FBB
KEB

IHB

Anak Sulit Minum Obat? Ini Cara yang Bisa Dilakukan

pafi tebing tinggi
foto : halodoc

Anak sulit minum obat kadang-kadang disebabkan trauma minum obat sebelumnya.

Siapapun pasti ingin sehat. Salah satu lembaga yang berkomitmen mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera adalah Pafi Tebing Tinggi.

Namun tentu tak selamanya kesehatan hadir di kehidupan kita. Ada saatnya sakit dan harus mengkonsumsi obat. Tapi ternyata tak semua orang bisa mengkonsumsi obat juga.

Trauma bisa dialami siapa saja. Bukan hanya orang dewasa tetapi juga anak-anak bisa saja mengalaminya.Oranng dewasa seperti saya saja, percaya atau tidak awalnya sangat sulit menelan obat dalam bentuk pil atau kapsul.

Jadilah setiap kali sakit, saya bersusah payah meminum obat. Dahulu malah kalau kapsul, harus dibuka terlebih dahulu.Bisa dibayangkan rasa pahitnya.Demikian pula kalau tablet, harus digerus terlebih dahulu. Agak menyebalkan memang.

Namun memang tak ada cara lain.

Teman saya lain lagi.Setiap kali minum obat, dia harus mencari makanan pendamping seperti kue atau pisang. Nah, dengan perantara inilah, dia berhasil meminum obatnya tersebut sambil dibantu air putih.

Cara ini menurutnya efektif, karena memang dia tidak perlu bertemu dengan pahitnya obat seperti yang seringkali saya rasakan. Sampai sedewasa inipun,cara ini masih konsisten dilakukan teman saya tersebut.

Cara meminum obat memang masing-masing obat berbeda. Ada yang hanya bisa menelan pil obat yang kecil saja.Kalaupun besar harus dibagi dua terlebih dahulu.

Namun disisi lain, ada yang bisa 3 kapsul sekaligus sekali telan. Sungguh sih, saya suka terkagum-kagum sama jenis manusia seperti ini. Kok bisa ya hehe.

Nah, dari pengalaman sendiri dan pengalaman beberapa teman, saya sedikit mengambil kesimpulan, sebenarnya orang tua cukup berperan penting dalam mengajarkan anak-anak cara mengkonsumsi obat yang baik dan benar. Jangan sampai, karena orang tua tidak pernah mengajarkan caranya, sampai dewasapun anak tak bisa mengkonsumsi obat.

Tentu kita berharap selalu sehat namun kadang-kadang ada kondisi dimana kita harus mengkonsumsi sejumlah obat karena kondisi kesehatan yang menurun, kan?

Cara Agar Anak Bisa Mengkonsumsi Obat

Ada sebuah teori yang mengatakan bahwa anak-anak sudah bisa diajarkan untuk mengkonsumsi obat dalam bentuk pil atau tablet sejak usia 4 tahun.

Mengapa 4 tahun? Karena saat itu anak sudah bisa dan menyukai  melakukan eksplore terhadap banyak hal.Anak juga tertarik akan hal-hal yang baru. Nah, mengajari anak minum obat juga salah satu yang bisa jadi pengetahuan baru buat anak dan dia menyukainya.

Namun bila merasa terlalu kecil, anak usia 8 tahun ketas sebenarnya juga sudah bisa dilatih untuk minum obat dengan cara menelan obat tersebut. Apalagi biasanya resep dokter untuk anak 8 tahun ketas tidak lagi berbentuk sirup atau pyer tapi sudah berbentuk tablet.

Ada beberapa hal yang bisa dicoba orang tua untuk mengatasi anak yang sulit minum obat :

·         Berikan penjelasan pada anak

Orang tua bisa memulainya dengan memberikan penjelasan sesuai dengan pemahaman anak.Sesuai dengan usia anak juga. Misal apa manfaat obat tersebut ketika anak sakit dan mengapa harus mengkonsumsinya.

·         Hindari kebohongan

Misal dengan mengatakan bahwa obat tersebut tidak pahit padahal nyatanya hampir semua obat memang pahit, kan? Orang tua bisa menjelaskan, pahit bisa diatasi dengan apa setelah meminumnya. Contohnya mengkonsumsi roti coklat.

·         Buat suasana menyenangkan

Ketika anak ingin mengkonsumsi obat, buatlah suasana menyenangkan.Bahkan bisa saja anak dalam kondisi sedang menonton kartun atau bahkan main game kesukaannya di gawainya. Tak ada salahnya menciptakan suasana gembira dan menyenangkan.

·         Ajari tekhnis minum obat

Mungkin anak tak tahu caranya minum obat harus bagaimana. Orang tua bisa mengajari cara meletakkan obat dimana kemudian menelannya bersama air. Orang tua juga mungkin bisa melatihkan dengan memberi vitamin kecil terlebih dahulu untuk ditelan anak baru kemudian pelan-pelan membuat anak bisa minum obat.

·         Berikan reward bila anak berhasil

Jangan lupa bila anak berhasil berikan reward untuk perjuangannya. Tidak harus mahal,bisa saja hal-hal sederhana.Misalnya membeli makanan ringan kesukaan anak-anak. Ini akan membuat anak bukan hanya bisa meminum obat sekaligus membuatnya merasa dihargai.

Selain hal-hal diatas orang tua sebaiknya juga peka bahwa ada hal-hal yang tidak boleh dilakukan kepada anak dalam urusan minum obat ini.Misalnya memaksa berlebihan ke anak padahal faktanya anak memang masih tahap belajar dalam meminum obat. Kemudian ada juga orang tua yang menakut-nakuti anak berlebihan.

Seperti bila tak minum obat maka akan dibawa ke dokter lagi dan disuntik. Intinya orang tua harus bijak dan sabar mengarhkan anak-anaknya dalam urusan belajar minum obat ini. 

Untuk informasi soal kesehatan dan farmasi bisa melalui website https://pafitebingtinggi.org/

Semoga bermanfaat.

2 komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
  1. Menyuruh anak minum obat itu susah" gampang ya mbk... alhamdullilah dulu semasa anak saya masih kecil termasuk mudah kalau minum obat,sekalipun pil dan pahit..malahan bapaknya yg susah kalau minum obat hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha Bapaknya sama kayak aku..susah minum obat.Alhamdulillah ya kalau anak2 gampang minum obat kalau pas sakit

      Hapus
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Female Blogger of Banjarmasin
Female Blogger of Banjarmasin