Kamis, 22 November 2018

BAGAIMANA MENGHADAPI REKAN KERJA YANG IRI



Lingkungan pekerjaan terkadang tidak bisa kita prediksi dengan baik. Begitu pula dengan rekan kerja. Ada rekan kerja yang bisa kompak dengan kita namun bisa juga sebaiknya. Kamu bisa saja berhadapan dengan rekan sekantor yang ternyata tidak pernah cocok. Bahkan bisa jadi timbul mendapat keirihatian yang sama sekali tidak perlu.


Menghadapi hal demikian tentu saja tidak bisa dengan emosi belaka. Kita perlu bijak menyikapi segala peristiwa dan tidak boleh tergesa-gesa menyimpulkan segala sesuatunya.

Pengalaman saya bekerja di berbagai perusahaan hal seperti ini sudah sangat biasa terjadi. Bahkan terkadang  hal yang tidak bisa diperkirakan sama sekali.

Teman kerja iri (source : kompasiana.com)


Ada teman yang selama ini akrab dengan kita tiba-tiba terkesan iri hanya karena persoalan sepele. Misalnya, karena salah satu dari teman di bagian yang sama ternyata mendapat penghargaan dari perusahaan.

Ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan ketika mlangkah enghadapi situasi yang demikian. Secara umum, permasalahan seperti ini bisa ditangani sendiri terlebih dahulu. Tetapi apabila permasalahan sudah semakin kompleks dan mengganggu kinerja, mungkin ada baiknya di “musyawarahkan” bersama atasan atau pihak lain yang terkait.

1.SELAMI BERBAGAI KARAKTER
Hal paling penting yang perlu kamu sadari adalah ada berbagai karakter dalam sebuah kantor atau tempat kerja. Apalagi bila kantor tersebut memiliki karyawan yang sangat banyak.

Bijaklah menghadapi hal seperti ini. Bergaulah dengan baik dan hati-hati. Sebelum mengatakan orang lain mudah tersinggung, kamu harus melatih dirimu sendiri agar tidak terlebih dahulu  mudah tersinggung.

2.PROFESIONAL DALAM BEKERJA
Yes. Tentu ini juga harus dilakukan. Kamu harus menyadari tujuan kamu bekerja untuk apa? Memang bergaul dengan sebanyak mungkin orang perlu. Tetapi bila telalu berlebihan akan banyak masalah yang timbul. Yang pada akhirnya mengganggu kinerja kamu bukan?

3.CARI JAWABAN
Bila kamu merasa ada teman yang iri hati denganmu, sudah saatnya kamu mencari tahu. Apakah prestasi  orang tersebut iri dengan gajimu atau prestasimu. Bahkan bisa jadi dia menrasa gaji yang sama tapi ternyata kerjaanmu jauh lebih sedikit.

Bila sudah mengetahui jawabannya tentu akan lebih mudah mencari jawabannya bukan?

4.MEMINTA BANTUAN
Memang bila masih bisa diselesaikan sendiri ada baiknya kamu selesaikan permasalahan secepatnya. Selain mengganggu pekerjaan, permusuhan terselubung bisa membuat kamu lelah dan tidak betah bekerja.
Namun bila ternyata tidak juga dapat diselesaikan secara pribadi, sudah saatnya kamu mencari bantuan. Bisa dengan membicarakan hal ini dengan bosmu. Bisa juga sharring ke bagian terkait misalnya di isi SDM. Siapa tahu mereka bisa menyelesaikan dengan lebih bijak.

Tetap semangat bekerja ya temans. Dan semoga keberkahan menyertai kita semua. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Berkomentar