FBB
KEB

IHB

Menjelajah Bangil Pasuruan Dalam 1 Hari, Kemana Saja?

jelajah bangil pasuruan
dokumentasi pribadi


Ada yang sudah pernah ke kecamatan Bangil Pasuruan Jawa Timur? Kalau belum,bisa baca tulisan ini, siapa tau ada kesempatan ke  Bangil.


Ini sebenarnya ketiga kalinya aku ke Bangil, Pasuruan. Kesempatan pertama, Juli tahun lalu sempet juga ke Bangil buat mengantar anak tengah mondok di DALWA 3. Saat itu kami jalan-jalannya menggunakan mobil yang memang di bawa dari depok, Jawa Barat.

Kedua kalinya di bulan Agustus 2023. Saat itu kami mengantar si sulung buat kuliah di Surabaya dan akhirnya menyempatkan juga menengok adeknya di pondok, di Bangil. Untuk yang kedua kali ini, kami menggunakan transportasi kereta dan commuter line Jawa Timur.

Dan inilah, yang ketiga kali saya ke Bangil.

Jujur pengalaman ketiga ini berasa lebih santai. Walaupun hanya sendiri mengantar si adek ke pondoknya dan tanpa ada yang nemenin, rasanya santai aja. Mungkin karena sudah pernah dua kali sebelumya

Tapi di tulisan ini saya tidak akan bercerita pengalaman soal pondok pesantren, tapi lebih spesifik soal kota Bangil, kabupaten Pasuruan Jawa Timur.

DI BANGIL KEMANA AJA?

Bangil merupakan sebuah kecamatan di kabupaten Pasuruan, sekaligus ibukota dari Kabupaten Pasuruan . Meskipun hanya sebuah kecamatan, bangil bisa dikatakan cukup ramai dan kotanya tuh punya daya tarik tersendiri.

Letak Bangil sendiri sebenarnya hanya 35km dari kota Surabaya, ibukotanya provinsi Jawa Timur.

Salah satu identitas Bangil adalah kota ini dikenal sebagai kota santri. kenapa? karena ada banyak pondok pesantren di kota ini. Pondok pesantren beraliran Aswaja banyak ditemukan di kota ini.

Saya menuju Bangil untuk ketiga kalinya melalui jalur kereta dari Surabaya (Wonokromo). Sebenarnya awalnya ingin kereta lokal saja. Selain dekat saja,biayanya juga terjangkau. Sayangnya hari itu semua tiket kereta lokal habis.

Akhirnya kami -- saya dan anak tengah-- memutuskan naik kereta antar kota.Agak mahal sedikit tapi tak apa.

Ringkasnya kami naik kereta jam 14.00 dan tiba di Bangil sekitar jam 15.00 lewat sedikit  

alun-alun bangil
tiap ke bangil, fotonya disini doank si haha


Baiklah, ini beberapa tempat di Bangil bila memang waktu terbatas di kota ini, misalnya hanya punya waktu sehari saja, oh iya, jalan-jalan di Bangil bisa menggunakan becak motor (bentor), harganya bisa di nego ya sesuai isi kantong aja dan standarnya mereka pastinya


* Alun-Alun Bangil
ini sih tempat ter the best menurut aku buat dikunjungi kalau emang kita punya waktu terbatas di Bangil.

Tempatnya banyak pohon dan rindang. Sore biasanya banyak pedagang yang menggelar dagangan tapi kebetulan pas kesana kemarin sih malam minggu, jadi ya rame pastinya. Dari sore kami sudah duduk-duduk di bangku taman yang memang banyak di alun-alun ini.
salah satunya menyaksikan anak-anak yang main bola dengan serunya.

Makanan minuman juga banyak tersedia, tinggal pilih yang cocok aja.

alun-alun bangil
seru buat bersantai sore

ada apa di bangil
pedagang myli menggelar dagangannya


* Ziarah ke makam Guru Bangil

Mengapa ziarah ke makam beliau masuk dalam listku? sebenarnya ada sejarahnya. Selain beliau kiai terkenal, konon sih pas aku masih dalam kandungan, alm abahku pernah datang ke Bangil dan meminta air doa ke beliau.

Agar apa? agar anak yang dilahirkan sholehah dan mamaku diberi kelancaran dalam melahirkanku.

Ini sih pengalaman pertamaku ke makam beliau..

makam guru bangil
sumber foto : facebook



Data Wikipedia menyebutkan guru Bangil atau K.H. Muhammad Syarwani Abdan Al-Banjari merupakan  seorang ulama yang dikenal di Kalimantan Selatan hingga Jawa Timur khususnya Bangil tempatnya mendirikan Pondok Pesantren Datu Kalampayan. Ia merupakan keturunan ke-6 Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari.

Beliau meninggal 11 September 1989.Hingga kini, haul ya selalu ramai dikunjungi jamaah. 

Oh iya kemarin tuh kami datangnya sorean. Ada satu petugas bersih-bersih yang lagi nyapu daun-daun yang jatuh di seputaran makam Guru bangil. Sedang pe ziarahnya cuman aku dan Zaky sih.


* Keliling Bangil naik Bentor

Bentor atau beca motor merupakan salah satu transportasi yang bisa dengan mudah ditemui di Bangil.

Menurutku sih asik banget keliling Bangil ini pakai motor. Oh iya, kemarin tuh kami naik Bentornya Pak Wawan. Bapak 4 anak yang sudah lama juga mengendarai bentor.beliau cerita tentang sejarah alun-alun hingga kehidupan di Bangil yang katanya pusat keramaiannya memang hanya di alun-alun saja.

Sayang lupa moto-moto.

* Stasiun Bangil

Stasiun yang cukup lengkap ini juga bisa jadi tempat yang memorable dan menyenangkan buat dikunjungi. siapa tau tertarik kan?. Kemarin transportasi ke Surabaya melewati stasiun keren ini.


stasiun bangil



Demikian cerita menjelajah Bangil Pasuruan dalam 1 hari. Semoga bermanfaat.






Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Female Blogger of Banjarmasin
Female Blogger of Banjarmasin