FBB
KEB

IHB

4 Cara Hasilkan 30 Juta Dari Internet Saat Pandemi

Akhir Maret, kabar mengejutkan itu datang bagi kami. Kabar kalau suami di rumahkan. Tempat saya freelance juga keadaannya sama. Sempat shock sejenak tapi tetap berpikir positif. Penghasilan dari internet jadi solusi.

 

Pandemi jelas-jelas menghantam biduk keuangan rumah tangga  keluarga kami yang selama ini hanya mengandalkan gaji bulanan dan penghasilan freelance saya. Tapi kami tentu tak sendiri. Ribuan orang bahkan jutaan juga terdampak. Bahkan mungkin lebih buruk dari kami kondisinya. 

 

cara dapatkan penghasilan dari internet

 

Itulah yang terjadi dengan kami di awal-awal pandemi. Suami sempat dijanjikan perusahaannya akan dipanggil lagi buat bekerja sekitar bulan Juni 2020 atau habis lebaran. Tapi nyatanya, perusahaan menyatakan ketidaksanggupan mempekerjakan semua karyawan dan hanya terbatas beberapa orang saja yang kembali di pekerjakan.

 

Yang lainnya dijanjikan di awal 2021. Lalu, apakah selama itu harus diam saja. Saat itu saya dan suami nggak punya ide sama sekali. Mau jualan online seperti yang dilakukan banyak kawan-pun kami belum siap. Sementara, seperti juga orang lain yang terdampak, kebutuhan hidup tentu saja terus berjalan. 

 

Salah satu modal yang saya miliki adalah kemampuan menulis dan laptop yang sudah ada. Selain jaringan internet yang cukup bagus di rumah. Namun saat itu peluang benar-benar tertutup. Padahal sudah mendekati puasa dan kemudian lebaran.

 

 


 

Penghasilan dari internet selama pandemi

 

 

Agak panik juga. Apalagi ada kebiasaan di keluarga besar, saling memberi “THR’ ke anggota keluarga yang lain. Tentu saja bagi yang berprofesi seperti PNS misalnya, akan aman dan damai saja. Namun bagi kami yang baru saja dirumahkan, ini agak membingungkan.

 

Mau meniadakan dulu tradisi itu tahun ini juga ada perasaan tidak enak.Karena memang sudah jadi tradisi keluarga selama bertahun-tahun. Keuangan rumah tangga benar-benar goyang.Hanya ada sedikit dana darurat yang tentu saja dipakai untuk kebutuhan pokok saja.Namun akhirnya, masalah ini juga menemukan solusinya.

 

Kerja Online Jadi Solusi 

 

Seperti yang saya ceritakan di atas, salah satu keahlian saya adalah menulis. Sebelumnya tentu saja lumayan banyak job untuk media offline maupun online. Namun ketika pandemi, tiba-tiba semua perusahaan melakukan penghematan.

 

Alhamdulillah tiba-tiba datang beberapa peluang. Peluang yang saya dapatkan juga boleh dikatakan “ ajaib” dan tanpa di duga-duga.

 

Dan peluang ini bisa dilakukan secara online alias bekerja dari rumah saja. Komunikasi cukup dilakukan dengan WhatsApp (WA) atau email saja. Kalaupun ada meeting biasanya hanya menggunakan Zoom atau Google Meet. Teknologi benar-benar menjadi andalan.

 

Saya yang tinggal di daerah hanya diberikan semacam job description dan aturan-aturan lain yang harus dipatuhi, kemudian dilaksanakan. Kerja remote yang sangat praktis. Jujur, awalnya memang agak susah. Karena sebelumnya terbiasa bekerja dengan cara tatap muka. Tapi lama-lama memang menjadi sangat terbiasa dan menikmatinya.

 

30 Juta Penghasilan dari Internet Selama Pandemi

 

mencari penghasilan kala pandemi

 
 

30 juta selama pandemi? Hehehe, bagi banyak orang tentu saja angka itu tidak seberapa. Apalagi bagi mereka yang bekerja sebagai PNS misalnya atau di perusahaan dengan gaji tetap dan tak terdampak pandemi.

 

Namun bagi saya ini sangat luar biasa dan patut disyukuri. Apalagi sekilas orang melihat saya nggak bekerja. Ya gimana mau dianggap pekerja, kerjaannya domestik banget. Dari kerjaan sehari-hari sampai ngurusin PJJ anak-anak. Gimana mau dianggap kerja beneran?

 

Tidak masalah tentunya. Orang lain boleh menganggap kita bukan sesuatu tetapi selama kita masih bisa berkontribusi bahkan menghasilkan hal positif itu tentu saja, lagi-lagi anugerah yang harus disyukuri.

