Senin, 27 Mei 2019

MENGHITUNG BIAYA MUDIK DEPOK-LAMPUNG 2019


Mudik udah kayak kewajiban. Sedapat mungkin dipenuhi sih , apalagi cuman setahun sekali yang rutin. Apa aja yang kudu disiapkan? ini rincian biaya mudik Depok-Lampung yaa

Assalamualaikum,

Alhamdulillah, ketemu lagi. Kali ini mau ngebahas soal mudik. Btw, menurut kalian kenapa mudik sudah seperti jadi kewajiban ya. Saya sendiri nggak tahu jawaban persisnya sih. Yang jelas, mudik lah yang jelas-jelas mempersatukan kita dalam satu momen. Momen lebaran yang indah.



Seperti biasa, kali ini kami akan mudik ke Bandar Lampung  dan harus menyesuaikan THR yang kami miliki.

BACA JUGA : THR KAMU BUAT APA? 

Nah, mengingat jumlah uang yang tidak banyak-banyak amat (jangan lupa bersyukur euy), kami harus sedisiplin mungkin menghitung pengeluaran keuangan kami, yee kan?  

Yang jelas sih, ada beberapa komponen utama yang harus dihitung ketika memutuskan untuk mudik dengan mobil pribadi, antara lain, servis mobil, sebelum berangkat, menyiapkan biaya bensin, biaya tol, asuransi mudik lebaran yang mesti dibeli, hingga biaya makan dan minum sepanjang perjalanan.

Persiapan 

Buat kamu yang ingin membawa mobil pribadi ke kampung halaman, persiapkan dengan baik ya keadaan dan kondisi mobil. Gunanya apaan sih? Tentunya untuk meminimalisir risiko buruk di perjalanan. Sebisa mungkin, siapkan sejumlah dana khusus untuk mendatangi bengkel sebelum mudik.

Selain ke bengkel, pastikan pula kendaraan terlindungi asuransi kendaraan bermotor. Asuransi kendaraan bermotor akan menekan risiko finansial yang harus ditanggung ketika terjadi sesuatu yang buruk dengan mobil kesayangan.

Biaya bensin

Untuk menghitung biaya bensin, carilah perkiraan harga bahan bakar tertinggi per liternya. Selain itu, cari tahu berapa jarak yang bisa ditempuh dengan 1 liter bahan bakar. Jangan lupa juga hitung jarak dari kota perantauan ke kampung halaman.

Harga bahan bakar saat ini ada di kisaran Rp 8.000 – Rp 9.400 per liternya. Untuk memudahkan perhitungkan, ambil saja angka tertinggi yaitu Rp9.400 per liter.

Lihat juga jenis mobil yang digunakan ya.
Untuk mobil Yarris 1500 cc sekitar 7,76 km per liter. Toyota Yaris dengan bahan bakar Pertamax mampu mengeluarkan tenaga maksimalnya sampai 106,1 bhp pada 6.000 rpm. Sementara Yaris dengan menggunakan Premium hanya mampu menghasilkan tenaga sampai 102,5 bhp saja.(oto. detik.com)
Jarak Depok- Pelabuhan Merak adalah 144 km
Jarak Bakauheni – Bandar Lampung adalah 140 km
Total : 284 km

Biaya yang dibutuhkan adalah : 284km : 8 km  (pembulatan) adalah 35,5km. Kemudian 35,5 kmx Rp 9400 adalah Rp 333.700

Karena PP biaya bensin adalah : Rp 667.400 Depok-Bandar Lampung-Depok)

Karena disana juga akan jalan ke beberapa tempat, kita tambah biaya bensin Rp 200.000 lagi. Total : Rp 867.400

Biaya Tol
Yes, buat kamu yang ingin menghitung biaya tol lebaran, cari tahu dong jalur tol nya.
Jakarta-Merak (via JORR) Rp 63.000-15% (Rp 9.450) jadi Rp 53.550 (detik.com)
PP Jakarta-Merak-Jakarta : Rp 53.550 x2 menjadi Rp 107.100
PP Tol Bakauheni-Bandar Lampung : Rp 112.500 x 2 : Rp 225.000
Total biaya tol  : Rp 107.100 + Rp 225.000 menjadi Rp 332.100

Biaya Masuk Kapal Penyebrangan dan tiket
Untuk kendaraan pribadi gol 4 Rp 579.000/ sekali jalan (merak-Bakau atau Bakauheni-Merak)
PP : Rp 579.000x2 yaitu sebesar Rp 1.158.000

Jadi berapa total biaya transportasi?
Biaya bensin : Rp 867.400
Biaya tol        : Rp 332.100
Biaya penyebrangan : Rp 1.158.000

TOTAL  TRANPORTASI: 2.357.100

Jangan lupakan biaya untuk makan dan minum
Bisa sih membawa bekal dari rumah. Namun biasanya tetap ada biaya yang dikeluarkan misalkan jajan anak-anak atau membeli sesuatu yang tak terduga. Budget biaya makan Rp 150.000

TOTAL BIAYA TRANSPORTASI PLUS MAKAN : Rp 2.507.100

PERBANDINGAN BILA NAIK DAMRI GAMBIR - B.LAMPUNG


per orang 200.000 x 4 kursi Rp 800.000
PP : 800.000x2 = Rp 1.600.000
Transportasi ke Gambir Rp 100.000x2 = Rp 200.000
Biaya Makan : Rp 150.000

TOTAL BILA MENGGUNAKAN DAMRI GAMBIR –B.LAMPUNG :Rp 2.150.000
Perbedaan biaya sekitar Rp 350.000 ya gaesss..

Hmmm..ternyata lumayan juga biayanya. Itu belum termasuk hitung-hitungan biaya ditempat mudik ya..huuhu..tetap semangat ya semuanya. Apapun pilihan kamu semoga yang terbaik ya..aamiin

4 komentar:

  1. Wah mantap ni ka, jadi tergambar berapa yang harus disiapkan. Mudahan kita diberi rezeki berlebih buat silaturahmi mudik lebaran. ��

    BalasHapus
  2. Aamiin. Mudahan ada rejeki nya..

    BalasHapus
  3. wah mantap ya dikalkulasi begitu teliti

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada beberapa yang harus diedit.trutama biaya tol nya. ntar di edit deh hahaha.tks mb tira..

      Hapus

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Berkomentar Dengan Baik ya :)