FBB
KEB

IHB

Mengenal 7 Jenis Asuransi Mobil dan Keunggulannya

Ada banyak sekali jenis asuransi mobil yang saat ini tersedia seringkali membuat kita bingung untuk memilih mana jenis asuransi yang paling cocok dan tepat untuk dipilih. 

 

7 jenis asuransi mobil
sumber foto : liputan6

7 Jenis Asuransi Mobil dan Keunggulannya -- Pernah mengalami mobil mengalami kecelakaan tapi tak memiliki asuransi? Wah pasti sedih banget. Masalahnya biaya yang harus dikeluarkan ntuk perbaikan macam-macamnya pasti sangat besar,kan?

Memiliki kendaraan memang rasanya wajib untuk memiliki asuransi. Hal ini bertujuan untuk memberikan perlindungan maksimal terhadap berbagai insiden seperti kecelakaan, pencurian atau bencana alam.

Asuransi mobil sendiri memiliki banyak jenis. Anda bisa menentukan pilihan sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada beberapa  jenis asuransi yang bisa Anda jadikan referensi terutama bagi yang belum pernah memiliki asuransi sama sekali. 

JENIS ASURANSI MOBIL DAN KEUNGGULANNYA

Ada beberapa jenis asuransi mobil dengan berbagai keunggulannya. berikut akan diuraikan tujuh jenis diantaranya dan keunggulannya. 

Asuransi Mobil TLO

Jenis asuransi mobil yang pertama yaitu TLO atau Total Loss Only. Asuransi ini akan mengganti kerugian akibat pencurian atau kerusakan dengan nilai kurang lebih atau sama dengan 75 persen dari harga mobil pada waktu itu. Klaim baru bisa diajukan bila mobil benar-benar mengalami kerusakan total atau hilang akibat dicuri. Besaran premi dari asuransi ini tergolong rendah karena memang klaim baru bisa dilakukan hanya dalam kondisi mobil benar-benar rusak. Jumlah premi dari asuransi TLO bisa tiga kali lebih rendah dibandingkan dengan jenis all risk.

Asuransi Mobil All Risk

Untuk asuransi mobil selanjutnya yaitu asuransi all risk. Sesuai dengan namanya, jenis asuransi ini bisa digunakan untuk mengganti kerugian apapun kerusakan yang dialami kendaraan Anda. Mulai dari kerusakan ringan hingga kerusakan parah, asuransi ini bisa meng-cover masalah tersebut. Karena segala jenis kerusakan bisa ditanggung dengan asuransi ini, maka jumlah premi yang dibayarkan juga tergolong besar. Jumlah premi untuk asuransi mobil all risk ini sebagai gambaran untuk di wilayah Jakarta ada di kisaran 3,26 persen dari harga mobil.

Asuransi Mobil Gabungan

Jenis asuransi mobil selanjutnya yaitu asuransi mobil gabungan. Jenis ini merupakan asuransi dimana merupakan kombinasi antara TLO dan all risk. Biasanya ini diterapkan hanya saat kredit mobil. Skema yang digunakan yaitu di tahun pertama asuransi yang digunakan adalah asuransi all risk, sementara untuk tahun selanjutnya menggunakan asuransi TLO. Tentu saja benefit ini tetap membuat pemilik mobil merasa aman karena perlindungan yang diberikan maksimal.

Asuransi Mobil Perluasan (Rider)

Ketiga asuransi sebelumnya merupakan asuransi yang paling dasar. Anda bisa menambahkan asuransi tambahan dengan menggunakan asuransi mobil perluasan. Asuransi tambahan ini merupakan perlindungan dari insiden-insiden lain yang mungkin saja bisa terjadi. Anda bisa memilih asuransi perluasan ini menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Beberapa asuransi tersebut contohnya adalah jaminan terhadap banjir dan angin topan, gempa bumi, tsunami, kerusuhan, terorisme, tanggung jawab hukum pihak ketiga, kecelakaan diri penumpang dan tanggung jawab hukum terhadap penumpang.

Asuransi Mobil Collision Coverage

Jenis asuransi collision coverage merupakan asuransi untuk menanggung biaya pengobatan saat terjadi kecelakaan. Tentu saja ganti rugi tidak hanya diberikan untuk perbaikan mobil, namun juga perawatan selama sakit. Anda bisa menggunakan asuransi ini digabung dengan asuransi terkait dengan kerusakan mobil.

Asuransi Mobil Liability Insurance

Hampir mirip dengan collision coverage, jenis liability insurance juga menutup biaya pengobatan akibat kecelakaan. Bedanya, asuransi ini akan menanggung kerugian tersebut bagi pemegang polis asuransi mobil. Liability insurance ini umumnya juga lebih berfokus dalam menangani perawatan selama sakit.

Asuransi Mobil Personal Injury Protection

Jenis asuransi personal injury protection akan memberikan benefit pada tanggungan biaya saat pengemudi mengalami kecelakaan terhadap diri sendiri. Asuransi mobil ini juga akan memberikan biaya tambahan untuk ganti rugi terhadap insiden yang dialami pengemudi dan penumpang.

Itulah berbagai macam asuransi kendaraan mobil yang bisa Anda pilih. Salah satu penyedia asuransi terbaik untuk kendaraan yaitu Lifepal menyediakan pilihan asuransi lengkap yang bisa Anda gunakan. Kemudahan saat pendaftaran dan pembayaran premi menjadi kelebihan tersendiri untuk Anda manfaatkan.

Tentunya dengan memiliki asuransi kendaraan, kita akan merasa lebih tenang dan aman saat berkendara. Kita tidak perlu khawatir saat terjadi insiden dan mengalami kerusakan pada mobil atau biaya perawatan setelahnya.

 

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Female Blogger of Banjarmasin
Female Blogger of Banjarmasin