Youtube
wb_sunny

Breaking News

Jantung Dan Rahasia Kematian

Jantung Dan Rahasia Kematian


Hari ini dikejutkan lagi dengan meninggalnya seorang artis Asraf  Sinclair. Kabarnya meninggalnya karena terkena serangan jantung

Serangan jantung dan kematian. Lagi-lagi kata ini terdengar. Pagi ini misalnya, terdengar lagi berita suami Bunga Citra Lestari (BCL), yang bernama lengkap Ashraf Daniel Mohammed Sinclair meninggal dunia pada usia 40 tahun. Hidup ternyata tidak dimulai di usia 40, tapi berakhir di usia 40.


serangan jantung pembunuh di dunia




Dikutip dari Wikipedia, nama Ashraf terkenal di Malaysia setelah sempat berperan sebagai Eddy dalam film Gol & Gincu (2005) yang dilanjutkan dengan serial televisinya setahun kemudian. Sedangkan di Indonesia, berbagai film dan sinetron juga dibintanginya.  

Karier akting Ashraf di Indonesia makin melejit bersama BCL, sang istri dan seringkali disatukan dalam satu film , diantaranya film  komedi romantis, Saus Kacang yang rilis pada 2008

Selain berakting di layar lebar, Ashraf juga tampil di sinetron. Salah satunya adalah sinetron kejar tayang, Sekar pada 2008.  Dan tentu saja sebagai bintang iklan dilakoni selamakarirnya di dunia hiburan tanah Air.

Selain Asraf, minggu ini saya juga dikejutkan dengan seorang kenalan yang tiba-tiba meningggal ketika berusia 42 tahun. Diprediksi meninggal karena jantung juga. Apalagi sebelumnya, ibu ini pagi hari baik-baik saja dan melakukan kegiatan biasa untuk keluarga,seperti memasak dan beberes rumah. Usai melakukan semuanya, tiduran dan kemudian langusung meninggal. Anak yang ditinggalkannya baru berusia 1,5 tahun, sedangkan suami dalam keadaan sakit ginjal.Sungguh menyedihkan ! 

APA ITU SERANGAN JANTUNG


Lagi-lagi semua karena serangan  jantung yang  mematikan. bahkan kadang kala penderita tidak mengetahui secara persis mengidap penyakit ini. Alm. Asraf  Sinclair.misalnya, dikenal sebagai sosok yang senang berolahraga, gaya hidup sehat dan selalu mengkonsumsi makanan sehat. Agak aneh sebenarnya, kalau dinalar secara logika, bisa meninggal terkena serangan jantung.

 Serangan jantung sendiri kini memang banyak menyerang kaum muda . Jujur, jadi menakutkan, buat saya juga. Dikutip dari kompas (dot) com, Riset Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan 2013 menyebutkan penyakit jantung koroner di Indonesia sudah mencapai angka 12,1% dari populasi. Penyakit ini , juga diketahui diderita oleh kelompok usia muda, yakni 39% berusia kurang dari 44 tahun. Sebanyak 22% dari penderita jantung usia muda itu ada di kisaran 15–35 tahun.

Jantung diketahui memiliki beberapa jenis pembuluh, di antaranya yang paling penting adalah arteri koroner. Pada arteri ini terdapat sirkulasi darah kaya oksigen ke semua organ dalam tubuh, termasuk jantung.
Nah, arteri ini jika tersumbat atau menyempit, aliran darah ke jantung bisa turun secara signifikan atau berhenti sama sekali.

Hal ini bisa menyebabkan SERANGAN JANTUNG.

Penyebab meninggalnya tersering serangan jantung memang penyakit jantung koroner. Pada kondisi ini, penumpukan plak terbentuk di arteri. Kemudian pada suatu saat plak ini akan robek dan terlepas. Bila robekan atau bongkahan plak yang terlepas ini cukup besar dan terbawa aliran darah ke arteri koroner, plak ini bisa mengakibatkan sumbatan.

Arteri koroner membawa oksigen untuk otot-otot jantung. Bila aliran arteri ini tersumbat, oksigen tidak dapat mencapai otot jantung dan otot jantung pun dapat mati bila dibiarkan lama tanpa oksigen.

Selain itu, ada yang disebut Spasme arteri koroner. Ini adalah salah satu penyebab lain serangan jantung. Otot arteri koroner dapat mengalami penyempitan karena spasme. Bila spasme yang terjadi parah, aliran darah pun tersumbat sehingga otot jantung akan kekurangan oksigen.
 

GEJALANYA antara lain :

Nyeri dada. Bagian ini biasanya terasa seperti ditekan atau diremas pada dada sebelah kiri. Tidak nyaman di bagian tubuh atas. Merasakan sakit pada salah satu atau kedua lengan, punggung, bahu, leher, rahang, atau bagian atas perut (di atas pusar). Rasa tidak nyaman tersebut berlangsung lebih dari beberapa menit atau hilang dan kembali lagi. Kadang disertai dengan rasa gelisah dan detak jantung cepat.

Sesak napas. Biasanya jika ini terjadi maka tubuh akan mengeluarkan keringat dingin, kepala terasa pusing, dan tubuh terasa lemas.

Gejala lain, seperti batuk, mual, muntah sering terjadi pada wanita.

MEREKA YANG BERISIKO :


Perokok
Sudah banyak yang mengatakan kandungan dalam rokok sangat berbahaya. Sayangnya banyak orang yang tetap tidak sadar akan hal ini.

Terpapar asap rokok
Mereka ini yang seringkali terpapar asap atau sering disebut perokok pasif

Kelebihan berat badan
Obesitas dipercaya menjadi salah satu penyebab. Termasuk jantung. Karenanya harap hindari kelebihan berat badan.

Umur dan keturunan
Umur setelah 45 tahun dan setelah 55 tahun dipercaya menjadi umur yang paling berpotensi mendapat serangan jantung.

Tekanan darah tinggi
Banyak yang terkena tekanan darah tinggi menjadi penyebab terbesar orang yang terkena serangan jantung. So, usahakan tetap stabil tekanan darah.

Penyebab lain
Banyak penyebab lain. Antara lain malas berolahraga, stress berlebihan atau penggunaan obat ilegal.

TERLEPAS DARI ITU...


Terlepas dari segala penyebabnya, kematian bukan berapa umur seseorang saat itu, apa pekerjaannya, dimana tinggalnya, dalam kondisi apa dll. Kematian adalah soal TAKDIR. Soal janji kita pada yang kuasa, kapan kita akan diambilnya.

Tetap semangat menjalani hidup sekaligus mempersiapkan diri sebaiknya untuk menyongsong kehidupan yang abadi.  Jangan terlena karena merasa masih muda dan maut masih jauh (Nasehat buat diri sendiri)

SEMOGA LEBIH BANYAK BERSYUKUR DAN BERBUAT BAIK DALAM MENJALANI KEHIDUPAN













Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

4 komentar

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Berkomentar Dengan Baik ya :). Untuk yang menyertakan link hidup akan langsung dihapus :)

  1. informatif….
    setuju, rokok sangat berbahaya…..

    BalasHapus
  2. banyak penyebab penyakit jantung, dan resiko penyebabnya kalau bisa diminimalisir, biar peluang kena serangan jantung semakin kecil pula

    BalasHapus
  3. di umur skr aku udh berniat utk lebih rutin olahraga mba... ga ush yg terlalu berat, tp sebenernya cukup jogging 30 menit. penderita jantung aku pernah baca, justru ga bisa olahraga yg terlalu memaksa fisik. aku lbh hrs hati2 krn keluargaku banyak yg terkena jantung... gitu jg keluarga suami.. :( ..

    pantesan serangan jantung ini sering disebut silent killer yaa

    BalasHapus
  4. Namanya ajal ya, tak ada yang tahu dan tak bsia dicegah atau dimajukan :(

    Yang bisa kita lakukan hanya mempersiapkan diri dan orang-orang tercinta kita :(

    BalasHapus