FBB
KEB

IHB

Tips Tetap Bahagia Walau Jadi Ibu Rumah Tangga

Buat yang “berkarir” di rumah sebagai ibu rumah tangga, jangan berkecil hati. Jadi ibu rumah tangga bukan akhir segalanya. Asal bisa memanfaatkan berbagai kesempatan belajar.


ibu rumah tangga
Ilustrasi pekerjaan ibu RT (foto : Qoala Plus)


Hidup terkadang rumit. Atau malah kita yang menganggapnya rumit. Misalkan ketika kalian harus berhubungan dengan kapasitor mesin cuci. Padahal jika tahu ilmunya ada cara cek kapasitor mesin cuci yang bisa dipelajari.

Bukan hanya persoalan mesin cuci, persoalan rumah tangga kadang begitu kompleks. Dan tau kah siapa yang paling memikirkan? Ya tentu saja seorang ibu yang berada di rumah. Dialah ibu rumah tangga.

Ngobrolin tentang ibu rumah tangga akan ada beberapa hal. Yang pertama, ada yang ingin jadi ibu rumah tangga dengan kerelaan sendiri. Artinya dari awal menikah memang sudah menjadi ibu rumah tangga atau memang suaminya tak memperbolehkan bekerja.

Kemudian ada yang menjadi ibu rumah tangga karena suatu alasan. Jadi awalnya bekerja terlebih dahulu di luar rumah kemudian memutuskan menjadi ibu rumah tangga. Biasanya alasannya tak jauh-jauh dari urusan anak atau memang ingin lebih dekat dengan anak-anaknya.

Alasan lain, ya karena penghasilan suami sudah lebih dari cukup, akhirnya memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga saja.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar tetap bahagia meskipun menjadi ibu rumah tangga

Jangan Menjadi Si Serba Bisa

Jangan menjadi si serba bisa. Apa saja akhirnya dikerjakan sendiri, Mulai mengurus anak hingga memborong semua pekerjaan rumah tangga. Ada beberapa orang yang memang bisa.Namun ada pula yang sebenarnya terbatas, apalagi ketika anak-anak masih balita dan butuh perhatian orang tua.

Tak apa-apa untuk mengalihkan beberapa pekerjaan yang tidak terlalu inti ke pihak lain. Misalnya loundry pakaian, mencari bantuan dalam mengurus rumah dan lainnya.

Miliki Me Time

Meskipun ibu rumah tangga ,jangan lupa untuk mengambil sedikit waktu untuk me time. Anak sementara bisa dititipkan ke orang tua, suami atau malah ke penitipan anak atau pihak lain yang dipercaya. Ibu bisa melakukan hal-hal menyenangkan, misalnya sekedar cuci mata di mall, ke salon buat perawatan atau malah ke perpustakaan. Pokoknya apa saja yang menyenangkan.

Ikuti Komunitas Hobi

Ada baiknya ikut dalam komunitas. Baik komunitas yang berhubungan dengan perkembangan anak hingga komunitas hobi. Hobi apapun hampir semua ada komunitasnya.Tinggal pintar-pintar mencari informasinya. Mengikuti komunitas sangat bermanfaat untuk menyeimbangkan kehidupan khususnya bagi ibu rumah tangga yang selama ini identik dengan segala pekerjaan rumahan. Tentu saja komunitas yang dirasa bermanfaat.

Coba Terus Mengembangkan Diri

Mengembangkan diri bagi semua orang sebenarnya wajib hukumnya. Apalagi hidup sebenarnya terus mengalami perubahan dan perkembangan. Tak ada salahnya ikut lagi kegiatan belajar/kursus secara online atau malah lanjut pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Semua tentu akan ada manfaatnya.

Mendidik Anak Bukan Perlombaan

Ingat lagi tiap anak punya ke khas an masing-masing. Tak perlu iri dengan perkembangan anak orang lain atau terlalu percaya dengan komentar orang lain.Terus saja belajar dan mengasah kemampuan, termasuk kemampuan dalam mendidik anak dan mengelola rumah tangga.

Terus menebar manfaat

Meskipun hanya di rumah saja, bukan berarti seorang ibu rumah tangga harus berhenti menebar manfaat buat sekitarnya. Bila selama ini hanya menebar manfaat untuk keluarga kecil, bila anak-anak sudah mulai beranjak besar tak ada salahnya menebar manfaat sesuai skill dan kemampuan masing-masing. Apalagi buat mereka yang sudah mengenyam pendidikan tinggi. Tentu sayang bila di sia-siakan.

Demikian beberapa hal yang bisa dilakukan agar bisa menjadi ibu rumah tangga yang berbahagia lahir dan batin.

Semoga bermanfaat.

1 komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
  1. Tips yang bagus dan inspirstif. Terima kasih telah berbagi informasi, Mbak Enny.

    BalasHapus