Sabtu, 28 September 2019

(PENGALAMAN) pasien anemia Dan HB rendah (2)

Apa kira-kira perasaan kalian kalau tahu Ada 9 kantong darah orang lain yang sudah masuk ke tubuh kita. Darah siapa kah itu. Apa kah bersih dari penyakit? Atau apa prilaku mereka sehari-hari ya? Mengerikan

Assalamualaikum,
Galau. Pasti itu yang saya rasa kan. Namun sekali lagi. Terkadang hidup tidak menyediakan banyak pilihan. Termasuk ketika saya ternyata sudah dimasukkan sembilan kantong darah. 4 kantong di 2017 dan 5  kantong darah di 2019.

BACA : PENGALAMAN TERKENA ANEMIA (1)

Senin, hari itu saya masih sempet mengambil nomer antrian berobat buat ibu ke rumah sakit. Rencana nya mau nemenin beliau kontrol mata jam 1 siang.




Namun hati sudah tak nyaman. Ada yang salah dengan badan saya. Pagi-pagi sempat pesen kurma online. Buat tambah tenaga yang berasa makin rapuh.


Saya inisiatif ke puskesmas. Eh bukan inisiatif si. Asli nya desakan suami atas keluhan beberapa hari terakhir. Saya pun pede naik motor.

Di puskesmas terminal Banjarmasin, dokter nya kaget karena terlihat pucat. Saya cerita mens sudah lebih 15harian si. Akhirnya disuruh cek hb. Hasilnya 7,8.

Eits tapi karena bukan pasien bpjs di puskes itu, mereka tidak memberi rujukan
Hanya disarankan segera ke dokter kandungan secepatnya. Kata dokter, paling tidak saya membutuhkan 1 kantong darah agar normal kembali.

Pulang ke rumah Saya galau. Bukan hanya memilih siapa yang nemenin ke dokter kandungan tapi bayangan dua tahun lalu membekas banget.

Dua hari di rumah hanya tidur-tiduran dan tidak berdaya. Hampir tidak mengerjakan apapun. Walau sudah minum obat penambah darah dan makanan yang mengandung zat besi terasa tak banyak membantu.

Rabu pagi saya sudah menyerah. Badan makin terasa lemah. Segera menghubungi seorang teman yang rasanya siap buat di ajak ke rumah sakit. Kami ke RS dan langsung disuruh ke poli kandungan. Agak lama juga menunggu dokter. Sampai akhirnya dokter datang.

Dokter melakukan USG dan mendiagnosa ada miom di rahim. Namun saya sudah lemah tak berdaya, makanya langsung disarankan rawat inap. Untung bisa pakai BPJS buat rawat inapnya (BPJS saya tercatat di Depok) . Oh iya, di RS ini berbeda sedikit dengan "pelayanan" di Depok. Di Depok, ketika  diputuskan akan akan menambah darah, akan di cek semua hal dari tubuh kita. Disini tidak :)


Cek HB di RS Bhayangkara 7,5 saja.sudah menurun dari terakhir saya cek di puskesmas. Diputuskan segera membeli 3 kantong darah.Tiga kantong darah sukses masuk ke tubuh. Darah kedua sempet bereaksi gatal-gatal. Oh iya per kantong darah di PMI Banjarmasin Rp 360.000 (di Depok dua tahun lalu hanya Rp 75.000 per kantong darah).

Usai 3 kantong, HB masih di bawah 10.HB tercatat 9 koma sekian.

Direkomendasikan 2 kantong darah lagi. Baiklahhhh
Seorang sepupu langsung menuju PMI malam-malam. Alhamdulillah gol darah B rhesus positif tampaknya banyak stok ya.Sorenya dicek HB lagi. Masih 10sekian alias masih pucat kata dokter yang malam ini tiba-tiba datang..

Alhamdulillah , Minggu siang 28 September siang, hasil tes darah,  HB sudah meningkat. Dokter berpesan untuk segera konsultasi lagi untuk "membahas" soal myom (hiks). Semoga nggak apa-apa ya..

Banjarmasin, 28Sept 2019, Mawar5-RS Bhayangkara 


30 komentar:

  1. Semoga cepat pulih ya, Mba Enny. InsyaAllah darah yang sudah masuk ke tubuh dari orang-orang baik dan sehat. Tapi mahal juga ya di Banjarmasin sekantong darahnya 360ribu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mbak doanya. InshaAllah darah yang masuk dari orang-orang baik dan sehat aamiin

      Hapus
  2. Semoga lekas pulih ya, Mba Enny. Kalau boleh tahu, "cek semua hal dari tubuh kita" itu meliputi apa saja, ya, Mba? Atau mungkin untuk yang berikutnya ini tidak dicek karena memang Hb-nya sudah jauh lebih rendah yang mana memerlukan tindakan transfusi segera (darurat)?

