FBB
KEB

IHB

5 Cara Agar Anak Bermain Game Online Secara Sehat


anak bermain game online
sumber foto : hallodoc

 Anak bermain game online ataupun offline tak selalu buruk. Ada berbagai keuntungan yang akan diperoleh . Namun tetap perlu pengawasan orang tua.

Di suatu kampung di sebuah kabupaten di Kalimantan Selatan, Indonesia, tampak anak-anak bergerombol dengan gadget masing-masing. Rupa-rupanya mereka sedang bermain game online (online games). Mengapa bergerombol di suatu tempat? Ternyata karena disana ada wifi gratis nya hehe.

Pemandangan anak-anak bermain game online memang bukan pemandangan baru. Bukan hanya di kota besar, anak-anak yang hobi bermain game bahkan sudah sampai ke kampung-kampung dan pelosok negeri.

Tak usah jauh-jauh, anak-anak saya di rumahpun hobi bermain game online. Apalagi ketika libur, hari-hari banyak mereka habiskan dengan bermain game.Baik game online ataupun game online bersama teman-teman, baik teman sekolah yang sudah dikenal atau bahkan teman-teman baru.

Jujur sih, sebagai orang tua, saya cukup khawatir dengan kegiatan mereka ini. Apalagi bila sudah dilakukan berlebihan, khususnya di waktu libur. Namun membatasi mereka terlalu ketat, juga bukan pilihan yang tepat. Akhirnya memang ada beberapa kompromi yang kami sepakati bersama.

Walau saya juga mengetahui persis, bermain game akan melatih fokus anak. Untuk bermain, harus bisa berkonsentrasi saat memainkannya dan tak boleh tak fokus selama permainan berlangsung, karena memang permainan online membutuhkan fokus,  kesabaran, dan tentu konsentrasi tinggi.

Oh iya, adakah yang sempat terpikir, kenapa anak-anak sangat suka sekali bermain game?

Bila saya perhatikan, mereka rata-rata memang tak ada kegiatan lain yang bisa dilakukan alias bermain game di gadget karena memang untuk mengatasi rasa bosan akibat tak ada kegiatan tersebut.

Alasan yang kedua mereka menyenangi permainan game ini ya karena memang terasa menyenangkan buat mereka. Bahkan mungkin menghilangkan rasa stress bagi mereka.

Memang tak jarang, orang tua membebani mereka dengan aneka kegiatan di luar waktu sekolah. Seperti berbagai les tambahan, aktivitas yang menurut orang tua menarik dan bermanfaat, dan banyak lagi.tanpa disadari ini membuat anak-anak stress juga.

Alasan lainnya tentu soal tantangan.Game memberi tantangan baru yang menarik bagi anak-anak.Ada kepuasan tersendiri bila mampu menyelesaikan berbagai tantangan tersebut. Bahkan mungkin ada rasa penasaran bila tak juga bisa dipecahkan berbagai tantangan dalam game yang mereka mainkan.

Bermain Game dengan Sehat

Namun demikian, anak-anak tak boleh dibiarkan bermain game terus-terusan apalagi sampai kecanduan. Mereka harus memahami bagaimana bermain game dengan sehat dan memiliki manfaat buat mereka.

 Ada beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua

#Komunikasi dengan anak

Tetap perlu adanya komunikasi yang baik antara orang tua dan anak.Artinya orang tua jangan sekedar melarang saja anak bermain tapi tak ada solusi kegiatan lain. Komunikasi yang tepat merupakan hal baik agar anak tetap bermain game dengan sehat.

#Jadwal khusus

Ada orang tua yang memberlakukan jam khusus untuk anaknya bermain game.Misalnya ketika weekend atau libur sekolah.Kembali lagi,ini bisa dikomunikasikan.

#Kegiatan alternatif

Orang tua harus memiliki kegiatan alternatif sehingga anak tidak semata-mata hanya memiliki kegiatan bermain game saja tetapi ada kegiatan lainnya.

