Senin, 03 Desember 2018

INGIN BEKERJA DI PERUSAHAAN MULTINASIONAL? INI SYARATNYA




  
Kualifikasi apa yang dibutuhkan sehingga seseorang diterima bekerja di perusahaan multinasional atau minimal perusahaan yang bonafid? Itu menjadi pertanyaan besar buat mereka yang belum bisa masuk ke perusahaan-perusahaan besar tersebut.


Banyak jalan menuju penghasilan yang menjanjikan. Salah satunya dengan cara bekerja di perusahaan multinasional. 

Bila kamu seorang fresh graduate, mungkin kamu sedang berpikir, perusahaan mana yang akan dituju?. Salah satu yang layak dipertimbangkan adalah bekerja di perusahaan multinasional.

Perusahaan multinasional artinya perusahaan itu mempunyai lingkup dunia. Bukan hanya ada di Indonesia tetapi berada di banyak negara di dunia.
Hanya masalahnya mampukah kita? 

Di berbagai perusahaan multinasional, sebut saja Samsung, Google, Sony , Toyota dan lainnya adalah perusahaan-perusahaan yang memperhatikan sumber daya manusia. Ibaratnya buat mereka, SDM itu adalah aset yang kudu dipelihara dengan baik. 

Maka jangan heran, saking mereka peduli, merekrutpun mereka sangat hati-hati. Jangan mimpi akan ada KKN untuk masuk ke perusahaan multinasional. Mereka sungguh-sungguh akan memilih SDM terbaik yang sesuai dengan kualifikasi mereka.
Oh iya, sebelumnya mungkin kamu bertanya, kenapa harus perusahaan multinasional? Tentu saja ini berkaitan dengan keuntungan yang akan didapat bisa bekerja di perusahaan tersebut.

1. Salary. Bisa dipastikan, untuk   fresh graduate saja mereka akan mematok gaji minimal Rp 8 juta. Bayangkan kalau kamu sudah pengalaman kan dan tembus ke perusahaan tersebut. 
2. Training yang baik. kamu pasti mendapatkan training sesuai dengan job yang akan dipegang kelak. Biasanya training dilakukan secara berkala dan teratur.
3. Jenjang karir yang jelas. Keuntungan lainnya adalah jenjang karir yang jelas. Kamu bisa memprediksi posisi yang ingin kamu raih dan memperkirakan pencapaian apa yang ingin diraih. Bila prestasi kamu kinclong, dapat dipastikan promosi dan karir akan mengikuti.


        Bagaimana bisa lolos ke perusahaan – perusahaan MULTINASIONAL? 

Beberapa diantaranya memang bermodal keberuntungan belaka. Tapi rata-rata memang harus berjuang agar lolos di perusahaan tersebut.

Apa saja modalnya? Pertama, tentu saja prestasi yang baik alias kemampuan akademi. Entah IPK yang bagus banget atau modal prestasi di perusahaan sebelumnya.  Ini adalah kunci awal yakni prestasi akademik. Dan jangan lupa, biasanya perusahaan juga mempertimbangkan kegiatan atau aktivitas lainnya selama kuliah. 

Kunci kedua adalah penguasaan bahasa asing. Harus diakui, hal ini hampir merupakan syarat mutlak untuk bekerja di perusahaan multinasional. Apalagi bahasa sehari-hari yang di gunakan di kantor pun biasanya adalah bahasa Inggris. 

Nggak lucu kan kalau dikirim tugas ke luar negeri tapi nggak bisa bahasa internasional? Makanya, persiapkan diri dengan baik bila ingin bekerja di perusahaan multinasional. 

Ketiga, mempunyai visi dan berpikiran besar untuk perusahaan. Biasanya mereka juga ingin mengetahui visi pribadi dan untuk perusahaan. Banyak membaca buku dan banyak belajar adalah kunci utama. 

Sudah siap bersaing? 

4 komentar:

  1. Bagus banget tipsnya untuk fresh graduates. Saya jgua pernah baca kalau untuk job pertama utamakan pengalaman dan networking daripada salary karena itu akan membawa kita ke kedudukan yang lebih baik dalam dunia kerja.

    BalasHapus
  2. iya mbak.makasih ya sudah berkunjung :)

    BalasHapus
  3. makasih mb.Tira sudah berkunjung..

    BalasHapus

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Berkomentar