Rabu, 09 Januari 2019

BAGAIMANA MENGEMBALIKAN SEMANGAT KERJA SETELAH LIBUR PANJANG




semangat bekerja kembali (dok : pribadi)


     

Desember hingga awal Januari memang selalu identik dengan libur panjang. Bukan hanya anak-anak sekolah yang libur, mereka yang bekerja pun banyak mendapatkan cuti bersama dari pemerintah. Bila ditambah cuti pribadi, libur tentu saja lebih panjang.

Biasanya cuti yang diambil di bulan Desember memang lebih banyak digunakan keluarga-keluarga untuk mudik atau berlibur. Lumayan, libur menjadi lebih panjang waktunya.

Seorang teman yang bekerja di jakarta mengaku Desember 2018 ini hanya bekerja selama 14 hari kerja. Hehehe..banyak banget liburnya kan? Karena di kantornya berlaku uang makan dan transport per hari juga...otomatis libur yang panjang mengurangi gaji Januari katanya hehehe.

Memang kebijakan libur masing-masing perusahaan berbeda. Ada yang mengikuti pemerintah. Tapi tidak jarang, perusahaan menentukan sendiri waktu libur bagi pegawainya agar menjadi lebih panjang. Bagi perusahaan memang mungkin akan mengurangi sejumlah “pendapatan” atas berkurangnya waktu kerja karyawan. 

Namun disisi lain juga ada banyak “penghematan” dengan liburnya karyawan yang lumayan panjang ini. Mulai dari penghematan listrik, air, internet, telephone, uang lembur sampai mungkin penghematan dalam bentuk materi lainnya. 

Sama-sama menguntungkan bukan? Harapannya tentu saja ketika masuk kerja kembali, semuanya memiliki semangat kerja yang lebih baik lagi.  
Sayangnya buat kamu para pekerja yang sudah terlalu panjang libur, kadang-kadang semangat bukannya manaik malah menjadi menurun. Bisa jadi karena sudah lama “dibuai” dengan hawa liburan yang menyenangkan.
Bagaimana dengan kamu?

Enam cara dibawah ini bisa kamu coba untuk mengembalikan lagi semangat kerja setelah liburan yang ternyata sangat panjang

1.INGAT-INGAT SOAL ENAKNYA BEKERJA
Hmmm..ingatkah kamu, begitu banyak orang yang sangat sulit mendapat pekerjaan. Kalaupun ada pekerjaan, gaji ternyata sangat minim. Bersyukurlah dengan pekerjaan yang kamu dapatkan saat ini. Rasa syukur yang mendalam akan membuatmu semangat bekerja kembali.

2.BUAT HARI PERTAMA BERBEDA
Berbeda? Yes, bisa banget. Misallnya kamu membuat “kejutan” bagi dirimu sendiri dengan memakai aksesoris yang tidak biasanya kamu pakai. Kemudian sesampai di kantor, segera atur meja kerja agar berbeda dengan sebelumnya. Bisa jadi ini akan menabah semangatmu.

3.DATANG LEBIH PAGI
Apa hubungannya ya? Ya ternyata ada energi yang berbeda ketika kamu datang lebih pagi dibandingkan rekan kerja yang lain. Minimal dengan datang lebih pagi kamu bisa “menguasai” kembali lingkungan kerjamu.

4.BEKERJA LEBIH PERLAHAN
Lebih perlahan bukan berarti kamu santai sepanjang hari. Ada baiknya, kamu memulai hari pertama dengan mengerjakan pekerjaan yang lebih ringan telebih dahulu. Kemudian seperti biasa, kembali membuat jadwal kerja, deadline dan barangkali target yang harus kamu capai.

5.MULAI MEMIKIRKAN MENABUNG KEMBALI
Hehehe..setelah barangkali banyak menghabiskan uang selama liburan, mungkin kamu harus memikirkan untuk  bekerja dan menabung kembali. Semangat untuk menabung bisa jadi memicumu untuk bekerja dengan lebih giat dan semangat.

6.MENULISKAN PENGALAMAN LIBURANMU
Menulikannya? Mungkin tidak pernah terpikirkan olehmu. Tetapi dengan menuliskannya kamu akan sadar bahwa semuanya tinggal kenangan manis yang tetap harus dikenang sembari tetap menatap masa depanmu.


12 komentar:

  1. ih paling susah itu mah, sudah kebaisaan santai terus

    BalasHapus
  2. Mulai memikirkan nabung kembali itu jleb banget. Tau aja sih kalo liburan biasanya tabungan terkuras hahaha

    BalasHapus
  3. Berhubung udah resign dari kerja kantoran jadi yang terpikir is nyemangatin suami supaya kerjanya semangat to the max berhubung dapet jatah fullday school. Selain itu juga tetep semangat untuk nge-blog hehe.

    BalasHapus
  4. Memang kalau kelamaan libur kerja itu bawaannya malas balik kerja lagi ya, kak. Tapi kadang kalau sudah di kantor bawaannya sudah enjoy lagi. Heu

    BalasHapus
  5. Aku kalo nulis pengalaman liburan bisa berasa pengen libur lagi neh wkwkwkk

    Enaknya itu keknya kerja dengan perlahan dan mengingat bakalan ketemu teman-teman seru di tempat kerja. Hihi

    BalasHapus
  6. Apa cuma aku yang selama akhir tahun gak libur tapi malah dikejar deadline hiksss

    biar aku semangat kerja, aku sih biasanya bikin sesuatu yg buat aku seneng terus. misal aku beli rak pulpen baru atau buku baru :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahahaha sabar ashya.indah pada waktunya ntar :)

      Hapus

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Berkomentar Dengan Baik ya :)