Senin, 24 Desember 2018

LIMA IDE LIBURAN DI RUMAH SAJA


liburan di halaman rumah (dok :pribadi)
 Wew, liburan benar-benar telah tiba. Sedikit curhat, sebenarnya minggu lalu kami sudah memesan tiket pesawat untuk liburan ke luar kota. Namun, ibu saya, nenek anak-anak, mendadak harus dilarikan ke rumah sakit.


Jadilah, rencana liburan yang sudah dirancang jauh-jauh hari terpaksa dibatalkan dengan me- refund tiket. Alhamdulillah bisa balik 50% sebulan lagi (katanya) inshaAllah hehehe..

Btw, hidup harus terus berjalan. Liburan juga akhirnya datang. Alhamdulillah, kesehatan ibu berangsur membaik dan rapor anak-anak yang cukup baik, lumayan mengobati kekecewaan gagal berlibur. Wajib disyukuri. Dan kami akhirnya memutuskan liburan di rumah saja atau sesekali jalan-jalan di dalam kota saja.

Akhirnya, terbetik beberapa ide, apa saja yang bisa dilakukan di rumah selama kurang lebih dua minggu. Apalagi anak-anak memang perlu men-charge kembali otak mereka agar ketika kembali ke sekolah nantinya sudah siap sedia lagi.

Berikut BEBERAPA IDE YANG BISA DILAKUKAN BILA INGIN BERLIBUR DI RUMAH SAJA :


1. Mari mencintai alam
hehehe..mencintai alam disini bukan mendaki gunung atau semacamnya loh. Maksudnya adalah berkebun. Anak-anak akan senang bila diajak mengisi liburan dengan menanam berbagai pohon buah atau bunga-bunga. Jangan lupa juga untuk membagi tugas memelihara tanaman yang sudah ditanam agar tumbuh dengan baik.

2. Yuks membaca dan "belajar " menulis
Mungkin selama ini sangat terbatas waktu untuk membaca dan menuliskan banyak kisah kehidupan (berattt ya?). Hmmm..maksudnya, meluangkan waktu untuk menulis apa saja agar anak-anak suka kegiatan menulis apa saja.
Untuk membaca sendiri bisa dengan membeli buku-buku bacaan bermutu bagi anak-anak. Bila terasa berat di kantong, tidak ada salahnya untuk mengajak anak-anak datang ke perpustakaan, memilih buku yang disukai dan mulai membaca.

3.Bersih-bersih
 Wow, ini emang agak berat untuk  mengajak anak-anak. Tapi buatlah semenyenangkan mungkin. Misalnya sembari mecuci sepatu dan tas yang biasa mereka pakai sehari-hari.

4.Olahraga bersama
Selama ini mungkin hanya di akhir pekan bisa dilakukan olahraga. Karena liburan, boleh dicoba untuk melakukan olahraga bersama-sama plus mencari sarapan pagi. Menyenangkan bukan?

5. Membuat kue/cemilan
Siapa bilang hanya anak perempuan yang suka memasak atau membantu membuat kue. Yuks ajak semua anak di rumah untuk belajar membuat kue bersama. Bila tidak jago bisa lihat di Youtube kok caranya.


6. Kemping Di Halaman Rumah
Ini pernah kami lakukan di halaman rumah. Modalnya sih memang punya peralatan seperti tenda. Namun bila tidak memungkinkan, mungkin bisa mencari cara lain.


AYO DISKUSIKAN BERSAMA KELUARGA 

Poin lain yang penting adalah mendiskusikan rencana liburan bersama keluarga. Menampung ide seluruh anggota keluarga kemudian merealisasikan bersama sangatlah menarik dan menyenangkan.

Kalau ini bisa diwujudkan, tidak perlu repot-repot lagi memikirkan liburan di luar kota.

SELAMAT BERLIBUR, SEMOGA SELALU SEHAT DAN BAHAGIA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Berkomentar