Sabtu, 08 Desember 2018

MENYIAPKAN DANA LIBURAN SECARA RUTIN? INI CARANYA



liburan terencana (dk : pribadi)
Masih soal liburan nih. Apalagi sudah bulan Desember. Libur anak sekolah sebentar lagi akan tiba, iya kan?

Kali ini saya akan menulis bagaimana menyiapkan dana liburan dan berapa lama waktu yang dibutuhan untuk mengumpulkan sejumlah dana tersebut.
Jujur saja, siapa sih yang nggak suka liburan. Semua suka. Cuman ternyata tidak semua orang bisa berlibur.

Seorang temen bercerita, dia yang tinggal di sebuah kota di Kalsel ketika ingin berlibur ke Jakarta-Bandung, beberapa tahunlalu, membawa uang cadangan sekitar Rp 25jt buat budget berlibur. Uang tersebut meliputi uang transport buat sekuarga, uang nginep di hotel, uang sewa mobil, uang makan-makan plus uang masuk ke tempat wisata. Hmmm..keren yaa? Iyalah. Apalagi uang tabungan tersebut memang sudah mereka budgetkan jauh-jauh hari.

Oh iya, nyatanya mereka “cuman” habis Rp 15jt saja alias hemat Rp 10 juta (lumayan banget). Katanya sih karena selama di Bandung ternyata banyak teman dan sodara yang menawarkan penginapan dan peminjaman mobil gratis. Alhamdulillah ya?

Yes, idealnya demikian. Kita memiliki budget khusus buat berlibur. Yang mungkin bisa ditabung jauh-jauh hari.

Berikut ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan buat yang ingin menyiapkan DANA LIBURAN.

1.Tentukan Tujuan Liburan
Ya, seberapa jauh liburanmu tentu saja menentukan seberapa besar biaya yang dibutuhkan bukan? Kamu ingin liburan dalam kota, luar pulau atau bahkan luar negeri tentu saja harus menyiapkan budget ya berbeda. So, tentukan tujuan dengan jelas, baru hitung budgetnya.

2. Berapa Dana Yang dibutuhkan?
Lagi-lagi tergantung lokasi dan jenis liburan seperti apa yang diinginkan. Liburan ke tempat-tempat wisata mahal tentu butuh budget khusus. Kalau liburan ke tempat yang gratisan tentu lebih murah.

Yang jelas siapkan dana transportasi, penginapan, masuk lokasi wisata, kulineran, sedikit oleh-oleh dan biaya tak terduga. Nah, kalau sudah jelas semuanya tentu bisa dihitung budget yang dibutuhkan,ye kan?

3.Siapkan jauh-jauh hari. Wew, siapapun tahu, semakin terencana, biaya juga bisa dihitung berapa yang dibutuhkan.
Mari menabung. Ini pepatah lama yang masih benar sampai sekarang. Setelah kamu tahu tujuan dan budget yang dibutuhkan silakan menabung. Saran saya sih ada baiknya liburan yang agak jauh direncanakan 1 tahun sebelumnya atau minimal enam bulan. Tentu agar uang tabungannya cukup hehehe..

4.Sisihkan dari uang bulanan?
Bisa banget. Dimana ada keinginan, disitulah ada jalan keluar. Yes, ada baiknya buat kamu yang berpenghasilan, menyisihkan uang untuk liburan secara rutin. Walaupun cuman sedikit bisa jadi ketika ingin berlibur, dana yang terkumpul sudah lumayan. Menarik bukan?


Selamat menyiapkan dana liburan. Semoga langkah kita selalu diberkahi-Nya.


RELATED POST :

MENGATUR BUDMENGATUR BUDGET LIBURAN AGAR SESUAI KANTONGGET LIBURAN AGAR SESUAI KANTONG

8 komentar:

  1. Betul sekali. Budget liburan kalau disiapkan khusus maka pas waktu liburan tiba, tidak terlalu pusing mikirin ini itu haha tinggal bikin itinerary dan Bismillah. Salam.

    BalasHapus
  2. hahahaha iya mb @tuteh, bener bgt.cuman susahnya hanya mendisiplinkan diri ya hehehe..salam semangat

    BalasHapus
  3. Wah bakalan sering berkunjung nie.. saya lagi belajar mengelola uang. Hahhaa... biar hidup gak berasa keteteran. Terima kasih ilmunya mbak.. ❤️

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mb ewa..aku td ngunjungi blogmu loh.kereeen juga..sama2 mbak..

      Hapus
  4. Ayo, Mbak. Liburan lagi ke jogja..

    BalasHapus
  5. haloooo ton.makasih ya dah mamir,jd terharuuu :)

    BalasHapus
  6. bener banget, siapkan jauh jauh hari, krn nabung juga sulit godaannya hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha semoga kita bisa menahan godaan2 tersebut biar bisa liburan huhu.aamiin.tks @ainun

      Hapus

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Berkomentar Dengan Baik ya :)