Kamis, 28 Maret 2019

MEMPERSIAPKAN DANA ANAK MASUK PESANTREN (1)

 
persiapan anak di pesantren (dok :daarelqolam)



Pendidikan bagi anak merupakan kewajiban bagi orang tua untuk mengupayakannya. Persiapan jauh-jauh hari jelas lebih baik.
Pesantren (Boarding School) bisa jadi pilihan. Seperti apa persiapan dananya?




Assalamualaikum,

Hallo. Sebelumnya maafkan saya yang minggu lalu tidak bisa memenuhi jadwal menulis. Padahal pasti sudah ditunggu-tunggu kan update an nya (hehehe..ini kepedean abis). Well, minggu lalu, mak yang satu ini memang sedang banyak kunjungan keluar kampung halaman hahaha dan nggak sempet lagi nulis (alasan lagi ini haha).

Baiklah, hari ini saya akan berbagi soal mempersiapkan dana anak yang akan masuk pesantren. Hmm..masuk pesantren? Mungkin tidak terbayangkan oleh para orang tua kebanyakan. Tapi beberapa orang tua yang lain memang meniatkan anaknya untuk masuk ke pesantren atau sekolah berasrama selepas mereka lulus Sekolah Dasar (SD) ataupun sekolah menengah (SMP).
 
Memasukkan anak ke pesantren sebenarnya boleh dikatakan gampang-gampang susah. Gampang ketika keinginan tersebut berasal dari diri si anak sehingga akhirnya segala sesuatunya berjalan mulus. Walaupun nantinya didalamnya akan ada banyak penyesuaian-penyesuaian yang mungkin tidak diharapkan si anak.

Sebaliknya akan menjadi lebih sulit bila keputusan tersebut berasal dari orang tua dan anak akhirnya agak setengah hati mengikuti keinginan orang tua. Namun cara yang pertama dan kedua, tidak ada yang salah. Dan tidak ada yang menjamin berhasil nggak nya.

Keputusan masuk pesantren memang bukan perkara mudah. Melibatkan banyak hal. Bukan hanya perasaan si anak tapi juga perasaan orang tua. Anak mungkin akan menghadapi dunia baru dan membutuhkan adaptasi yang tidak sedikit. Begitu juga dengan orang tua yang pastinya tetap berat melepaskan anaknya.
Namun tentu saja semua harus dijalani dengan keyakinan. Karena memang semuanya demi masa depan yang lebih baik. Terutama masa depan si anak dengan harapan akan memperoleh pendidikan agama yang lebih baik.

PERSIAPAN ANAK MASUK PESANTREN

Mempersiapkan anak agar bisa masuk dan pesantren bukan hal mudah. Saya mengalaminya sendiri. Apalagi kebanyakan anak-anak akan terpengaruh dengan teman-temannya mau melanjutkan sekolah dimana. Selain itu lingkungan keluarga besar dan rumah juga akan berpengaruh besar. Walaupun pada akhirnya mereka bleh saja beropini, kitalah sebagai orang tua yang harus memutuskan.

Oh iya memasukkan anak ke pesantren juga ada pro kontra di kalangan orang tua. Ada orang tua yang beranggapan memasukkan anak ke pesantren akan “ mengurangi” kasih sayang. Dengan kata lain seperti membuang mereka. Apalagi bila mereka yakin kehidupan di rumah jauh lebih baik dari dimanapun. Mereka juga akan memilihkan sekolah yang baik, yang mereka rasa cocok untuk anak mereka.

Tentu saja pendapat ini sah-sah saja.

Namun sebagian orang tua yang lain beranggapan pesantren bukan tempat membuang anak. Atau menyerahkan pendidikan anak mereka yang nakal ke lembaga pendidikan seperti pesantren. Pesantren akan mendidik anak-anak dalam 24 jam dengan berbagai pembekalan ilmu. Baik ilmu agama maupun skill hidup yang lain. Inilah yang mungkin lebih banyak mempengaruhi kami dan pada akhirnya memutuskan memasukkan anak ke pesantren.

Apa yang kami lakukan sehingga anak kami—sekarang setingkat kelas 2 SMP – akhirnya bisa dimasukkan di pesantren, walau masih banyak keluhan, tangisan dll. Namun secara umum, kami dapat mengatakan dia enjoy dengan kehidupan barunya tersebut. Ini beberapa tips persiapan anak masuk pesantren yang bisa saja share ke teman-teman semua.

1.BICARA DARI HATI KE HATI
Yes, ini salah satu cara yang kami terapkan. Membicarakan baik-baik ke si kakak yang mau dimasukkan ke pesantren. Awalnya memang ada penolakan. Namun setelah diceritakan kelebihan-kelebihannya, si kakak mulai menerima nya.
Hindari memaksakan pendapat dengan cara yang instan atau mau secepatnya. Kalalupun ada penolakan sebaiknya lanjut ke langkah kedua.

2.KENALKAN DENGAN DUNIA PESANTREN
Langkah kedua ini harus dilalui. Bahkan disarankan sudah dikenalkan beberapa tahun sebelumnya. Misalnya bila ingin memasukkan anak setelah tamat sekolah dasar (SD) maka ketika kelas 4 atau 5 sudah dikenal kan dengan dunia pesantren.

Bisa dengan buku bacaan, cerita tentang pesantren atau yang lebih bagus membangun chemistry anak dengan pesantren. Caranya ? mengunjungi pesantren-pesantren terutama yang kita rasa cocok dengan anak kita (akan kita pilih kelak).

3. LATIH ANAK LEBIH MANDIRI
karena disana kelak dia harus mengerjakan beberapa pekerjaan sendiri, latih mereka untuk lebih disiplin dan mandiri. skill dasar tentu harus mereka kuasai, misalnya mencuci baju mereka sendiri dan ikut serta membersihkan rumah sebagai bagian dari latihan kemandirian.

4.PERKUAT DOA DAN IBADAH
Bukan hanya anak yang dilatih untuk persiapan masuk pesantren. Orang tua juga harus menyiapkan energi lebih antara lain dengan berdoa dan beribadah degan lebih baik. Memohon pada-Nya agar dimudahkan segala sesuatunya sehingga anak juga terbuka hati dan langkahnya untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih baik.

5.PERSIAPKAN DANA
wow tentu saja kita harus menyiapkan sejumlah dana. Segera menabung, apalagi bila masih bberapa tahun lagi. cari sejumlah inpormasi tentang biaya yang dibutuhkan.  

Demikianlah tips dari saya? Ada tambahan lagi kah? Silakan di komen ya.

Oh iya tulisan ini masih bersambung di part 2 nanti nya. .see u
   






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Berkomentar