FBB
KEB

IHB

Kuliah Sambil Bekerja? di Binus Online Learning Saja

 

Memilih jurusan yang tepat buat kuliah, perlu “perenungan” tersendiri. Selain memperhatikan bakat dan passion anak, juga diperlukan riset lain tentang jurusan tersebut. Misalnya, apakah jurusan tersebut mudah diterima di dunia kerja kelak.

kuliah sambil bekerja
foto : binus online learning


Tahun depan, anak sulung kami inshaAllah menginjak bangku kuliah. Pembicaraan tentang kuliah begitu banyak tahun ini. Mulai soal apakah ada kemungkinan mendapat beasiswa, kampus mana yang dipilih, sampai soal jurusan yang sesuai. Kami juga sangat mempertimbangkan kemungkinan ada jurusan kuliah sambil kerja.

Hal terakhir ini perlu kami garis bawahi karena memang si kakak berencana kelak kuliah sambil bekerja. Sebenarnya sih, pada dasarnya semua jurusan kuliah, apapun itu memungkinkan untuk mengambil kerja sambilan atau part time,kan? Cuma jurusan “sibuk sekali” semacam kedokteran mungkin agak sulit untuk sambil bekerja  karena memang butuh konsentrasi lebih.

Berbicara tentang jurusan, sampai saat inipun - beberapa bulan  lagi sudah kuliah – anak kami masih galau mau ngambil jurusan apa kelak. Anaknya galau, orang tuanya tentu nggak boleh galau.

Sejujurnya sudah dari jauh-jauh hari, bahkan ketika dia menginjak kelas X atau kelas 1 SMA , sudah sering pembicaraan soal jurusan kuliah ini.Hanya saja mungkin sambil lalu saja.

Kami bahkan sudah lama membicarkan soal kampus. Misalnya pak suami, seringkali membicarakan  prospek sekolah ikatan dinas, karena memang ada beberapa anak teman yang berkuliah di sekolah ikatan dinas. Namun tampaknya anak saya lebih menyukai universitas biasa. Yang barangkali memungkinkan dia untuk bisa sambil bekerja juga kelak.

Tentu saja, kami mendukung saja. Walau tak juga mengharuskan. Kuliah sambil bekerja lebih kepada pengalaman hidup yang kelak akan dia dapatkan. Dan tentu ketika memasuki dunia kerjapun, dia tak lagi kebingungan.

Kuliah sambil bekerja, seperti yang kita ketahui memang banyak sekali keuntungannya. Selain sebagai ajang mencari pengalaman hidup, kuliah sambil bekerja juga akan melatih anak lebih cermat khususnya membagi waktu.

Tentu yang pernah kuliah tahu persis, kuliah memiliki banyak sekali tugas khususnya di semester awal dan akhir.

Nah kuliah sambil bekerja tentu harus memiliki pondasi kuat tentang kedisiplinan dan membagi waktu agar keduanya tak terbengkalai.

Anak juga kami harapkan kelak akan mendapat relasi alias network yang kuat,bahkan jauh sebelum dia memasuki dunia kerja yang sesungguhnya usai lulus dari universitas.

Anak saya sendiri, merencanakan akan bekerja part time yang tidak memberatkan saja. Misalnya menjadi guru privat bahasa Arab. Kebetulan, si kakak menguasai bahasa Arab dengan sangat baik. Untuk bahasa Inggris walaupun lumayan, katanya dia masih belum berani kalau harus mengajari orang lain.

Semoga saja segala yang diharapkan bisa tercapai.Masih ada waktu buat berpikir, tentang jurusan apa yang dia inginkan dan berbagai kesempatan luas lain yang terbentang di masa depan. InshaAllah.

Belajar  di Binus Online Learning, Kenapa Tidak?

Sebagai orang tua – yang mungkin lebih banyak makan asam garam kehidupan – kami selalu memberi beberapa pandangan. Baik yang biasa-biasa saja maupun yang di luar kebiasaan. Untungnya anak saya open mind saja dalam segala macam diskusi selama ini.

Oh iya kami juga memberi pandangan tentang kuliah yang bisa dilakukan secara mandiri saat ini dengan metode online. Tentu sudah banyak kampus di Indonesia yang menawarkan metode ini. Salah satu yang recommended adalah  BINUS Online Learning (BOL).

Binus sendiri tentu sudah sangat dikenal di Indonesia dan mancanegara.Khususnya terkait kualiatas alumnusnya yang sangat siap bersaing di dunia kerja.

BOL sendiri adalah metode pembelajaran yang diselenggarakan dan disiapkan oleh BINUS UNIVERSITY melalui sistem perkuliahan online yang dijalankan secara mandiri oleh para mahasiswa.

