FBB
KEB

IHB

Bukan dengan Materi, Ini Cara Agar Ayah Jadi Idola Anak-Anaknya

 

cara agar ayah jadi idola
Ayah dan anak perempuan


Kali ini kita tak berbicara soal ibu, tapi soal ayah

Suatu hari di bulan April 2024, anak perempuan kami yang tahun ini tidak berlebaran di kampung halaman, menelpon ayahnya. Melaporkan handphonenya yang sepertinya sudah harus diganti segera.

Sebenarnya keluhan ini bukan yang pertama kali.Sebelumnya juga ada keluhan seperti memory handphone penuh atau beberapa aplikasi tidak bisa lagi diinstal. Namun beberapa keluhan ini masih bisa diatasi.

Rupa-rupanya, kali ini dia tak bisa lagi menahan diri untuk minta pergantian.

Buat kami – orang tuanya --  sebenarnya ini bukan waktu yang tepat. Selain baru usia lebaran dimana pengeluaran lebaran bisa dikatakan membengkak, adikknya juga dalam masa penyembuhan, usai 18 hari di rumah sakit dan saat itu, butuh uang yang tidak sedikit juga.

Terjadi dialog panjang antara ayah dan anak perempuan ini. Apalagi HP yang mereka pilih berbeda. Si anak pengennya HP A ,sementara ayahnya ingin membelikan HP jenis B saja. Intinya terjadi dialog panjang bahkan menuju perdebatan tidak berujung.

Setelah dua hari barulah timbul kesepakatan. Anak perempuan kami akhirnya menyadari, HP yang dia inginkan terlalu mahal buat kantong ayahnya. Sementara ayahnya juga menyadari, anaknya buat spesifikasi handphone tertentu untuk keperluan kuliah yang memang mengharuskan banyak pembuatan konten-konten video.

Kesepakatan ini berujung manis. Handphone baru saat ini sudah sampai di tangan anak perempuan kami.

AYAH CINTA PERTAMA ANAK PEREMPUAN

Walau seringkali berdebat panjang dengan anak perempuan kami, yang memang agak sedikit keras kepala, alhamdulillah segalanya kembali baik-baik saja.

Berkali, saya ulangi kata-kata ini ke suami : ayah itu cinta pertama anak perempuan. Seorang ayah tak boleh gagal menjadi cinta pertama anaknya. Karena kalau gagal bisa saja cinta pertama anak perempuan beralih ke laki-laki lain.Yang belum tentu menyayaninya dengan tulus.

Demikian pula dengan anak perempuan saya. Berkali saya katakan juga: semarah-marahnya seorang ayah, ayahlah ternyata paling menyayangi dia dengan tulus. Dan menyediakan berbagai kebutuhan dia dengan segenap kemampuan, tanpa pernah meminta balasan apapun dari anak-anaknya.

Semoga sih ini menjadi catatan penting bagi hubungan ayah-anak perempuan, yang kadang-kadang mengedepankan egonya masing-masing.

Dan ibunya ini? Aslinya hanyalah mediator saja. Penjembatan, agar hubungan sesama anggota keluarga selalu baik-baik saja.

Ini beberapa hal yang bisa dilakukan agar ayah tetap menjadi idola anak-anak :

Luangkan waktu buat anak

Banyak ayah yang sangat sibuk bekerja dan menyerahkan urusan anak kepada ibunya saja. Nah, bila ingin jadi idola anak, beri waktu terbaik buat anak,bukan waktu sisa. Ringkasnya, pekerjaan bisa berganti kapanpun tetapi hubungan ayah-anak akan ada selamanya

Berbicara dari hati ke hati-hati

Tidak mudah berbicara dari hati ke hati.Khususnya bagi para ayah yang dibesarkan dalam keluarga yang dulunya keras dan pola pendidikan/pengasuhan masa lalu. Namun untuk saat ini, bukan zamannya lagi ayah berlaku keras ke anak. Dekati anak-anak dengan kerangka hubungan dari hati ke hati. Karena dengan demikian, anak mudah memasukkan hal-hal baik ke anak.

Hindari emosi atau marah

Ini juga akan menjadi kenangan bagi anak seumur hidupnya bila orang tua sangat gampang meluapkan emosinya.

