Minggu, 02 Desember 2018

BELI REKSA DANA DI BUKAREKSA, SOLUSI BAGI MILLENIAL

Gunakan uangmu dengan tepat (dok: pribadi)


Bagi kamu yang merasa kaum millenial, mungkin sudah akrab dengan yang namanya reksa dana. Kalaupun belum pernah berinvestasi di instrumen ini, minimal sudah sering mendengar tentang reksa dana.

Ya, reksa dana memang instrumen investasi yang bisa untuk jangka pendek atau jangka panjang. Secara ringkasnya, reksadana merupakan media yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor) untuk selanjutnya diinvestasikan dalam Portofolio Efek oleh Manajer Investasi.

Tentunya sebelum membeli kamu perlu menentukan dulu tujuan keuanganmu. Kalau dalam jangka pendek saja seperti ingin bayar kuliah, membeli handphone atau buat jalan-jalan sebaiknya kamu membeli reksa dana pasar uang. Reksa dana ini dianggap rendah risikonya karena diinvestasikan pada deposito dan obligasi.

Sedangkan bila kamu berpikiran untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, membeli rumah atau persiapan menikah, mungkin kamu bisa membeli reksadana saham. Bila saat ini kamu saat ini baru saja diterima di sebuah perusahaan dan merencanakan membeli rumah untuk beberapa tahun kedepan, reksadana jenis ini cocok untuk dibeli.

Selain soal jangka waktu, tentukan juga tempat membeli yang pas buatmu.Buat kamu para millenial, mungkin membeli online dianggap yang paling praktis. Apalagi hanya dengan menggunakan smartphone, sudah bisa memilih kemudian membeli. Sebagai pertimbangan bisa cek-cek disini sih https://review.bukalapak.com/c/finance.

Well, yang pasti jangan sembarangan membeli. Kamu harus belajar terlebih dahulu, apalagi bila kamu pemula di reksadana. Tapi jangan khawatir. Perusahaan penerbit reksadana (agen penjualnya) bisa dicek di website Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain itu, informasi soal reksa dana bisa dibaca di https://review.bukalapak.com/c/finance ini. Mudah bukan?

BAGAIMANA MEMBELI REKSA DANA ONLINE DI BUKAREKSA
Nah, sebagai bagian dari komunitas digital , kamu tentu tidak lagi asing lagi dengan yang namanya belanja online. Hmmm..hampir semua barang bisa dibeli dengan cara online kok.Termasuk membeli reksa dana. Anyway, reksa dana paling gampang dibeli di BukaReksa. Caranya juga gampang banget.
1.   Login menggunakan akun Bukalapak. Setelah itu akseslah halaman BukaReksa melalui menu navigasi di header, menu BukaReksa di homepage, atau melalui halaman BukaDompet.
  1. Pilih menu Produk dan klik tombol Beli.
  2. Masukkan nominal uang yang ingin diinvestasikan ke BukaReksa tersebut.
  3. Nah bagi kamu yang ingin juga sekaligus berlangganan pembelian BukaReksa setiap bulan dengan cara mencentang box Sekaligus Transaksi Rutin BukaReksa pada halaman pembelian BukaReksa. Dengan mencentang box tersebut, selain melakukan pendaftaran Transaksi Rutin BukaReksa, kamu juga akan melakukan pembelian BukaReksa seperti biasa.
  4. Baca Prospektus dan Keterangan Ringkas, Disclaimer, dan ketentuan pembelian reksa dana di BukaReksa agar dapat memahami risiko atas keputusan investasi.
  5. Transaksi akan diproses dalam waktu 2 hari bursa dan masuk ke dalam portofolio milikmu sesuai dengan NAB per unit yang berlaku saat status transaksi mu “Selesai”.

Apa saja hal yang dapat dilakukan pengguna Bukalapak melalui fitur BukaReksa?

  1. Uniknya, semua dapat investasi dengan membeli reksa dana sesuai dengan profil risiko kamu dan melakukan pembayaran menggunakan BukaDompet, Transfer, Transfer Virtual Account, instant payment (BCA KlikPay (KlikBCA Individu), Mandiri Clickpay, Mandiri E-Cash, CIMB Clicks atau Rekening Ponsel), Indomaret, Alfamart, dan Pos Indonesia.
  2. Buat yang ingin  menjual unit Reksa Dana milikmu dan uang penjualan hanya akan dikirim ke rekening Bank yang didaftarkan di BukaReksa

