FBB
KEB

IHB

5 Pentingnya Pendidikan Untuk Masa Depan yang Wajib Diketahui

 

Miris, hingga saat ini masih banyak orang tua yang abai terhadap pentingnya pendidikan untuk masa depan anak. 

 

 

Alasan pentinya pendidikan
Perlunya pendidikan (dokumentasi pribadi)

Kurangnya persiapan membuat banyak anak yang tidak mendapatkan kualitas pendidikan yang baik bagi masa depannya. Padahal, dengan pendidikan, banyak perubahan yang bisa memberikan dampak positif baik itu bagi keluarga maupun bagi negara. Lalu, apa saja ya manfaat menjalani pendidikan minimal 12 tahun? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Pentingnya Pendidikan untuk Masa Depan Anak

Inilah beberapa pentingnya adanya pendidikan untuk masa depan anak: 

1. Mengurangi Angka Kemiskinan

Secara garis besar, pendidikan memegang peranan penting bagi masa depan anak bangsa. Pendidikan dinilai mampu membantu kita memperoleh pekerjaan yang layak dengan kompetensi. Sebagaimana diketahui, jenjang pendidikan seseorang sering kali masuk dalam daftar kualifikasi di hampir setiap lowongan pekerjaan yang ditawarkan perusahaan, bahkan untuk toko atau warung kecil sekalipun. Inilah mengapa pendidikan diyakini dapat membantu kita mencapai taraf kehidupan yang lebih baik.

2. Pemberdayaan Perempuan

Sejatinya, tidak ada manusia manapun yang ingin diperlakukan secara tidak adil di dunia ini, apalagi perempuan yang kerap dinilai lemah. 

Namun, tingginya pendidikan bisa membawa peradaban menuju pintu keadilan yang diimpi-impikan. Pasalnya, perempuan menjadi tahu dan paham kapan, kepada siapa, dan di mana dia harus bersuara untuk melawan ketidakadilan yang diterimanya. Tidak mengherankan jika pendidikan disebut memberikan manfaat dalam pemberdayaan perempuan.

3. Hukum dan Ketertiban

Saat seseorang mempunyai pendidikan yang baik, mereka dapat membedakan mana hal yang benar dan mana yang salah. Mana yang diperbolehkan dan mana yang dilarang untuk dilakukan. 

Fenomena seperti ini secara tidak langsung menuntun kita menjadi bagian dari golongan masyarakat yang baik. Dengan adanya pendidikan yang unggul, kita sebagai masyarakat Indonesia bisa turut berkontribusi bagi bangsa dan negara.

4. Keselamatan dan Keamanan dari Kejahatan

Dunia memang selalu keras. Cukup banyak oknum tidak beretika yang melakukan kejahatan dimanapun dan kapanpun ketika ada kesempatan. Disini, sasarannya bukan lagi terbatas pada perempuan sebagaimana disinggung sebelumnya, tapi juga pria dalam berbagai rentang usia.

Kendati demikian, untuk orang-orang yang berpendidikan, mereka tidak akan mudah terbujuk tipu busuk dari oknum-oknum tadi. Semisal, dewasa ini Anda kerap menemui SMS atau telepon dari nomor tak dikenal yang mengaku akan memberikan hadiah menggiurkan seperti uang tunai atau barang mewah.

Jika orang berpendidikan yang menerimanya, mereka akan mengusut tuntas informasi yang didapatnya itu guna memeriksa keabsahannya. Inilah yang membuat orang berpendidikan tidak mudah ditipu siapapun.

5. Komunikasi

Komunikasi menjadi hal krusial dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai makhluk sosial, komunikasi sangat diperlukan untuk menjalin hubungan baik diantara sesama manusia. Sayangnya, tidak semua orang dapat berkomunikasi dengan baik dan sopan.

Namun, berkat kesadaran orang tua akan pentingnya pendidikan, dibarengi dengan pemanfaatan asuransi pendidikan syariah dari Prudential (Prucerah), kita dapat memperhitungkan perencanaan pendidikan anak secara matang. Sehingga saat tumbuh dewasa, anak pun dapat berkomunikasi dengan lebih baik dengan orang lain.

Menyinggung soal asuransi pendidikan dari Prudential, ada beberapa manfaat unggul yang bisa diterima oleh pemegang polis. 

Salah satunya adalah manfaat penarikan tunai sekaligus, manfaat penarikan tunai berkala, tambahan manfaat akhir kepesertaan, tambahan manfaat penarikan tunai berkala, hingga manfaat meninggal dunia. Dengan ragam manfaat yang cukup kompleks, orang tua tak lagi perlu mengkhawatirkan pendidikan sang anak hingga beberapa masa mendatang.

Itulah beberapa pentingnya pendidikan untuk masa depan anak yang wajib Anda ketahui. Semakin tinggi jenjang pendidikan yang diterimanya, semakin matang pula pola pikirnya juga semakin tajam kemampuan dan bakat yang dimilikinya.

2 komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
  1. Kalau jaman saya dulu, pada berlomba-lomba masuk Sekolah Negeri, mau yang kaya, kelas menengah, atau di bawah ekonominya. Kalau sekarang rata-rata memilih Sekolah Swasta yang biayanya juga kadang enggak ramah di kantong keluarga sehingga mau gak mau pasangan suami istri harus bekerja demi pendidikan anak. Gitu enggak sih Mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget. Sekolah swasta byk yg kebangetan mahalnya. Mana lingkungan sosial/tetangga /saudara menyekolahkan anaknya ke swasta, kadang jadi ikut2an juga hahaha

      Hapus