FBB
KEB

IHB

Investasi Obligasi, Cara Cerdas Lawan Inflasi !

investasi kemana
foto : telkomsel


Return Obligasi lebih tinggi dibandingkan deposito. Investasi obligasi bisa jadi pilihan.

2024 memang baru memasuki bulan ketiga. Namun rasa-rasanya, sudah banyak yang terasa berat, ibu-ibu pasti ngerasain banget nih! Yang paling terasa banget adalah kenaikan harga-harga kebutuhan pokok.

Sebenarnya kenaikan berbagai kebutuhan pokok sudah terjadi di awal tahun. Bahkan di kotaku, kenaikan beras, aku perhatikan sudah terjadi sejak tahun lalu malah. Kalau dulu masih menemukan harga beras dengan kisaran 10K-12K per liternya, sudah sejak lama di rumah, mengkonsumsi beras dengan harga 15K-16K per liter.

Nah, ketika kenaikan harga beras terjadi secara nasional, sebenarnya tak terlalu kaget lagi. Cuma, ya seperti yang kita ketahui bersama, kenaikan harga kebutuhan pokok seperti beras, akan mempengaruhi juga harga kebutuhan pokok lain.

Sebut saja telur, minyak goreng hingga cabe dan sayuranpun ikut-ikutan naik juga.  Dulu sepuluh tahun yang lalu, ke pasar dengan uang RP100ribu sudah bisa dapat banyak barang. Sekarang? paling cuma bisa beli beras 6 liter kurang lebih.

Hal ini karena inflasi! Nilai uang yang terus menurun karena berbagai faktor, dan harga barang atau jasa terus meningkat.

Kalau sudah seperti ini, bagaimana mengatur keuangan yang terbaik? Apa yang dapat dilakukan untuk menjaga nilai uang? Bagaimana caranya agar tetap bisa menabung dan berinvestasi? Hmmm, agak membingungkan. Namun demikian, tampaknya hal tersebut tetap harus “dipaksa” buat dilakukan. Ya tentunya demi masa depan kehidupan yang lebih baik lagi.

INVESTASI OBLIGASI JAGOAN MELAWAN INFLASI

Investasi adalah salah satu cara untuk melawan inflasi. Agar nilai uang kita tidak tergerus inflasi, tentu perlu memilih investasi dengan imbal hasil yang lebih tinggi dibanding angka inflasi per tahunnya.

Salah satu investasi yang bisa dipilih adalah obligasi. Kenapa? Sebab kupon obligasi lebih tinggi dibanding inflasi, sehingga bisa jadi instrumen investasi jagoan untuk melawan inflasi. Kupon obligasi ini akan dibagikan kepada pemagang obligasi sesuai waktu yang sudah ditetapkan. Biasanya per 6 bulan, tergantung jenis obligasi yang kamu pilih.

Kamu bisa memilih obligasi FR (fixed rate) sebagai instrumen investasi jagoan kamu dalam melawan inflasi. Misalnya SBN FR0040 dengan kupon pasti 11% per tahun. Angka kupon atau imbal hasil yang diberikan FR0040 ini lebih tinggi loh dibanding inflasi pada Desember 2023 sebesar 2.61% secara tahunan.

investasi obligasi
obligasi yang bisa dipilih


Jadi kamu bisa mendapatkan pendapatan tetap dari kupon pasti yang dibagikan per 6 bulan atau per tahun. Kamu bisa mendapatkan passive income tetap meskipun kondisi ekonomi sedang volatile.

Kemudian,mungkin ini sudah banyak yang tahu juga, bahwa return obligasi juga lebih tinggi dibanding deposito bank. Dan, tax atas kupon obligasi itu hanya 10%, sedangkan pajak bunga deposito sebesar 20%.