APA KEUNTUNGAN MEMBELI DI BUKAREKSA?
Buat kamu, kaum millenial, membli reksa dana melalui bukareksa memiliki banyak kepraktisan. Apalagi kamu tidak perlu mendatangi kantornya untuk sekedar bertransaksi. Ini beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan.
  1. Minimum dana pembelian reksa dana sangat terjangkau
    Ini tidak ada yang menyamai. Dana minimum untuk membeli reksa dana di BukaReksa sangat terjangkau dan bisa  mulai dari Rp10.000 yang jauh di bawah rata-rata dana minimum untuk pembelian reksa dana pada umumnya.
  2. Proses transaksi sangat sederhana
    Karena proses transaksi pembelian ataupun penjualan reksa dana di BukaReksa sangat mudah. Pembeli cukup memilih jenis reksa dana dan nominal yang diinginkan.
  3. Keuntungan (return) yang tinggi dan dapat dijual kapan saja
    Investasi dalam bentuk reksa dana memberikan keuntungan (return) yang lebih tinggi dibandingkan dengan deposito berjangka atau tabungan di bank. Selain itu, pembeli dapat menjual unit reksa dana kemudian dana hasil penjualannya dapat ditransfer ke rekening bank pembeli kapan saja tanpa batas waktu jatuh tempo.
  4. Berbagai macam pilihan reksa dana tersedia disini.
    Manajer Investasi akan menempatkan dana investasi ke berbagai instrumen yang menguntungkan agar keuntungan (return) yang diperoleh menjadi lebih maksimal. BukaReksa menawarkan berbagai jenis reksa dana mulai dari risiko terendah hingga tertinggi.
  5. Banyak pilihan metode pembayaran.Pembeli dapat membeli reksa dana di BukaReksa dengan menggunakan metode pembayaran: BukaDompet, Transfer, Transfer Virtual Account, instant payment (BCA KlikPay (KlikBCA Individu), Mandiri Clickpay, Mandiri E-Cash, CIMB Clicks atau Rekening Ponsel), Indomaret, Alfamart, dan Pos Indonesia.
  6. Tidak ada biaya transaksi. Proses pembelian reksa dana di BukaReksa dapat dilakukan kapan saja tanpa dikenakan biaya transaksi.
Menarik bukan. Segera coba buat yang masih penasaran. Oh iya, tapi tetap harus diingat baik-baik ya, kawan-kawan :
“Investasi melalui reksadana mengandung resiko. Calon pemodal wajib membaca dan memahami prospectus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksadana. Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang”.

Tetap semangat dan selamat berinvestasi.

13 komentar:

  1. Wah kada paham ulun, ini maksudnya sama kaya beli saham gitu kah ka?
    Jadi kepo sama paragraf akhir, resikonya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener.paragra terakhir tu yang paling penting sebenarnya..

      Hapus
  2. Sepertinya mudah ya. Investasi awalnya cuma 10rb, jd kalau mau coba-coba resikonya tidak terlalu besar

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Ira..aku juga tertrik beli disini hehehe

      Hapus
  3. Senang sama artikel ini, saya memang lagi mencari info tentang reksadana. Penjelasan yg singkat dan dapat saya pahami. Dan Wow, Milenial now ya, reksadana pun bisa online, super. Tapi perlu hati hati banget nih dalam memilih ya. Iya mba apa resiko nya? Tolong lanjutin artikel nya pakai bahasa awam, karena artikel artikel lain itu pakai bahasa ekonomi tinggi, saya yg awam bisa ga paham dgn maksudnya.

    BalasHapus
  4. haloo mba.diah.makasih kunjungan perdananya :) risikonya harga naik turun mba sesuai NAB-nya (ada di artikelku yang lain di label keuangan)
    Namun, ini mayan aman kok, layak dicoba..huhu

    BalasHapus
  5. Emang kalo investasi murah dan aman itu reksadana, dari pada main saham sendiri nanti malah anjlok haha

    btw mbak, aku mau saran aja buat dirapiin tulisannya. Sayang banget tulisannya bagus tapi gak rapi. Kaya bagian point satu ada yg hurufnya gedhe ada yang enggak, ada yang menjorok, ada yang enggak.

    BalasHapus
  6. Reksadana mmg jenis invest yg plg aman y mb dibanding saham n obligasi. Krn disana ad manager investasi yg mengelola. Sy sendiri msh blm prnh nyb reksadana sih aplg yg online. Hihi.

    BalasHapus
  7. Bukalapak makin banyak fiturnya. Lama-lama jadi kaya one stop finance agent ya.. Lengkap

    BalasHapus
  8. Saya asing banget sama masalah beginian. Hehe. Membaca artikel ini membuka wawasan jadinya tentang investasi. Komplit pula infonya.

    BalasHapus
  9. Wah murah banget bisa mulai 10rb aja ya ini. Memang dunia digital sekarang sangat berkembang banget ya, memberi banyak kemudahan-kemudahan.

    BalasHapus
  10. Mudah yaa, investasi awal nya hihi. Makin tertarik buat main investasi

    BalasHapus

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Berkomentar