FBB
KEB

IHB

Menginap di AMKS Hasanuddin HM Surabaya

Menginap di asrama mahasiswa di sebuah kota, ternyata banyak keuntungannya. Para mahasiswa baru sering menginap dulu di asrama mahasiswa sebelum menemukan  kos-an tetapnya. Ini pengalaman kami menginap di Asrama Mahasiswa Kalimantan Selatan (AMKS) Hasanuddin HM,Surabaya. 

AMKS Hasanuddin HM  Surabaya --- Ada dua asrama mahasiswa Kalimantan  Selatan (AMKS) di Surabaya. Pertama, AMKS Hasanuddin HM di Pucang Adi dan kedua , AMKS Pangeran Antasari Surabaya. Keduanya merupakan asrama untuk mahasiswa putera daerah Kalsel.

Namun, tulisan ini, hanya bercerita pengalaman menginap selama 5 malam 6 hari di AMKS Hasanuddin HM --  Jl. Pucang Adi no 6, Surabaya.

Apa itu asrama mahasiswa? Asrama mahasiswa tentu saja sebuah asrama/tempat yang dihuni para mahasiswa.Biasanya asrama mahasiswa berdasarkan macam-macam kategori. Ada asrama mahasiswa berdasarkan daerahnya, ada juga asrama mahasiswa yang disediakan kampus berdasarkan kepentingan.Misalnya buat menampung mahasiswa baru.   

Cerita ini berawal dari mengantar anak yang akan berkuliah di Surabaya. Tepatnya di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Surabaya, kampus Ketintang. 

Poin pentingnya sebenarnya adalah mencari kos-kosan. Tentu saja tidak mudah buat kami yang masih buta tentang Surabaya

Nah, soal penginapan di Surabaya menjadi persoalan baru. Apalagi kami tak yakin bisa sehari dan langsung dapat kosan hahaha. Maklumlah, awam soal Surabaya dan tak ada kerabat/ teman dekat di Surabaya. Bukan sesuatu yang mudah pastinya.

Entah darimana asalnya, beberapa hari sebelum berangkat ke Surabaya, saya kepikiran soal menginap di asrama mahasiswa kalsel. Apa fungsi dari asrama? Bukankah biasanya AMKS bisa menginap buat tamu? Hmmm..itu ketika di Jogja dulu, tapi nggak tau juga kalau di Surabaya.

Iseng-iseng mencari data di Google (dan ternyata di IG juga ada). Ada dua AMKS di Surabaya dan keduanya bisa buat tamu menginap. Awalnya menghubungi AMKS Pantas (hampir deal!), namun ternyata penuh diakhir-akhir.  

Mereka mengusulkan buat menginap di AMKS Pucang plus memberikan nomer kontak personnya.  Alhamdulillah, memang sudah jalannya menginap di Pucang.

 

dokumentasi pribadi

Berkenalan dengan AMKS Hasanuddin HM   

Malam itu kami "mendarat" dari kereta Jkt-Sby sekitar jam 19.40 malam dan langsung menuju AMKS Hasanuddin HM Surabaya. letak Persisnya di Jalan Pucang Adi no 6, Gubeng ,Surabaya (Belakang pasar Pucang Anom).

Sebelumnya sudah menghubungi kakak ketua asrama AMKS Surabaya, buat izin jam kedatangan yang mungkin agak malam.Ternyata boleh-boleh aja katanya. . Akhir dari cerita ini, kami menginap dari 13-18 Agustus 2023.

Sampai sana, disambut dengan baik oleh beberapa orang,  dua orang (aduh,lupa namanya :) sempat mengobrol agak lama dan menjelaskan kondisi asrama. Salah satunya, agak pendiam hehe.

Penampakan kamarnya ternyata standar saja. Cukup "istimewa" dan bersih.
Malam itu nggak beberapa lama, kami terlelap. Lelah sekali perjalanan Jakarta-Surabaya hari itu pakai kereta api. Sudah lama pula nggak naik kereta sejauh itu hahaha.Tapi, tetap,alhamdulillah.
  

AMKS Surabaya
Buat 3 orang (dok : pribadi)

Di dinding kamar juga tertera sejumlah peraturan yang tentu harus ditaati para tamu. Noted ! 

amks hasanuddin hm surabaya
Tuh,buat yang mau nginep (dok : pribadi)


Keuntungan Menginap di AMKS Hasanuddin HM Surabaya

Tentu penginapan ini hanya untuk warga Kalimantan Selatan (Kalsel) ya. Ini beberapa keutungan menginap di AMKS Hasanuddin HM Surabaya.

- Bisa berkumpul dengan teman sekampung di perantauan. Teman sekampung di perantauan kan sudah kayak saudara sendiri,tentunya.

- Lingkungan tenang (cenderung ke arah sepi sih) dan bersih

- Kamar rapi + kipas angin dingin

- Fasilitas lengkap (kulkas, dapur buat masak, dispenser, wifi (belum nyobain si kalau ini -- tapi katanya cepat) 

- Dekat dengan pasar Pucang Anom  -- pasarnya lengkap,nyari makan dari pagi-malam gampang cari makanan, nongkrong ngopi gampang, ATM, buah-buahan, kue-kue enak dan banyak lagi. Sangat menyenangkan dekat dengan pasar ini. Habis subuh bisa langsung ke pasar (note : Surabaya paginya cepat banget, beda sama Jakarta) 

- Mahasiswa-nya ramah-ramah dan bersahabat. 

- Asrama nya banyak kucing. Buat pecinta kucing, pas banget ini haha

- Dapat fasilitas kunci rahasia 


Catatan lain : Jangan berisik karena bisa mengganggu ketenangan anggota asrama lainnya.Kemudian juga, harap patuhi aturan tertulis maupun tidak tertulis di asrama.


AMKS surabaya jatim
ruang terbuka hijau dilengkapi kolam ikan (dok :pribadi)




Oh iya, kemarin sempat kesulitan mencari kos-an dan alhamdulillah, dapat pinjeman motor sehingga lancar urusan mencari kos-kos-an  -- (definisi rejeki bertemu orang baik dan rejeki yang tidak tertukar) 


ruangan amks surabaya
Lorong penuh makna (dok :pribadi)


Oh iya,buat kalian, para mahasiswa atau calon mahasiswa asal Kalsel yang ingin ikut bergabung di asrama kalsel ini tentu bisa banget.Tinggal hubungi pihak asrama dan boleh tanya-tanya dulu. Yang jelas harus ikuti peraturan asrama pastinya dan ada kamar yang tersedia juga. 

Buat info lebih lanjut bisa langsung ke asrama Jl. Pucang Adi No.6, Kertajaya, Kec. Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60282)

atau bisa  DM IG mereka @amks.surabaya (AMKS Hasanudin Surabaya) atau kontak person yang tertera di IG juga bisa. 

Semoga bermanfaat. 






2 komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
  1. Lumayan juga ya mbak....ga repot"cari penginapan atau hotel udh ada asrama mahasiswa nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar,bisa jadi alternatif penginapan buat warga daerah :)

      Hapus