Selain itu, alasan kenapa harus pindahkan investasi kamu ke obligasi adalah adanya kemungkinan penurunan suku bunga di tahun 2024. Dengan adanya penurunan suku bunga di tahun 2024 ini sehingga saat suku bunga acuan turun, maka harga obligasi dipastikan akan naik. Sementara investasi di deposito, bunganya pasti akan ikut turun seiring penurunan suku bunga acuan.

Itulah kenapa tahun 2024 ini jadi momentum untuk mulai berinvestasi obligasi. Mulai berinvestasi di obligasinya dari sekarang, jangan nunggu suku bunga turun dulu ya! Jadi nanti pas harga obligasi sudah naik, kamu bisa menjualnya untuk mendapatkan profit dari capital gain.

Obligasi FR ini cocok banget buat kamu yang suka deg-degan tiba-tiba kondisi ekonomi memburuk. Selain tentu bisa dimanfaatkan oleh seluruh tipe investor, baik itu investor jangka panjang dan menengah ataupun investor jangka pendek atau bahkan trader.  Dengan investasi di obligasi FR tentunya kita juga berkontribusi langsung kepada negara. Kapan lagi bantu negara?!

Ajaib Pilihan #1 Investor Indonesia

Salah satu tempat beli obligasi FR yang direkomendasikan adalah aplikasi Ajaib.

Di Ajaib kamu tentu bisa banget diversifikasi portofolio dengan lengkap dan komprehensif. Bisa investasi/trading di saham, investasi di reksadana, dan sekarang bisa diversifikasi portofolio ke bond/obligasi juga!

Kenapa harus di Ajaib Bond ? Ada dua alasannya. Pertama, dengan investasi di Ajaib Bond, kamu bisa mendapatkan Obligasi FR0040 dengan Kupon 11% per tahun. Keuntungan kedua, bisa jual beli Bond kapan saja tanpa hari libur, proses mudah & praktis karena 100% online!

Di aplikasi Ajaib ini juga ada perhitungan yang bisa ngebantu banget buat menentukan kira-kira obligasi mana yang cocok dengan profil atau kebutuhan kita.

1. Performa: Grafik performa disini menggambarkan performa obligasi yang dihitung berdasarkan pergerakan harga dan akumulasi kupon obligasi yang dihitung setiap hari. Jika kamu seorang trader atau investor jangka pendek, bisa memanfaatkan grafik ini untuk melihat obligasi dengan performa yang baik dan yang lebih fluktuatif.

2.Coupon: kupon pada dasarnya adalah pembayaran bunga tahunan yang diberikan oleh penerbit obligasi kepada pemegang obligasi. Kupon di obligasi itu lebih tinggi daripada bunga deposito bank pada umumnya. Ini bisa jadi acuan untuk Investor jangka menengah.

3. Yield to Maturity: Yield to Maturity (YTM) adalah tingkat pengembalian yang diharapkan oleh investor jika obligasi tersebut dipegang sampai jatuh tempo. Ini mencakup pembayaran kupon tahunan, potensi kenaikan atau penurunan nilai obligasi selama waktu, dan pembayaran kembali nilai nominal pada saat jatuh tempo. YTM memberikan gambaran lengkap tentang potensi keuntungan atau kerugian yang dapat diperoleh oleh pemegang obligasi. Perlu diperhatikan oleh investor yang berencana memegang obligasi hingga jatuh tempo.

Lengkap banget kan informasi di dalamnya? Yuk, mulai aja dulu investasi obligasi sekarang! Kalau bukan sekarang, kapan lagi? Buat pemula yang berdalih masih belum terlalu ngerti, tenang, ada Ajaib yang akan membantu perjalanan investasi kamu!

Jangan tunggu nanti, mulai sekarang! Download aplikasi Ajaib dan lakukan registrasi. Jangan lupa pakai kode Ajaib saya enny9jgr untuk mendapatkan hadiah gratis 1 lot saham. 

Semoga bermanfaat.

 

  

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Female Blogger of Banjarmasin
Female Blogger of Banjarmasin