Youtube
wb_sunny

Breaking News

APA ENAKNYA JADI PNS ?

APA ENAKNYA JADI PNS ?

Menarik menyaksikan tanyangan Mata Najwa #ApaEnaknyaJadiPNS, hari Rabu lalu. Iya ya, apa ya enaknya sehingga orang berlomba-lomba menjadi PNS?

Assalamualaikum,

Saya tidak menonton siaran langsung acara tersebut. Saya menyaksikannya di Youtube karena awalnya penasaran dengan hastag di Twitter heehe.

Ternyata acara ini menghadirkan tiga gubernur yang memang sedang mencari ASN/PNS juga. Mereka adalah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah, Anies Baswedan Gubernur DKI dan Gubernur Jatim, ibu Khofifah.

Menurut Anies Baswedan,  PNS diburu karena memang soal stabilitas, kepastian, gaji yang baik dan peluang belajar dan membuat perubahan.

Di Jakarta, ujarnya, meski junior bisa memiliki ide dan dieksekusi idenya. Di setiap unit mereka bisa punya peluang untuk melakukan perubahan..





Di Jakarta, gaji PNS S1 Rp 6,9 jt (take home pay). Setelah satu tahun gajinya bisa mencapai 17-19juta (take home pay) karena ada tunjangan kinerja. Namun yang minat jadi ASN di Jakarta haruslah mereka yang siap bekerja keras, , inovatif dan mempunyai integritas yang baik.

Ganjar juga "promosi" soal kesejahteraan PNS di Jatng. Namun seperti Anies dia mengakui yang dicari adalah mereka yang kreatif  dan siap melakukan perubahan.

Khofifah mengatakan di Jawa timur, tahun pertama sudah bisa mendapatkan Rp 12 juta yang dibawa pulang. Cuma yang di butuhkan Jaim adalah mereka yang memiliki jiwa perubahan dan bekerja dengan cepat dan tepat.

gaji pokok ASN 2019


APA ENAKNYA JADI PNS?

Jujur, sayapun dulu pemburu tes CPNS. Sampai lelah hahaha. Tapi tak satupun yang nyangkut. Selalu bisa tembus tes administrasi awal. Tapi setelah pengumuman, nggak lulus lagiii..hahaha
Barangkali memang jalannya sudah begitu ya (menghibur diri).

Apa sih enaknya jadi PNS? Menurut saya yang non PNS ini, dan mempunyai banyak teman, kerabat, sodara yang PNS, ini kelebihan menjadi PNS :

# Karir lebih jelas

berkarir di PNS jelas donk tingkatan karirnya. mereka yang bekerja keras dan beruntung pasti akan bagus jalan karirnya. Nggak usah ditanya ya kalau kamu emang nggak beruntung hehehe

#Stabilitas keuangan

Pastinya lah. Gaji tiap bulan, tunjangan kinerja yang lebih besar dari gaji hehehe...uang pensiun, BPJS dll ya
Oh iya, ketika terjadi musibah seperti #corona kayak gini, pekerjaan yang paling stabil adalah ASN/PNS loh. Mau kerja di kantor, kerja i rumah, bayaran tetap sama bukan? Nggak akan dipotong se sen pun hmmm...

# Dipercaya Bank/Lembaga keuangan

bener nggak sih? sering denger PNS menggadaikan SK nya dan dapat uang pinjeman besar bahkan sejak tahun pertama. Wow, enak ya hehehe (walau lebih enak nggak ngutang donk ya)



# Dipandang lebih baik oleh calon mertua/mertua/tetangga/kerabat

hahaha, tentu ini hubungannya sama kejelasan pekerjaan tadi ya. beda donk sama yang nggak jelas tempat kerjanya dimana bahkan perusahaannya nggak pernah terdengar dunia wwkw, mereka ini jelas-jelas dipandang sebelah mata walau sama-sama dapat penghasilan.