Berperilaku baik dan jadi panutan

Berprilaku baik dan jadi panutan, kata-kata yang mudah diucapkan dan dituliskan. Namun nyatanya tak semudah itu dilakukan. Menjadi panutan, artinya menjadi yang terbaik di mata anak-anak.Walau tak selalu sempurna. Sudah siapkah kita?

BERMAIN GAME BERSAMA DI CULINARY SCHOOLS


culinary school game online
Bermain game bersama bisa menjadi salah satu jalan untuk menjaga kebersamaan orang tua dan anak.Khususnya ayah.

Salah satu website yang menawarkan koleksi ratusan permainan online yang berbeda adalah https://www.culinaryschools.org/ 

lebih spesifik lagi melalui https://www.culinaryschools.org/kids-games/

Di website ini tersedia banyak permainan dengan berbagai kategori bahkan bisa dikatakan untuk segala jenis usia.

Untuk permainan mendasar tapi tetap menyenangkan,bisa dimainkan oleh anak-anak. Kemudian beberapa permainan lainnya memiliki lebih banyak tantangan dan juga menyenangkan bisa dimainkan oleh orang dewasa.

Misalnya, ada beberapa permainan semangka yang baru-baru ini menjadi populer di web & tentu masih banyak lagi. Nantinya akan saya uraikan lebih jelas, salah satu diantara permainan tersebut.

Untuk anak-anak, koleksi ratusan permainan online gratis membantu membiasakan anak-anak dengan makanan, pertanian, memasak, seni kuliner, bisnis restoran, dan karier yang berhubungan dengan perhotelan.

Semua game diterbitkan menggunakan desain web HTML5 yang ramah seluler dan desktop. Tautan ke setiap game terbuka di tab baru yang berfokus pada game tersebut. Selama bertahun-tahun semua permainan bebas iklan, meskipun situs telah menjadi sangat populer.

Situs ini didirikan pada tahun 2007 & pada 2024 mulai menyertakan iklan di beberapa permainan untuk membantu mengimbangi tagihan hosting yang besar.

KATEGORI PERMAINAN

Koleksi permainan yang di tawarkan untuk membantu siswa bersenang-senang sambil belajar dalam lingkungan interaktif: Ada empat kategori yang ditawarkan oleh game culinary school yaitu

-Food Education Games - Anak akan mempelajari soal makanan sehat vs makanan tidak sehat.

-Serving Eaters – Anak akan belajar membuat sandwiches atau berperan sebagai pelayannya.

-Other Fun Food- themed Games – seperti permainan ular,musik,semangka dan banyak tema game lainnya.

-Brain Games – puzzles menggunakan logika, memory games (mengasah ingatan atau memori) , Mahjong, Solitaire & beberapa game berbasis kartu.

WATERMELON GAMES

game watermelon
Dokumentasi pribadi

Tidak ada salahnya mencoba salah satu permainan menarik ini. Penulis mencoba salah satu game yaitu watermelon games bisa dicoba di https://www.culinaryschools.org/kids-games/watermelon-game/

Watermelon games merupakan game penggabungan berbasis buah di mana kamu menjatuhkan buah ke dalam bidang permainan.

manfaat game watermelon
dokumentasi pribadi


Ketika buah-buahan yang identik bersentuhan, mereka menyatu menjadi buah yang lebih besar dan lebih berharga. Gabungkan 11 buah berturut-turut untuk membuat semangka.

memainkan game watermelon
dokumentasi pribadi


Tertarik sama game ini juga? Silakan coba ya.

Semoga bermanfaat.

 

2 komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
  1. Gane-gane tang menarik. Saya paling gampang addict sama game, sampai lupa segalanya,...
    Senang ya ngelihat mesranya hubungan orang tua dan anak,,,, ayah dan anak perempuannya,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ka, semoga hubungannya tetap baik2 saja, sampai tua nantinya.aamiin.wah iya,game memnag nagih,kalau sudah memainkan susah dihentikannya hehe...sama aja kita2

      Hapus
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Female Blogger of Banjarmasin
Female Blogger of Banjarmasin