Selasa, 25 Desember 2018

MUSIM HUJAN, LIBURAN KEMANA?

musim hujan seringkali menimbulkan banjir (dok : pribadi)


Bencana tsunami yang mengguncang Banten dan Lampung Selatan sungguh menyesakkan. Bukan hanya sedih tapi sekalgus menjadi pengingat kalau Allah berkehendak maka tidak ada yang tidak mungkin terjadi.


Bagi sebagian besar dari kita, bulan Desember memang bulannya liburan. Bahkan mungkin sudah jauh-jauh hari kita merencanakan liburan. Sejumlah perusahaan juga seringkali menggelar gathering di Desember. Apalagi momennya memang pas di akhir tahun. 

Namun, seperti yang juga kamu tahu, Desember biasanya diisi dengan hujan terus menerus alias sudah masuk musim penghujan. Buat kamu yang ingin berlibur tentu saja ini dilema.

Di satu sisi, inilah waktu terbaik untuk berlibur karena memang musim liburan. Tetapi di lain sisi, agak ragu karena sudah memasuki musim penghujan sehingga perlu persiapan khusus.

Buat kamu yang ingin berlibur di musim hujan saat ini ada saatnya melakukan beberapa persiapan yang “lebih” dari biasanya. Apa saja?

1. TENTUKAN LOKASI LIBURAN YANG TEPAT
Kalau menurut saya, lokasi seperti pantai, laut dan pulau sangat tidak cocok untuk liburan di musim hujan. Begitupula dengan pegunungan ataupun wisata alam lainnya.

Selain jalanan licin dan berbahaya, bahaya lain mengancam. Misal rawan longsor bahkan bisa jadi musibah seperti tsunami bisa sewaktu-waktu terjadi.
Lalu tempat apa yang tepat? Lokasi indoor bisa dipilih. Tidak harus mall juga. Di Jakarta dan banyak kota di Indonesia misalnya, banyak tempat wisata yang non-alam yang layak dicoba misalnya museum atau tempat indoor lainnya. kamu bisa mencoba wahana seru disana.

2.SEDIA PAYUNG SEBELUM HUJAN
Hehehe.pepatah ini benar adanya. Karena musim hujan kemanapun kamu pergi sebaiknya menyiapkan banyak hal untuk antisipasi hujan ketika perjalanan. Mulai payung, jas hujan bahkan mungkin baju ganti bila basah. Karena udara cenderung dingin, jangan lupa memakai jaket.

3.PERHATIKAN SOAL MAKANAN
Musim hujan akan membuat kamu gampang terserang penyakit. Perhatikan pola makanan yang tepat. Selain itu, jangan jajan sembarangan di tempat wisata. Jangan sampai gara-gara asyik berlibur, ujung-ujungnya menjadi sakit.

4.SIAPKAN DANA LIBURAN
Yes, memang ujung-ujungnya soal dana liburan. Walaupun musim hujan, kamu harus menyiapkan dana yang cukup untuk berlibur. Apalagi liburan indoor biasanya harus merogoh kantong lebih dalam, karena wahana bermainnya lebih mahal.

SELAMAT BERLIBUR, SEMOGA SELALU BAHAGIA.

10 komentar:

  1. Kalau di Bandung sama Makassar pasti lah sudah aku bakalan berlibur ke Trans Studio-nya karena bakalan asik banget seharian disana. Jadi, kangen liburan. :(

    BalasHapus
  2. Jangan lupa siapkan dana darurat mbak, soalnya musim ujan juga mewabah sakit DBD, types, dan selalu bawa obat2an pribadi sblm liburan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bgt mbak, banyak penyakit.kudu hati2 yaa.smg kita sehat semua, aamiin

      Hapus
  3. Yang aman liburan ke Mall aja kali ya mba,wkwkk aku kalau liburan mending pulang kampung.bener banget untuk pantai sebaiknya di hindari dulu...walaupun setelahnya tetap Takdir Allah,mudah-mudah’an kita semua dalam lindunganNya

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin...kalau mb dina dah jelas penggemar mall haha.asikk..

      Hapus
  4. Musim hujan kayaknya memang bukan waktu yang pas buat liburan outdoor, ya, mbak. Apalagi kalau hujan ini bawaannya juga mager malas kemana-mana. He

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama kayak aku mb.antung. mager bgt musim hujan :)

      Hapus
  5. Yg poin 4 itu yg paling penting hahaha...

    Aku kalo musim hujan gini mager mo ke mana2, lebih seneng di rumah aja walopun lagi liburan. Duduk2 santai di rumah dengerin suara hujan sambil baca novel favorit trus lama2 ketiduran itu sudah sama dgn liburan buatku, secara biasanya sih pasti heboh digangguin sama anak2 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha aku jg penggemar di rmh sembari bobo cantik wkwkw

      Hapus

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Berkomentar