#Kesempatan jalan-jalan

Rata-rata sih karena tugas atau dinas ya. Seorang teman PNS bahkan pernah berkata : kerja cuman sehari, jalannya dua hari dan enaknya dibiayai negara semuanya hehehe...enaknya ya. Mereka punya kesempatan ke luar kota bahkan keliling dunia loh

#Kesempatan belajar dan beasiswa

Asal berprestasi dan ada niat, kesempatan tersebut pasti terbuka. .Banyak beasiwa yang menunggu mereka loh. memang syaratnya nggak gampang juga tapi yang jelas kesempatan tersebut ada. enak kan, kuliah gratis, dapat uang saku dan gaji tetap jalan lagi. wow


***

 Jadi, yang masih ada KESEMPATAN, jangan sia-siakan ya untuk berjuang meraih impianmu.
Buat akhirnya nggak jadi PNS kayak saya...hehehhe, tak usah IRI apalagi putus asa. percaya saja, setiap orang diberi kesempatan dan amanah yang berbeda dalam hidup (dan Hidup dimintai pertanggungjawaban kelak). tetap berusaha menjadi yang terbaik dalam hidupmu. Tuhan pastilah sudah mengatur yang terbaik

Tetap bersyukur dan berbahagia yaaa... 

 


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

40 komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih

  1. saya pernah jadi CPNS selama setahun. lalu keluar karena ada ketidakcocokan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhhh tidak cocok nya dimana mas? katanya dah jadi PNS susah ya buat keluar lagi, bener gak sih

      Hapus
    2. hmmm, banyak hal sih. Kalau untuk keluar gampang aja sih, tinggal buat surat pengunduran diri. karena aku di PTN, tujuan surat pengunduran diri ke rektor dengan tembusan ke Mendiknas Dikti waktu itu

      Hapus
    3. oh gt mas Artha. syukurlah heheheeh.akhirnya seseorang memang harus memutuskan yang terbaik bagi dirinya hehe.tks ya

      Hapus
    4. Alhamdulillah saya jadi PNS tahun ini

      Hapus
  2. Ayo coba lagi mba.. smg tahun ini bisa sukses

    BalasHapus
  3. selamat berjuang deh yang mau jadi #PNS, emang banyak banget yang berbondong-bondong buat jadi PNS, karena memang banyak banget keuntungannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, banyak keuntungannya.semoga yang emang niat, tercapai cita-citanya

      Hapus
  4. Sebenarnya jika lapangan pekerjaan di Indonesia ini kesejahteraannya setara dengan sistem PNS, saya rasa minat orang di indonesia tidak akan begitu antusias terhadap cpns, namun itu tidak terjadi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya lebih banyak PNS keuntungannya hehehe.makanya pada tertarik hehe

      Hapus
  5. Jadi PNS enak, apalgi yang punya niat bener2 mulia jadi abdi negara dan pelayan, kalau niatnya hanya magabut ya gitu lah.
    Intinya kalau niatnya bermanfaat melayani, jadilah PNS, tp kalau niatnya magabut jadilah wiraswasta atau jadi mantu orang kaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga niatnya pada mulia ya, jadi abdi negara .Janan sampai niatnya mau kaya doank apalgi korupsi hehe

      Hapus
  6. Mengabdi hampir 6 tahun di pemerintahan bikin aku : ENGGAK MAU JADI PNS. Hehehe
    Walaupun udah didesak puluhan kali buat daftar, tapi nggak deh. Mo jadi emak2 pake daster yang kerjaan masak sama bikin kue. Hhohohoho

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha kalau ini passionnya emang masak,bikin kue ama jalan-jalan saja..hihi

      Hapus
  7. Karena orang tua dan mertua PNS dan cuami sekarang CPNS jadi tahu beberapa hal enaknya jadi PNS, cuma ya gitu sekarang banyak banget orang yang menggeneralisir PNS dengan pekerjaan yang negatif dan mending kerja lain aja. Padahal kan beda-beda yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak kok, skrg banyak yang memandang PNS sebagai pekerjaan yang baik dan penghasilan yang baik pula hehehe..walau kerja lain juga gak masalah.asal halal hehehe

      Hapus
  8. Bener Mbak jadi PNS itu gajinya sudah tetap dan ada tunjangan juga. Tapi InsyaaAllah ada juga rezeki lain di tempat lain 😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. inshaAllah dimanapun kita "berkarir" ada saja rejeki, trmasuk di rumah.alhamdulillah

