Sabtu, 08 Desember 2018

MENGATUR BUDGET LIBURAN AGAR SESUAI KANTONG

boleh membawa bekel (dok : pribadi)

 
Liburan selalu menjadi momen menyenangkan. Bagi anak sekolah liburan berarti terbebas dari jadwal rutin sekolah plus dari bejibunnya tugas. Bagi orang tuanya pun demikian.
Bagi saya yang tugasnya tiap hari antar jemput dua anak sekolah yang berbeda tingkat sekolahnya dan jam pulang sekolah, liburan artinya sebuah kelegaan. Paling tidak, bisa santai sejenak. Hal yang sangat mahal di hari-hari sekolah. Hmmm..


Namun waktu libur kadang juga menjadi sebuah beban? Kemana kita akan menghabskan liburan yang lumayan panjang ini? Apa iya anak-anak hanya di rumah tanpa kegiatan? Bukankan mereka juga perlu bersantai untuk men-charge energi lagi ketika masuk sekolah nantinya?

Ini pertanyaan yang seringkali hadir ketika liburan sudah didepan mata. Sayangnya tidak semua orang tua mempunyai tabungan “cling” buat budget liburan. Bukankah liburan perlu budget?

Yess, beberapa keluarga memang mempunyai budget khusus liburan. Beberapa lainnya memang memiliki uang lebih sehingga kalaupun dipakai buat berlibur sebagian kecilnyBuaa, sama sekali tidak masalah besar.

Namun bagaimana dengan yang mempunyai budget namun pas-pasan? Beberapa cara dibawah ini bisa dicoba.



liburan pantai dalam kota (dok :pribadi)


UNTUK YANG MAU LIBURAN DENGAN BUDGET TERBATAS

1. LIBURAN DALAM KOTA SAJA
Buat yang mempunyai budget pas-pas an tentu tidak perlu berpikir terlalu keras untuk mencari tempat liburan. Liburan di dalam kota tentu saja banyak pilihannya kok. Bahkan bila mau di eksplore lebih dalam, banyak sekali tempat di dalam kota kita yang menawarkan tempat liburan yang luar biasa.
Coba kamu ingat-ingat lagi, apa saja tempat di kotamu yang bisa dikunjungi pada liburan kali ini?

2. SESUAI USIA ANAK
Bila kamu sudah berkeluarga dan memiliki anak-anak yang ingin diajak liburan, sesuaikan lah tempatnya dengan usia anak. Bila anaknya balita, taman-taman di dalam kota bisa menjadi pilihan yang menyenangkan, bukan?

Bila ke pantai memungkinkan, bisa juga pantai menjadi pilihan. Tentu asal dijaga baik-baik anak-anak yang ingin bergembira di pantai. Di beberapa daerah, masuk ke pantai-pantai lokal masih terjangkau kok. Asalkan pilihannya tepat.

Buat yang sudah memiliki anak sekolah usia SD, mungkin bisa dicoba mengunjungi museum dan tempat bersejarah. Di Jakarta misalnya, banyak sekali pilihan museum dan tempat bersejarah. Mulai museum Bank Indonesia sampai museum G-30S PKI. Selain liburan, anak-anak juga belajar.

3. CARI YANG GRATISAN?
Ada? Ada dong. Bahkan banyak. Sekali lagi, bila kamu tinggal di kota besar, akan lebih mudah menemukan tempat liburan yang gratisan atau sangat murah. Banyak taman-taman yang bagus, gratis dan sangat instagramable (woww). Tinggal cari di google ya, guys..di kotamu juga pasti banyak.

4.MEMAKAI TRANSPORTASI UMUM
Mungkin kamu memikirkan transportasi umum sedikit ribet. Hmmm..tergantung lokasi sih sebenarnya. Untuk beberapa daerah mungkin sulit menggunakan transportasi umum karena sangat terbatas. Selain itu tempat wisata juga tidak mungkin di akses dengan transportasi umum selain menyewa mobil atau memakai mobil pribadi.

Tetapi, bila kamu tinggal di kota besar yang transportasi umumnya sudah bagus, tidak ada salahnya mencoba menggunakan trasportasi umum. Apalagi bila transportasi umum sudah mencapai berbagai akses tempat wisata. Dijamin murah, hemat dan bebas kemacetan.

5.MEMBAWA BEKAL
Keliatannya memang jadul dan tidak elit hehehe..tapi siapapun tahu di tempat wisata dimanapun harga makanan selalu lebih mahal bukan? Sudah pasti ditempat wisata kita, maupun anak-anak akan merasa lapar dan haus. Tidak ada salahnya menyiapkan bekal yang cukup berupa makanan berat, makanan ringan sampai minuman ketika ingin berwisata. Mungkin rada repot namun sangat berguna.
Dijamin selain perut kenyang, kantor terjaga, kesehatan juga dijamin.
Ayo berlibur..  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Berkomentar Dengan Baik ya :)