 

Dan setelah saya kalkulasi ternyata ada 30 juta yang bisa saya hasilkan selama pandemi ini.Dari mana saja? Berikut rinciannya :

 

Mengisi Konten website dengan bayaran bulan

Salah satu pendapatan yang saya peroleh selama pandemi ini adalah mengisi konten sebuah website. Kebetulan website ini bekerjasama dengan sebuah Kementerian sehingga kontennya banyak berasal dari press release Kementerian tersebut.

 

Job blogger

Dua tahun serius menekuni dunia perbloggeran,alhamdulillah sudah ada beberapa job blogger dalam bentuk penulisan sponsor post. Walau masih belum sebanyak blogger lain, ini sesuatu yang harus disyukuri.

 

Content placement di blog

Content placement (CP) blog merupakan salah satu cara menghasilkan uang dari blog. Ada beberapa CP dalam blog saya.Di masa pandemi, penghasilan ini juga lumayan memberi kontribusi.

 

Menang lomba blog

Di masa pandemi banyak sekali sebenarnya lomba blog dengan hadiah yang menggiurkan. Beberapa kali ikut dan nggak menang. Namun dari beberapa yang diikuti akhirnya ada juga yang menang dan mendatangkan penghasilan sekaligus apresiasi bagi blog.

 

Nah, demikian 4 cara saya menghasilkan uang via online selama pandemi. Bagaimana dengan kalian? Langkah apa yang sudah dilakukan untuk menghasilkan keuangan dari internetkhususnya di masa pandemi?

 

 

Ayo,tetap berkreasi walau masih pandemi ! Semangat...

 

12 komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
  1. Alhamdulillah, selama kita mau berusaha, Allah akan memberikan jalan menuju rezeki. Semangat terus mbak Enny

    BalasHapus
  2. Sesuatu hal yang wajib kita syukuri juga yaa mbak meski awalnya memang boleh dikatakan cukup membuat kepanikan dan menjadi tak terarah..😊

    Namun seiring berjalannya waktu dan semangat yang mbak punya semuanya seperti menjadi sebuah bantu loncatan yang lebh baik dari sebelumnya meski dalam masa pademi ini..😊😊

    Dan tulisan diatas mungkin juga bisa jadi pedoman buat saya untuk lebih memahami bagaimana cara mendapat uang lebih dari internet.😊

    Ok thanks mbak atas artikel menariknya.😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kang satria, harus tetap semangat.terima kasih kembali ya:)

      Hapus
  3. Alhamdulillah dapat banyak job dan juga menang lomba selama pandemi ya mbak. Kalo di total dapat 30 juta. Apakah itu banyak?

    Bagi saya sih jelas banyak pake banget. Lha saya selama pandemi ini cuma sejuta doang, itu juga karena dapat job bikin cerpen dari mbak Eno.😃

    Soal THR Alhamdulillah kemarin ngga pulang kampung sih, jadi duit THR aman, alasannya ya karena lagi ada Corona jadi ngga pulang kampung.😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, corona bisa benget jadi alasan ya. THR jadi aman wkwkwk....waaa kereeen bgt dpt job bikin cerpen dr mba Eno huhuhu..mantappp itu

      Iya Mas Agus buat aku juga 30 juta banyakkk huhuhu, alhamdulillah...

      Hapus
  4. Mantap Mbak, 30 juta tuh banyak loh.
    Alhamdulillah ya Mbak.
    Selama masih mau berusaha, ada aja jalan rezeki itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak rudi, bagi saya juga banyak dan sangat berharga :) inshaAllah jalan rejeki ada saja

      Hapus
  5. kesibukan yang luarbiasa ya mba enny, namun dibarengi dengan hasil atau output yang sepadan

    memang tidak mudah bekerja secara online apalagi sebelumnya terbiasa dari kantor dan ketika di rumah masih disibukkan dengan pjj anak anak

    semoga dengan jerih payah dan kerja keras yang ada hasil yang didapat selalu berkah, apalagi juga income berasl dari banyak pintu tentunya makin menambah semangat :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. haloooo. makasih ya, semoga kita selalu semangat nge blog juga. kalau ada rejeki juga, alhamdulillah dapat bonus hehehe

      Hapus
  6. MasyaAllah hebat mba enny bisa dapat 30jutaa, banyak itu mbaa menurut ulun jua 😍 Alhamdulillah ada aja rezeki sudah Allah atur dibalik pandemi ini ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. haloooo Lidya.Alhadulillah Lid hehehe...iya LId, rejeki sudah diatur. suksesjua buat lidya lah di Palangkaraya hehehe

      Hapus
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Female Blogger of Banjarmasin
Female Blogger of Banjarmasin