# Ada kesepakatan konsekuensi

Orang tua harus menetapkan konsekuensi yang tegas bila anak melanggar aturan yang telah ditetapkan.Misalnya tidak membolehkan mereka bermain game untuk sementara waktu.

# Memilihkan game terbaik buat anak

Orang tua juga dituntut untuk menemani anak-anak bermain, termasuk bermain game. Peran lain orang tua adalah memilihkan game yang cocok buat anak dan sesuai dengan usianya.

Bila beberapa hal ini dipenuhi, niscaya anak akan bermain game online secara sehat dan orang tua tak perlu terlalu khawatir lagi.

Pilihan Banyak di Money Games

Selain menyenangkan, tentu kita mengharapkan game yang bermanfaat bagi anak-anak. Melalui website  https://www.mortgagecalculator.org/money-games/ kita bisa mencarikan anak-anak game yang terbaik dan mendidik buat mereka.

Website ini menawarkan lusinan permainan video daring yang menyenangkan, gratis, dan bebas iklan untuk anak-anak dalam berbagai kategori.

Antara lain real estate games, money games, farming simulation games, grocery store games, restaurant simulation games dan masih banyak lagi kategori yang ditawarkan.

Salah satu yang menarik buat dimainkan anak-anak adalah restaurant simulation games. Disini anak-anak bisa menjalankan kedai kopi, kios burger, atau belajar membuat pizza.

Permainan Kedai Kopi (Coffee Shop)


money games
dokumentasi pribadi



Permainan kedai kopi merupakan game simulasi satu bulan di mana pemain menyesuaikan pengaturan game untuk mendapatkan penghasilan sebanyak mungkin dari menjalankan kedai kopi. Permainannya sendiri sangat mudah,siapapun bisa mulai mencoba bermain. 

Anak-anak bisa belajar banyak melalui game ini. Mereka dapat belajar berbagai hal seperti pengelolaan  inventaris mereka, menganggarkan arus kas dan keuangan, menentukan harga yang pas kemudian juga belajar menyesuaikan formula kopi dan yang terpenting belajar juga perencanaan untuk memaksimalkan pendapatan harian.

Bahkan cuaca bisa menjadi pertimbangan. permintaan kopi naik atau turunnya, menyesuaikan cuaca.

Rangkaian permainan (dokumentasi pribadi)


manfaat game online buat anak
dokumentasi pribadi

Secara spesifik, ada beberapa hal yang bisa dipelajari anak-anak :

Inventaris: Proses pembelian bahan dalam jumlah besar untuk menghemat, tetapi beberapa bahan bisa jadi rusak. Pemain harus mampu mengatur level kopi, susu, gula dan lainnya.

Strategi: Pemain game akan belajar formula kopi untuk mengelola penggunaan bahan dan biaya campuran per cangkir.

Harga: Belajar untuk memaksimalkan keuntungan dengan menyesuaikan harga, kemudian meningkatkan volume penjualan atau menjual bahan-bahan yang mungkin rusak di bawah biaya untuk menjualnya sebelum rusak.

Memprediksi Permintaan: Belajar memprediksi permintaan dengan melihat berbagai faktor seperti cuaca.

Umpan Balik Konsumen: Anak-anak belajar membaca peduli konsumen dalam game ini.

Detail permainannya akan ditunjukkan oleh image ya. Ayo yang mau ikutan bermain coffee shop, bisa ke sini ya .Dijamin ketagihan loh tanpa khawatir anak-anak bermain game yang berbahaya lagi.

Semoga bermanfaat.

2 komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
  1. Terima kasih tips-nya, Mbak.
    Walaupun saya sudah tidak punya anak kecil lagi, minimal catatan dari Mbak ini bisa menjadi bahan sharing dengan tetangga yang mempunyai anak kecil.
    Atau jadi bahan sharing juga dengan anak saya yang baru mempunyai anak.

    Salam perkenalan dan salam persahabatan dari saya di Sukabumi,

    BalasHapus
  2. Ikut menyimak ya, Mbak. Saya belum mengerti masalah game. Maklum nenek 2 gaptek. Ha ha .....

    BalasHapus