biasanya dia belanja di mall dalam menggunakan alat pembayaran digital ini, kini trennya sudah bergeser.
Warung mie ayam deket kantornyapun sudah melayani pembayan lewat Ovo dan diskonnya bisa sampai 30%. Kereeen banget kan?  

Hari gini memang rasanya agak aneh kalau belum memiliki salah satu atau semuanya. Tinggal download di playstore aplikasinya dan diisi saldonya maka langsung bisa digunakan.  

Memang, tidak sahih rasanya membicarakan jenis Fintech tanpa membacarakan jenisnya yang lain yaitu pembayaran digital. Khususnya di kota-kota besar pembayaran digital sudah sangat membumi. Hampir semua outlet di mall sudah bisa dibayar dengan Gopay, Ovo atau pendatang terakhir Dana.

Bagaimana cara bijak menggunakan uang digital dalam bentuk aplikasi ini? Sehingga kamupun masih ingat cara MENABUNG 
Ini beberapa diantaranya ya



cashback gede jadi godaan (doc: pribadi)

SESUAI KEBUTUHAN SAJA
Menurut saya, tidak perlu semuanya dimiliki. Sesuai kebutuhan saja. Tapi kalau memang kebutuhannya harus memiliki ketiganya misalnya, ya bisa saja.
Intinya kamu harus tahu persis, uang / dompet digital itu digunakan buat apa. Buat belaja kebutuhan, bayar macam-macam atau sekedar mengejar cashback dan diskon. Pilihan ada di kamu.

ISI SECUKUPNYA SAJA
Tidak perlu seluruh isi rekening di bank dipindahkan ke dompet digital. Seperlunya saja. Atau bisa juga dijatah per bulan berapa kebutuhannya.

PERLAKUKAN SEPERTI MENGGUNAKAN UANG TUNAI
Meskipun uangnya tidak terlihat langsung (tunai) , perlakukan seperti menggunakan uang biasa untuk belanja. Paling tidak dengan cara ini kamu sadar, yang telah kamu keluarkan untuk berbagai belanja tersebut adalah uang dan akan mengurangi jumlah uangmu secara keseluruhan.

PERLAKUKAN CASHBACK DAN PROMO DENGAN TEPAT
Banyak cashnback mungkin adalah alasan utamamu belanja membabi buta selama ini. Saran saya sih perlakukan dengan teat cashback dan promo-promo tersebut. Kalau kamu pengen makan sesuatu dan kebetulan ,cashbaknya besar ya alhamdulillah. Atau dibalik, carilah tempat maan yang menawarkan cashback terbaik hehehe..
Intinya yang penting memang kamu butuhkan. Jangan sampai kamu membeli karena cashback besar eh ternyata nggak suka atau barangnya tidak dibutuhkan. sia-sia.

TETAP DISIPLIN
Jangan pernah lupakan tujuan utama keuanganmu. Langkah ini bisa mengeremmu untuk tidak berlebihan atau terlalu boros menggunakan uang digital. Ingat juga tujuan pengeluaranmu. Disiplinlah dalam pemakaian dan jangan menggunakannya untuk tujuan lain sehingga bisa mengakibatkan keuanganmu menjadi kacau balau ya guys.

Demikianlah cara bijak menggunakan pembayaran/dompet digital. Semoga berhasil dan tetap semangat semuanya..

16 komentar:

  1. setuju mba, saya jadi makin tergoda membeli hal-hal yang gak saya perlukan, hanya karena promonya yang sebenarnya gak gede-gede amat sih.
    jadi sering order grabfood, jadi sering beli chatime dll hahaha.
    Padahal dulu, mau beli makanan dan minuman yang gak terlalu butuh itu mikir-mikir :D

    BalasHapus
  2. hahahahah senasibb kita..:)

    BalasHapus
  3. Iya banget ini, sekarang klo ga kuat iman bs2 blnja trus krna diskon, cashback dan brbagai promo lainnya .. Kalau aku sih paling beli token listrik aja biar dapet cashback, sama sekarang udh terbiasa jg dengan hidup mnimalis dan justru skrg ngerasa kaya lbh tenang dan bhagia gtu hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh sama. Lg mencoba hidup minimalis 😂😂

      Hapus
  4. Di tempat saya yg masih terhitung pelosok, pembayaran digital ini belum terlalu hits. Masih banyak cash gitu.

    BalasHapus
  5. Hmm rasanya saya ketinggalan banget sama pembayaran digital karena sama sekali nggak punya medianya hahahaha. Ada uang digital dari salah satu bank pun dibuat dan dipakai buat naik moda transportasi xixixi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus mbak. Daripada punya banyak godaannya

      Hapus
  6. Paling susah poin terakhir mbak,disiplin.hahaha.. Ya gimana ya, kadang poin2 awalnya akan gagal juga kalo ga disiplin.

    BalasHapus
  7. setuju banget tuh kalau isi sesuai kebutuhan dan secukupnya. tapi sebenernya aku gk terlalu familiar pakai dana digital baik gopay ataupun ovo, lebih suka debit/kredit aja hahaha. entah ya kadfang ngerasa kaya unsecured gitu :(

    BalasHapus
  8. Aku merasa tersendiri nih.
    suka banget emang ngisi OVO, untung bukan tim gopay juga.
    Kyaanya makin boros kalo make semuanyaa


    salam,

    www.rizkyashya.com

    BalasHapus
  9. Benar banget nih, karena maraknya diskonan terkadang kita enggak pengen beli barangnya cuman ya karena diskonnya yang menggiurkan malah beli malah ujung-ujungnya jadi pemborosan ya. Alhamdulillah untuk dompet digital ini aku paling cuman buat beli pulsa di ovo sih, mau nahan diri buat jangan terlalu boros. Hahaha

    BalasHapus
  10. Wkwk.. Bener banget nih. Emg sbnrnya suka kalap kalau berbicara keinginan. Apalagi kalay yg diinginkan promo. Padahal lbh utama kebutuhan yg kalau bs promo jg.. Hahak

    BalasHapus
  11. Wkwk bener bgt Eny juga kalo mau jajan pas ada cashback dimana yang paling banyak AHAHAHAHA tim GK mau rugi

    BalasHapus
  12. kereen kak artikelnya..
    mampir ke blog saya juga yaa kak

    BalasHapus
  13. Nah itu, perlakukan seperti uang tunai itu lho aku yang susah makanya aku selalu ngisi saldo dikit-dikit aja, kalau banyak bisa kebablasan.

    BalasHapus

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Berkomentar Dengan Baik ya :)