      Hapus
  9. Pekerjaan menjadi pns memang menggiurkan gaji & tunjangannya, tapi sebenarnya tanggung jawabnya berat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mi. dimanapun tanggung jawab berat sebenarnya. semoga yang jadi PNS pada amanah ya

      Hapus
  10. Pns itu memang masih menjadi pekerjaan impian rata-rata orang Indonesia ya soalnya memang jelas statusnya plus dapat pensiun juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya, alhamdulillah yang bisa jadi PNS :)

      Hapus
  11. Dulu mamak sy tipikal yg mengharuskan anak PNS. Memang bener sih lebih gimana.. Hehe.. Krn suami PNS jg jd ngerti enaknya. Tp kalo aku kayaknya masih mikir mau ikut tes apa enggak. He

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah, cukup sudah suami yang jadi PNS hihi

      Hapus
  12. Kalau aku, entah kenapa dan bagaimana tidak minat sama sekali menjadi PNS. Entahlah ya kalau tiba-tiba merasa ingin nantinya tapi untuk saat ini tidak minat sama sekali. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya dirimu emang nggak cocok jadi PNS rim. .hehe

      Hapus
  13. Ngakak aku bagian enaknya jadi PNS itu bisa dipandang lbh org calon mertua wkwkw... Ad plus minusnya sih, tp aq belum minat berburu jd PNS

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ,ada plus minusnya. Yang jelas, syukuri saja, yang dijalani saat ini, walau bukan PNS hehe

      Hapus
  14. Wah, jadi PNS di kota besar tunjangannya memang banyak sekali yak. Kalo jadi PNS di daerah saya, apalagi yang cuma staff biasa, seperdelapannya pun ga nyampe, *curcol*, eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheheehe..mungkin sesuai biaya hidup per daerahnya @ira.semangatt

      Hapus
  15. hihihi ortu saya PNS sih, dan memang enaknya jadi PNS, sampai mati nggak bakal nggak punya duit sama sekali, ada gaji meski hanya sedikit, setidaknya hidup aman sampai mati mungkin ya.

    Kayak ortu saya PNS, jadi setidaknya mereka tidak bergantung di anak-anaknya :)

    Sayapun dulu berkali-kali ikut test, tapi nggak lulus, disuruh pulang test di sono nggak mau, jadinya gini deh sekarang hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah senasib kita kak rey.berkali ikut tes dan nggak lulus2 hahaha.alhamdulillah, mungkin ada rencana tuhan ynag lebih indah

      Hapus
  16. aku sih dari dulu kga kepingin jadi PNS karna banayak dri pns itu hanya kerja bermalas malasan, dan bnyak dari oknum pns yg bkerja mlayani masyakarat hanya mengandalkan uang jika kta mnta pertongn cntoh halnya sperti polisi, mnding jadi pengusaha hehehe
    tpi skrng di saat pandemik skrng ini usaha sdang berduka

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, semoga usaha yang berduka ini sementara aja ya.tetap sabar kita semua

      Hapus
  17. Kalo pinter matematika pasti bisa lulus PNS..
    kalo yang pinter teori juga bisa lulus PNS
    nah setelah jadi PNS banyak yang gak tau kerja :)
    cuma di Indonesia kalo masuk PNS tolak ukurnya matematika harus tinggi nilainya..
    kalo di negara lain tolak ukurnya skill / keahlian jadi saat bekerja tidak canggung lagi mengerjakan semua kerjaan karena emang benar punya kemampuan / skill.
    nah yang pintar teori belum tentu hebat dalam praktek..

    BalasHapus
    Balasan
    1. halooo kak, blm tau deh aku soal yang pinter matematika yang bisa lulus. cuman kan, memang ada tes pengetahuan umum ya. kalii menangnya disana ya.

      Hapus
  18. tolong dong bagi yang sudah berpengalaman atau jadi PNS. Apa sih plus minusnya? biar ada gambaran. Soalnya dari sekian koment cuma sebut "sekarang jadi tahu enaknya".....mohon dibantu jawab ya..thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu sudah disebutkan di atas apa saja keuntungan jadi pns kak.antara lain karir yang jelas, beasiswa dll kak.klo minusnya, paling harus ikut birokrasi, namanya juga di pemerintahan

      Hapus