Tujuannya mereka tetap berkuliah tetapi juga masih mempunyai kesempatan yang luas untuk mengembangkan dirinya dengan berbagai cara yang cocok.

Banyak Pilihan Jurusan Menarik di Binus Online Learning

Ada berbagai keuntungan yang ditawarkan BOL. Yaitu, satu, penerapan sistem modular. Dengan sistem ini, mahasiswa bisa memilih sendiri jumlah mata kuliah yang ingin diambil sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh sang mahasiswa sendiri. Nah, metode ini akan dimulai pada semester kedua.

Dua, soal biaya kuliah. Biaya kuliah disini sangat fleksibel. Sehingga setiap mahasiswa bisa mengatur sendiri besaran biaya kuliah sesuai dengan kemampuan financial mahasiswa yang dihitung berdasarkan mata kuliah  yang diambil persemester.

Tiga, tentang ujian yang akan dilakukan secara online. Selama ini banyak kampus yang mengharuskan mahasiswa datang untuk mengikuti ujian online, namun kini untuk mahasiswa baru, sejak 2019 lalu bahkan dapat menikmati ujian secara online dimanapun dalam suatu platform yang telah disediakan.

Apakah ini tidak mengurasi kualitas karena ujiannya online? Tentu tidak,kawan-kawan.

Dijamin, ujian online ini akan tetap terjaga kualitasnya dengan metode tertentu yang sudah disipakn dengan sangat detail. Tentu ini menjadi hal yang sangat efektif dan efisien bagi sang mahasiswa.

Buat yang bekerja ini juga menjadi poin tersendiri. Mereka bisa terus kuliah sampai mengikuti ujian. Di sisi lain tak perlu meninggalkan pekerjaan-pekerjaan penting.

Jangan khawatir soal jurusan kuliah. Banyak pilihannya kok. Cuma tentu kalian yang akan kuliah harus banget mempertimbangkan soal bakat,minat dan utamanya passion. Karena ini yang membuat kuliah akan berjalan lancar.

Seperti yang dijelaskan di atas, BINUS Online Learning menawarkan solusi program pembelajaran jarak jauh untuk Kuliah Karyawan yang ditujukan bagi lulusan SMA/SMK sederajat & Diploma (D3) agar bisa meraih impiannya mendapatkan gelar sarjana (S1),

Binus Online Learning juga menyiapkan berbagai jurusan yang menarik. Secara keseluruhan dibagi 2,yaitu Pendidikan  Studi S1 dan Pendidikan Studi S1 (extension).

Pendidikan  Studi S1 ada 5 jurusan yang ditawarkan yaitu akuntansi, business management, sistem informasi, tekhnik industri dan tekhnik informatika. Untuk pendidikan studi S1 ini salah satu persyaratannya, calon mahasiswa adalah lulusan SMA atau SMK.

Sedangkan untuk Pendidikan Studi S1 (extension).ada lima jurusan yang ditawarkan yaitu akuntansi, business management, sistem informasi, tekhnik industri dan tekhnik informatika. Nah untuk kelas extension ini, persyaratannya harus sudah lulus D3 terlebih dahulu untuk memperoleh gelar di S1-nya.

Ke-5 jurusan yang ditawarkan BOL tentu saja sangat menarik. Jurusan akuntansi misalnya. Di jurusan ini, kalian akan mempelajari tentang metode pencatatan serta penyusunan laporan keuangan untuk membantu pemangku kepentingan di dalam pengambilan sebuah keputusan.

Tidak heran, jurusan ini dianggap jurusan istimewa dan sulit bagi sebagian orang karena memang berkutat angka-angka dan keuangan. Namun untuk lulusannya biasanya akan sangat mudah dalam mendapatkan pekerjaan karena memang dibutuhkan semua perusahaan atau  instansi.

Demikian pula dengan jurusan lain yang ditawarkan BOL. Business management juga menarik. Mengapa? Karena di jurusan ini kalian akan belajar berbagai hal soal bisnis. Dengan berkuliah di jurusan ini, kalian memang telah dipersiapkan mengelola jalannya sebuah bisnis.

Tentu tak harus bisnis besar. Bisnis yang baru dirintis atau malah UMKM juga memerlukan keahlian bisnis yang mumpuni untuk meraih keberhasilannya.

Jurusan tekhnik juga ditawarkan BOL. Tekhnik industri dan tekhnik informatika menjadi andalan. Kedua jurusan yang kita semua tahu, sangat dibutuhkan dalam dunia kerja saat ini. Tentu saja semua pilihan tergantung pada bakat dan minat setiap orang. Semoga apapun yang menjadi jurusan pilihan, menjadi bekal kuat untuk masa depan.

Semoga bermanfaat.

 

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih