FBB
KEB

IHB

(Review) Rawon Pak Pangat Wonokromo Surabaya

rawon pak pangat
rawon pak pangat dari depan (dok : pribadi)

Kali ini aku mau review pengalaman nyobain Rawon Pak  Pangat Wonokromo Surabaya. Simak sampai habis ya


Banyak makanan khas di Surabaya. Sebut saja rawon, pecel , soto lamongan , lontong balap, tahu tek tek Surabaya, nasi jagung, nasi sambelan dan penyetan , nasi bebek dan entahlah, apalagi.

Yang jelas, menurutku, semuanya enak dan cocok-cocok aja di lidahku yang memang rasa nasionalnya tinggi banget hehe.

Tapi kali ini aku hanya akan mereview salah satu resto yang aku coba di Surabaya : Rawon Pak Pangat Wonokromo Surabaya.

***

Sabtu malam (11/5/2024) sebenarnya agak galau. Merencanakan Minggu mau jalan-jalan kemana di Surabaya. Maklumlah, hanya ada 3 hari lagi di Surabaya yang bisa digunakan buat jalan-jalan dan eksplor banyak hal.

Akhirnya aku memutuskan buat menjelajahi Surabaya di Minggu itu buat jalan-jalan ke seputaran alun-alun Surabaya. tapi nanti ini akan di tulis di artikel lainnya.

Nah sebelum ke alun-alun, baiknya memang sarapan dulu. Sebenarnya walnya pengen beli nasi jagusng istimewa , kos-nya anak sulung. tapi akhirnya setelah dipikir-pikir mending langsung makan di Rawon Pak Pangat aja dulu sebelum lanjut alun-alun.

Singkatnya, naik gojeklah dari kos kakak di Ketintang 1 menuju Rawon pak Pangat. BIaya gojeknya 10 ribu saja, deket sih aslinya. Cuma buat yang nggak tau jalan ini, tetap aja lah harus pakai gojek.

REVIEW RAWON PAK PANGAT

Rawon seperti yang sudah kita ketahui, sebenarnya bisa dikatakan sup daging dengan kuah hitam yang populer di masyarakat Jawa Timur. Kuah hitam sendiri berasal dari kluak, salah satu rempah khas Indonesia pastinya.

Rawon Pak Pangat, kalau yang dari aku baca-baca, buka pertama kali di pasar Wonokromo pada 1969. Didirikan oleh pak H. Supangat (yang fotonya ada di dinding rumah makan ini) Udah lama juga ya. Sebelum kita-kita lahir pastinya hehe..

Konon, daging sapinya nggak langsung dicemplungin di kuah rawonnya tapi diolah terlebih dahulu dengan bumbu khas sehingga memang rasanya enak dan variatif.

rasa rawon pak pangat
dokumentasi pribadi



Disini ada beberapa pilihan makanan yang bisa dipesan pengunjung. Ada rawon dengan berbagai variannya dan nasi campur juga ada.

Untuk rawon sendiri ada 4 pilihannya : nasi rawon suwir, nasi rawon krengsengan, nasi rawon campur dan nasi krengsengan. Lebih jelasnya ada di foto ya penjelasan isi setiap menu makanan yang disebutkan tadi.

Daging suwir dan daging krengsengan memiliki sedikit perbedaan. Daging suwir berasal dari empal goreng yang diolah dengan bumbu tertentu, rasanya manis plus gurih. tektur daging suwir,  enak dan basah. Dagingnya tentu saja lembut.

Sedangkan daging krengseng, diolah dengan konsep kental pekat. Bumbu dasar krengseng tersebut berasal dari petis udang yang dipadukan dengan potongan kentang.   

Saya sendiri memilih menu rawon campur

rawon campur pak pangat
dokumentasi pribadi

Rawon campur ini isinya : memadukan daging suwir dan daging krengseng. Dilengkpai dengan tahu, tempe dan tentu saja touge. Sudah dilengkapi sambal di dalam piringnya, sehingga di meja sudah tak tempat sambal lagi , seperti halnya di resto/ warung pada umumnya. 

Oh iya untuk kuah rawon, bisa minta terpisah atau langsung dicampur. Saya meminta dipisah.

Bagaimana rasanya. Menurut saya sih : sangat enak. Dagingnya lembut, porsi nasi tidak terlalu banyak (pas buat sarapan), tempe tahu juga rasanya berbeda.


rawon pak pangat ketintang
setiap meja ada menu kerupuk (dok pribadi)

Bagaimana dengan harga? Semua rawon harganya sama : Rp 35.000 (belum termasuk pajak restoran 10 %). Minumannya juga sangat beragam, bahkan ada beras kencur segala loh. Sayang saya bukan penggemar jamu-jamuan sehingga hanya memesan teh saja.

Lengkapnya ada di harga menu di bawah ini :


minumannya juga beragam (dok pribadi)

Rating 9/10 -- rasa oke, harga masuk akal, pelayanan cepat dan cukup ramah, tempat bersih, area cukup luas, vibes resto keluarga  

Demikian review singkat Rawon Pak Pangat Surabaya, semoga kapan-kapan bisa makan disini lagi bareng teman atau keluarga (kemarin terpaksa sendiri dulu hahaha)

Semoga bermanfaat.


 

Rawon Pak Pangat

Lotus Regency, Jl. Ketintang Baru Sel. I No.15, Ketintang, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur 60235





8 komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
  1. Saya dan suami juga penggemar rawon mbk...makanan Jawa,Sunda rata"saya suka,termasuk penyuka makanan tradisional juga,soalnya cocok di lidah 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sama mbak ren, semua masakan Indonesia sukaaa bgt juga,termasuk rawon ini hehe

      Hapus
  2. Waaaaa ini aku belum pernah cobaaa....emang ya mba surabaya itu surganya rawon...aneka macam rawon ada...aku ke sby waktu itu cobain rawon kalkulator sama rawon setan...
    Kalo ke rawon pak pangat ini sptnya aku pengen cobain yg rawon krengsengan deh mba...soalnya sptnya beda olahan dagingnya drpd yg lain yaa 😃

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak Eryka, enak bgt ini rawonnya, kudu nyoba kalau ke Surabaya... waaa rawon kalkulator, pdhl liat juga kmrn di Taman Bungkul. iya rawon setan emang legendaris itu hehe.makasih mbak eryka

      Hapus
  3. Masyaallah tabarakallah, aku uda pernah kesini mbak dan memang enak, pernah jg nulis reviewnya di blog tapi saat itu aku kesana makan malam, karena cuma transit di sby sebentar. Tapi saat itu aku fokus ke pelayanan yg judes bgt, hahaha. Mudah2an skrg udah ganti orang ya makanya uda ramah2 semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah pas aku kmrn pelayanannya lumayan ramah, kali dah ganti orang ya hehe..iya memang enak kan?kapan2 mau kesana lagi

      Hapus
  4. Ini yang pas mbak eny ke Surabaya ya? Wah aku malah belum pernah makan rawon pak pangat di wonokromo. Sepertinya wajib dicoba ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak Maria pas aku ke Surabaya kmrn..kapan2 kita makan bareng di rawon kalkulator ya,yang pelayannya ngitungnya super cepat kata mbak Maria hehehe.penasaran juga

      Hapus
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Female Blogger of Banjarmasin
Female Blogger of Banjarmasin