FBB
KEB

IHB

(Pengalaman) Membuat Eco Enzyme, Alternatif Pengolahan Sampah Rumah Tangga

 

Sudah lama mendengar soal eco enzym. Khususnya dari status WA teman-teman. Tapi baru kali berkesempatan ikut membuatnya.

 
apa itu eco enzyme
bahan organik yang bisa digunakan

 

Kebetulan ada tetangga yang mengundang untuk pelatihan pembuatan eco enzyme. Berdasar rasa penasaran, akhirnya ikut berhadir di hari Minggu yang cerah walau badan terasa kurang fit. Yang mengadakan pelatihan adalah  kelompok pengajian sebuah mesjid yang cukup besar di Banjarmasin.

cara membuat eco enzyme
pelatihan eco enzyme


Hari minggu jam 9 wita acara di mulai. Selain saya, ada beberapa tetangga yang juga saya kenal ikut bergabung. Yang lainnya ,nggak kenal sih. Mungkin ibu-ibu anggota pengajian mesjid tersebut.

Pertama, kami dikenalkan apa itu eco enzyme. Pengertiannya sih sama seperti yang bisa kita temukan di google juga :

Eco-enzyme merupakan hasil dari fermentasi limbah dapur organik, gula (gula coklat, gula merah atau gula tebu), dan air dengan perbandingan 3 : 1 : 10. Pada dasarnya, eco enzyme mempercepat reaksi bio-kimia di alam untuk menghasilkan enzim yang berguna dalam pemanfaatan sampah buah atau sayuran.

Secara ringkasnya eco enzyme ini adalah cara mengolah sampah kulit-kulit buah dan sayur, ditambah bahan lain seperti air dan gula merah/coklat/tebu, hingga menghasilkan cairan yangberguna buat banyak hal.

Pembuatannya cukup sederhana. Cuma catatan dari pembicara kemarin (aduh, maaf lupa nama beliau-beliau, kebetulan ada beberapa orang) – komposisinya benar-benar harus pas, sehingga ketika pengolahan harus ditimbang lagi segala sesuatunya. Baik airnya,gula merahnya maupun komposisi sayur buahnya.

Komposisi yang tidak pas menyebabkan hasil yang tidak sempurna pastinya. Walau tetap bisa digunakan, begitu kata pembicara. Cuma bisa saja berbau busuk misalnya.

 

KEGUNAAN ECO ENZYME

Apa kegunaan eco enzyme? Dari keterangan pembicara pelatihan kemarin ada beberapa kegunaannya.

# Eco enzyme multi fungsi sebagai obat luar (bisuk, memar,bengkak,keseleo)

#Kompres dengan eco enzyme murni selama 30 menit 3x sehari (luka bakar, kudis, panu, kutu rambut,luka bakar)

#Eco enzyme sebagai obat kumur (sariawan ,gosok gigi,gusi berdarah, kumur)

#Sebagai pembersih (buat ngepel, buat kaca, pembersih area dapur, toilet dll)

#Sebagai pewangi ruangan dan penghilang bau

#Sebagai pestisida, pupuk alami, pembersih hewan peliharaan

Apakah eco enzyme bisa diminum? Sepengetahuan aku sih ngak bisa ya. Hanya bisa buat obat kumur ya .Cuma kemarin lupa nanya sama pembicara hahaa

 

eco enzim bagi lingkungan
pencampuran semua bahan sebelum didiamkan 3 bulan


 

BAHAN PEMBUAT ECO ENZYME

Apa saja yang digunakan untuk membuat eco enzyme? Bahan pembuatannya Cuma 3 macam yaitu : air, molase, buah dan sayuran dengan komposisi dengan perbandingan tertentu.

Contoh  komposisi pembuatan eco enzyme  air 3 liter maka molase/gula merahnya 300 gram dan bahan organiknya 900 gram.

 oh iya setelah semua bahan dicampur sempurna, harus diaduk terlebih dahulu dan kemudian ditutup rapat. Bulan pertama, tiap minggu nya harus diaduk, untuk memastikan tercampur dengan baik. Kemudian bulan kedua dan ketiga, tidak dibuka lagi wadah plastiknya. Harus sangat rapat.

Eco Enzyme akan PANEN SETELAH 3 BULAN

 

MANFAAT BAGI LINGKUNGAN

Apakah manfaat eco ezym bagi lingkungan? tentu saja sangat kaya manfaat ya. Yang paling jelas adalah eco enzyme sebagai alternatif pengelolaan sampah berupa kulit buah dan sayuran.

Jujur sih selama ini, di rumah pun kami sudah mengumpulkan sisa-sisa dari buah dan sayur ini buat dijadikan pupuk bagi tanaman-tanaman di rumah.khususnya buah-buahan. 

Tapi biasanya langsung ditumpuk saja dan dijadikan pupuk tanpa diolah terlebih dahulu.

Dikutip dari google :

Sebagai cairan pembersih, eco-enzyme dapat digunakan sebagai cairan pembersih ramah lingkungan. Dicampur dengan air, bisa untuk merendam sayuran dan buah buahan, bisa melepaskan pestisida dan herbisida yang ada dalam sayuran dan buah buahan , dapat juga digunakans ebagai pupuk tanaman.

 Sekian dulu share tentang ilmu yang didapat kemarin tentang eco enzyme. Semoga bermanfaat buat kita semua ya, khususnya buat diri sendiri .

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Female Blogger of Banjarmasin
Female Blogger of Banjarmasin