FBB
KEB

IHB

17 Agustus 2022

17 Agustus 20222. 77 tahun Indonesia merdeka. Mungkin buat orang yang mendekati usia segitu akan berkata : rasanya baru kemarin.

dirgahayu indonesia


Hari ini anak bungsu saya bertanya : mamah, nini  (nenek) sama kemerdekaan tuaan siapa ya? Saya sebenarnya tertawa mendengar pertanyaan ini. Walau tak tahu letak lucunya dimana hehe. Saya buru-buru menjawab : ya tuaan kemerdekaan donk. Nini sekarang 72 tahun. jadi nini lahirnya 5 tahun setelah Indonesia merdeka.

Anak saya bertanya lagi : jadi siapa yang waktu itu ada pas kemerdekaan?

Saya : ya banyak orang sih. termasuk keluarga kita juga ada.tapi banyak yang sudah meninggal 

Anak saya : oh gitu...

Percakapan diatas cuma selingan hehe. 

Seorang teman kemarin juga me-WA. 

" Rasanya kok aku merasa biasa-biasa aja ya, menyambut kemerdekaan ke-77 ini. kayak nggak ada semangat gitu. Apalagi para pejabat masih banyak yang bodohi rakyatnya," ujar dia putus asa.

Hmmm..rasanya saya pun mempunyai perasaan yang sama dengan sahabat saya ini. Apalagi dimana-mana masih banyak ketemu orang yang miskin dan jauh dibawah garis kemiskinan. Sedih rasanya.

Kesempatan sekolah mereka juga sangat terbatas. Ujung-ujungnya ya kemiskinan struktural lagi. Padahal, dalam Islam, sebaik-baiknya umat adalah yang bermanfaat bagi sesamanya.(HR.Bukhari). jadi ya kalau masih bermafaat buat diri sendiri doank kehidupan, ya itu masih tahap sangat minimal. kehidupan yang nggak menyusahkan orang lain dan mampu menghidupi diri sendiri.

Nah,rasa-rasanya ketika seseorang jadi pejabat atau orang terkenal lainnya,harusnya potensi  bermanfaat untuk sesama tentu lebih besar kan? daripada mereka yang biasa-biasa saja.Namun nyatanya, banyak pejabat yang malah menyengsarakan rakyat. Yang terbaru misalnya kasus Sambo, yang menghebohkan ejagat Indonesia raya.

tak heran, 77 tahun merdeka,kok rasanya biasa-biasa saja. hidup rasanya tak tergantung siapapun. hanya bergantung pada yang Kuasa dan juga usaha yang kita lakukan, walau Indonesia sudah 77 thn merdeka.

17 Agustus 2022

kalian ngapain aja di 17 Agustus an? kalau aku pagi-pagi udah sibuk. Bukan sibuk ikut upacara. Tapi sibuk nganter anak yang mau upacara hehe. Plus masak sarapan sederhana. Biar nggak pingsan pas upacara.

Upacaranya cuma sejam disini. jam 8-9 pagi. jadilah jam 9 pagi sudah harus dijemput lagi. Anak bungsu aku terlihat sangat gembira sih. Apalagi dapat bendera gratisan. Ada ibu-ibu yang bagiin katanya.

Dia juga katanya di kantin sempat beli paket bendera. Isinya pita merah putih dan  stiker merah putih yang bisa ditempel di pipi.
Soal stiker ini sebenarnya sudah diingatkan buat dicari orang tua di grup kelas. cuman kok mamak mager bgt ya nyari.
Apalagi kalau wajib kan, pasti pada habis di toko-toko pada habis kan.Mamak2 biasanya ya gercep banget nyari peralatan yang dibutuhkan anak-anak. Aku mah pengeculiannya hehe.

Habis dari sekolah,kemarin, langsung deh otw ke kantor banjarmasin Post. Katanya sih ada pendafatran jalan santai buat tgl 21 (hahaha ,niat bgt ya ikutan).

Ternyata karena 17 Agustus-an,panitia lomba nya libur hahaha. sia-sia deh kesana agak jauh kan dari rumah ..

Karena udah mau siang, ya sudah akhirnya balik rumah aja. Sebelumnya sempet beli telor, karena kehabisan telor di rumah.Padahal anak-anak doyan banget tahu telor. Ini campuran dua bahan doank yang dibentuk dadar gitu haha. Praktis buat segala suasana haha (mamak mager lagi).

Sempet juga beli pisang dan singkong yang kemudian disulap nini jadi kolak.wow,makyus sekali..

Siangnya? anak bungsu dah nagih-nagih mau minta anterin liat lomba2.ada berbagai lomba sih disini, salah satu yang menarik ya lomba  panjat pinang.
Cuma karena lelah dan liat lipetan setumpuk banget,nggak semangat lagi inonton lomba.

aku akhirnya memilih tidur siang. Apalagi cuaca kadang hujan kadang berhenti.jadi adem banget gitu deh.

Anak bungsu akhirnya ditemenin papahnya liat lomba sampai sorean mereka baru balik hehe..

Begitulah cerita 17 Agustus aku.bagaimana dengan kalian, ada yang menarik nggak di 17 Agustus 2022 ini?.  

4 komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
  1. Ya paling tidak upacara bendera kali ini bisa dilaksanakan secara terbuka dan bisa joget2 di upacara bendera sambil bernyanyi lagu ojo bandingke 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah bener kak, upacara 17an tahun ini beda banget ya..jauh dr kesan formal..hmmm

      Hapus
  2. ya, dalam kondisi apapun, hidup tidak bisa tergantung dengan siapapun...

    Dirgahayu RI

    BalasHapus
  3. Tujuh belasan tahun ini kayaknya lebih meriah di pedesaan. Khususnya di kampung saya. He he ...

    BalasHapus
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Female Blogger of Banjarmasin
Female Blogger of Banjarmasin