FBB
KEB

IHB

Setahun Dompet Kebaikan dan Cerita Soal Konsistensi

dompet kebaikan

Tak terasa setahun sudah dompet kebaikan, proyek yang awalnya tercetus begitu saja dan akhirnya masih terus berjalan. Harapan kedepan tentu saja tetap istiqomah.

Setahun Dompet kebaikan, sebuah proyek berbagi untuk kaum dhuafa seputaran Banjarmasin. Awalnya kami bekerja dengan cara yang umum (sampai sekarang sebenarnya juga masih umum).

Mengumpulkan donasi dari kawan-kawan setiap bulannya. Hingga  saat ini donatur tetap dan tidak tetap hanya berjumlah 20 orang. Agak susah menambah donatur ini. Saya pribadi melihat beberapa kemungkinan, mengapa demikian. :

Programnya kurang menarik

Kami “bekerja” seputaran Banjarmasin, bisa jadi bagi beberapa orang lingkupnya terlalu kecil dan tak menarik. Belum lagi programnya hanya bulanan setelah itu sepi. Bisa jadi ini tak menarik bagi sebagian orang.

Kurang promosi

Walaupun ini program kebaikan, tentu perlu juga kan promosi biar dikenal banyak orang. Medsos seperti IG, Dompet Kebaikan juga masih memiliki sedikit follower. Mungkin kedepannya bisa dikembangkan lagi.

Kami para admin – 4 orang -- juga kurang optimal untuk mengajak orang lain bergabung bahkan terkesan masih sangat malu-malu.

Kepercayaan Kurang

Walaupun banyak donatur yang kami kenal secara pribadi, tapi kami juga tak tahu persis apakah mereka menaruh kepercayaan penuh atau tidak. Semoga sih tetap percaya ya. Karena pada dasarnya, sejujurnya, para admin hanya jadi penghubung kebaikan saja. Dan tak mengambil sedikitpun keuntungan dari program ini J

Jenis Donasi Yang Belum Standar

Sejujurnya, kami masih ganti-ganti jenis donasi. Awalnya kami memberikan beras 5 liter dan telor 1 kg kepada beberapa dhuafa. Maksimal 15 orang, paling banyak. Namun ini hanya bertahan sekitar 6 bulan saja.

Mengapa? Karena telur ternyata sangat mudah pecah ketika dibawa. Apalagi buat kami yang melakukan pengantaran lewat motor saja.

Dan yang lebih parah, kami pernah menemukan telor yang busuk. Untung segera disadari oleh salah satu admin.

Kmai sempat mengganti dengan tetap memberikan beras+ inomie 5 bungkus plus 2 kaleng sarden. Tapi kemudian memutuskan untuk menggantinya lagi dengan beras 5 liter, mie burung dara 2 bungkus plus sarden 2 kaleng.

Kami masih belum tahu sih kedepannya apa lagi. Tapi yang jelas program sembako akan terus berlanjut, selama kami mampu J

Terus Memberi Manfaat dan Konsistensi

Memberi banyak manfaat, benar-benar menjadi niat yang semoga bisa sampai kedepannya. Namun tantangannya bukan SOAL MUDAH. Salah satu yang menjadi tantangan adalah soal konsistensi.

Konsistensi untuk terus berbagi

Konsistensi untuk tetap berusaha menjadi orang baik.

Bukan hanya buat admin  tetap kosisten  tapi juga buat donatur yang semoga juga tak lelah untuk terus berkontribusi J

Apalagi ditengah banyaknya cita-cita yang mungkin sempat terbesit. Ada cita-cita untuk membuat rumah tahfiz, ada cita-cita untuk membuat sekolah, ada cita-cita untuk pendidikan buat anak-anak tak mampu. Semoga suatu hari nanti Dompet Kebaikan  bisa berkontribusi lebih.Aamiin J

1 komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Female Blogger of Banjarmasin
Female Blogger of Banjarmasin