Youtube
wb_sunny

Breaking News

Ketika Semangat Menulis Memudar

Ketika Semangat Menulis Memudar

Pernah nggak tiba-tiba merasa malas sekali melakukan apapun. Termasuk menulis? Pasti pernah donk ya. Apa dan mengapa ?


Menulis itu buat saya, sudah semacam candu sebenarnya. Hampir setiap waktu, ada saja yang mau ditulis. Bahkan kadang yang nggak terucap pun dengan mudah bisa dituangkan di tulisan hehehe.



Menulis juga sudah menjadi  pekerjaan. Hmmm...mau nggak mau, ketika kita sudah terikat perjanjian dengan pihak lain, ya mau nggak mau harus dilakukan.

semangat menulis turun



Sayangnya, beberapa minggu terakhir, semangat menulis tiba-tiba memudah sedemikian rupa. Beberapa tulisan blog, sebenarnya, bisa jadi tulisan, karena saya paksa-paksa kan saja. Beberapa artikel lain di majalah, akhirnya jadi juga karena memang sudah masuk deadline nya. Dari sananya sudah mendekati masa cetak, ya mau tidak mau, jadi juga.

Namun jujur, segala sesuatu yang dilakukan dengan hati yang kurang gembir, dampaknya akan kurang menarik. Bahkan bisa jadi hasilnya standar saja, sama sekali tidak luar biasa :)

Baiklah mari kita selidiki mengapa ini bisa terjadi
  
KELELAHAN

Saya memprediksi ini merupakan penyebab utamanya. Akhir-akhir  ini memang terasa banyak banget yang harus saya kerjain. Mulai urusan domestik rutin, urusan sekolah anak-anak, sampai meluangkan waktu yang banyak untuk mengurus sejumlah deadline. Alhamdulillah sebenarnya semuanya berjalan dengan baik. Tapi ya itu tadi, kelelahan akhirnya sampai membuat saya malas melakukan apa saja dan hanya enak tidur-tiduran  saja.hahahaha

KURANG PIKNIK 

Hahaha, ini kemungkinan lainnya. Dulu hampir tiap weekend, pastilah ada jalan-jalannya. Minimal piknik ke Ragunan yang murah meriah, terjangkau dan bisa bawa bekal haha. Sekarang, weekend jadi waktunya banyak pekerjaan. Minimal menyetrika baju buat sekolah :)

TAK BANYAK TEMAN BICARA 

Yang ketiga ini, saya sebenarnya juga ragu menuliskannya. Tapi sepertinya iya. Saking "sibuknya" saya, waktu bertemu di dunia nyata dengan orang-orang sangatlah kurang. Bosen kan kalau ngobrol dengan orang cuman WA-an, telpon-an bahkan saling komen aja. Butuh kehidupan riil di dunia nyata kembali.

BOSAN DENGAN RUTINITAS? 

Bisa jadi. Apalagi setelah saya ingat-ingat rubrik saya di majalah nggak di rolling-roling hahaha. Jadilah saya hanya mengerjakan pekerjaan yang itu-itu saja. Untung saja sayang tak pernah kehabisan ide apa lagi yang kudu ditulis. Kalaupun kehabisan ide, ya karena tuntutan mungkin bakal dapat lagi idenya hehehe

Buat tulisan blog sendiri sebenarnya nggak terlalu membosankan. Apalagi nulisnya boleh dikata lebih santai dan tanpa ditarget. Oh ya, apalagi job belum banyak ya hahaha

KURANG BERSYUKUR

The last but not least bisa jadi ini yang terjadi. Saya kurang bersyukur. Kurang bersyukur atas nikmat sehat, kurang bersyukur anak-anak yang jarang sakit dan bahagia, kurang bersyukur masih banyak pekerjaan meskipun di rumah dan lainnya. 

Semoga kedepannya lebih baik lagi, apalagi tantangan kedepan semakin banyak dan hanya orang-orang yang tangguh yang mampu menaklukkannya.

Bagaimana menurut kalian, share di komen ya  bila ada ide lainnya. Thank you .. 

  

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

6 komentar

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Berkomentar Dengan Baik ya teman-teman.. Untuk yang menyertakan link hidup, mohon maaf, akan langsung dihapus :)

  1. Saya juga pernah seperti itu mbak, tapi kembali semangat lagi saat baca-baca referensi apa yang mau ditulis :D

    BalasHapus
  2. Saya terkadang seperti itu mbak...Yaa sebabnya karna kelelahan mungkin atau banyak rutinitas didunia nyata.😊😊


    Ngalamin lupa perpanjang domain dll.

    Hingga akhirnya nulis dibawa santai sajalah. Atau secukupnya waktu dan tanpa domain ...Alhamdullilah malah sedikit nyaman.😊😊

    Tapi setiap orang mungkin punya cara sendiri untuk menyemangati sesuatu yang telah memudar.😊😊

    BalasHapus
  3. Namanya rutinitas pasti ada kebosanan sewaktu-waktu. Namun jika kita memang senang menulis, rasa semangat tinggi bangkit lagi deh untuk melanjutkan tulisan kita, apalagi jika temanya 'gue banget' :)

    BalasHapus
  4. sering mba... padahal buatku, menulis itu udh kayak obat stress... tekanan dan hal2 yg bikin bad mood biasanya lgs hilang dengan aku menulis. tapi bukan berarti aku ga prnh bosen..

    biasanya itu krn wktu yg ga cukup krn tersita ama kantor.. jd nya udh telanjur kehilangan ide , ato ga mood lg untuk nulis. kao udh begini, aku ga bakal maksa utk ttp nulis, krn pasti jelek hasilnya. biarin aja, dibawa santai, pergi cari kuliner baru ato traveling dulu... setelah itu, kalo mood udh bagus, baru deh mulai nulis lagi

    BalasHapus
  5. saya sedang berada pada fase ini, mungkin karena terlalu jenuh dengan skripsi jadi semangat liat leptop juga memudar yak

    BalasHapus