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya mbak Nir, cek semua hal itu maksudanya : rongen, tes jantung,air seni sampai periksa dalam. sebelumnya bahkan lebih darurat mbak. cuman di Jawa tampaknya pelayanan kesehatan lebih bagus mbak..

      Hapus
  3. Semoga lekas pulih kembali Mbak Enny, saya baru dengar mbak ada situasi kekurangan Hb taunya untuk ibu hamil aja. Kalau ngebayangin transfusi darah udah kemana-mana deh.

    Mbak kalau boleh tau awal mulanya memiliki Hb rendah gimana mbak? dan tipsnya jaga kesehatan bagaimana? Terimakasih mbak maaf ya mbak kalau pertanyaannya agak gimana gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. awalnya mens nggak teratur, tiba-tiba banyak mbak.setelah di USG lebih lanjut, kata dokter ada miom di rahim. doakan gak apa2 ya

      Hapus
  4. Syakallah Mbak Erna, Semoga diberikan kekuatan dan lekas membaik kondisinya ya. Baru tahu harga 1 kantong darah bisa lebih dari 100rb mbak,

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak Rohmah. di Banjarmasin harganya lumayan mahal dan berlipat-lipat dari harga Pulau Jawa :) khususnya Jabodetabek

      Hapus
  5. Ya Allah, aku juga kalo dimasukkin darah orang ke tubuhku pasti was-was karena kita kan gak tau orang itu makan apa aja yang udah donorin darah. Khusnudzan aja ya mbak.. Semoga cepat sembuh.. aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul mbak. Kita manusia bisanya berusaha saja. Makasih ya doanya

      Hapus
  6. Waah baru tau kalau butuh darah gitu ternyata dibeli ya. Dan harganya lumayan. Ku pikir dikasih dari pihak RS. Cepet sembuh buat mbaknya. Aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada keterangannya si mbak kalau darah aslinya gratis
      Yg bayar tu biaya kantong darah, perawatan selama di PMI dll. Jd itu komponen biaya percakapan kantong darah. Tks udah berkunjung

      Hapus
  7. Emang, kalo terima donor darah itu, kita juga harus siap denbgn reaksi terhadap tubuh ya mbak. Walau golongan darahnya sama, tapi kan orangnya beda. Pola makan, gaya hidup juga beda

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak. tapi mau gmn lagi. sesuai petunjuk dokter deh hehe:) minta doanya ya.tks ya

      Hapus
  8. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan ya Mba Enny
    aku kalo liat darah to mules, hehehe. AKu selalu gagal donor darah nggak memenuhi syarat hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mbak nyi, aku aslinya juga penakut akut huhuhu...aamiin smg kita selalu diberi kesehatan ya.aamiinn

      Hapus
  9. Jika diabaikan Anemia bisa menjadi berbahaya bahkan mengancam nyawa ya. Wanita memang rentan terkena anemia, sebabnya harus Jaga asupan makanan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener bgt mbak, bisa mengancam jiwa hiks. iya mbak, harus jaga asupan makanan kedepannya dengan lebih baik..thank you

      Hapus
  10. Gak kebayang yah mbak, darah orang lain masuk ke tubuh kita. Tapi demi kesehatan memang harus dijalani. Moga segera pulih ya mbak aminnn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Iya mbak irha yati, pasrah aja dan byk berdoa. Tks ya

      Hapus
  11. Wah ternyata mahal juga ya harga sekantong darah di PMI Banjarmasin. Aku kira gratis kalo lewat PMI. Syafahallah ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan harga darah katanya. Harga kantong, perawatan dll nya hehe

      Hapus
  12. Semoga lekas pulih ya mba enny..saya juga penderita hb rendah, tapi belum sampai butuh tambah darah. Antisipasinya sering konsumsi kurma aja ya mba berarti. Kayak camilan setiap hari hehe

    BalasHapus
  13. Makasih mb Maryati. Iya mbak.. Kurma bisa jadi salah satu alternatif makanan kaya zat besi

    BalasHapus
  14. Aamiin semoga sehat-sehat selalu ya. Banyak makan ati ayam dan minum suplemen zat besi ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah sudah makin membaik.makasih mbak @leyla

      Hapus
  15. mbak, semoga cepat sembuh, sehat-sehat selalu, jaga kesehatan. memang agak ngeri juga masuk darah orang ke tubuh kita, tapi itu adalah opsi yang ada jadi memang harus dilakukan demi kesembuhan diri

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih byk mas @sabda. iya mas itu opsi terbaik :) inshaallah aman2 aja.thanks ya

      Hapus
  16. Semoga eepat pulih yah mba, dan segera bisa beraktivitas seperti biasa lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah, sudah sehat lagi @bangday.makasih banyak doanya ya.sehat selalu buat bang day juga

      Hapus

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Berkomentar