Minggu, 26 Mei 2019

THR KAMU BUAT APA?



    

THR buat apa? Selalu ada bayangan sebelum menerima THR, untuk apa digunakan. Namun kenapa ya dalam kenyataannya sulit diwujudkan. Ini jawabannya, guys

Assalamualaikum,
Alhamdulillah kita berjumpa lagi. Kali ini sudah memasuki puasa di minggu-minggu terakhir, semoga lancar ya teman-teman. Dan satu lagi, semoga penuh keberkahan ibadah yang kita jalani.



Yes, akhir-akhir bulan puasa selalu diiringi dengan sesuatu? Hah, sesuatu? kesannya aneh-aneh gitu ya. padahal nggak kok. saya au cerita soal THR, ya Tunjangan Hari Raya.

Buat para pekerja, THR sesuatu yang bisa jadi ditunggu-tunggu. kebijakannya sih tiap-tiap perusahaan berbeda-beda. Tapi minimal banget ya 1x gaji. Tapi banyak juga perusahaan yang menetapkan THR ini menjadi 2x gaji pokok bahkan 3x. Duh, kerennya ya.

Pada dasarnya sih, sesuai namanya, THR memang digunakan buat keperluan hari raya hehehe.. terserah sih, mau buat orang tua/mertua, beli-beli baju buat anak-anak, beli kue, mudik atau apalah yang berhubungan dengan hari raya. Cukup nggak cukup harus cukup lah yaa..soalnya sudah jadi rahasia umum, kebutuhan di Hari raya itu membengkak, entah kenapa..

Bisa nggak ya THR ditabung? Ini selalu jadi khayalan (saya) .Namun, kalau nge-pas, boro-boro ditabung ya. sudah syukur kebutuhan hari raya cukup. Itu saja sudah bagus banget.

THR SAYA BUAT APA? THR KAMU?

Sebagai seorang kuli part time selama beberapa tahun terakhir, saya bersyukur banget, selalu dapat THR kayak orang-orang. Nggak banyak, 1x gaji saja. Namun itu juga udah saya syukuri banget hehe

Selain THR saya, suami yang juga pekerja juga menerima THR juga. Jadi totalnya ya 2x THR yang kami dapatkan. Biasanya buat apa? Seperti yang saya jelaskan diatas, biasanya saya selalu berkhayal, sedikit THR bisa ditabung atau dibelikan emas batangan (ngayalnya berlebihan ini hahaha). Hmm, tapi yang jelas, kenyataan biasanya tidak sesuai khayalan.

Mengapa khayalan menabung THR selalu gagal? Jawabnya, karena kebutuhan lebaran itu banyak banget dan THR yang kami miliki ternyata memang cukup buat dana lebaran saja. Alhamdulillah.

Apa saja kebutuhan dari THR yang kami dapatkan? ini listnya :

- Mudik
Dana ini bisa dikatakan paling besar. Biasanya mudiknya ke Lampung  dengan rincian sudah pasti adalah biaya bensin mobil (atau tiket bis kalau naik kendaraan umum), biaya tol, biaya masuk kapal, biaya tak terduga (makan di jalan, anak-anak minta jajan ) dll

- Beli oleh-oleh
Ini juga tidak sedikit. Biasanya saya selalu mengalokasikan dana untuk ini. Entah sekedar beli kue-kue atau beli yang lebih berat seperti sejumlah mukena dan sarung buat dibagikan atau baju lebaran untuk sanak sodara (jarang sih kalau ini).

- "THR" sodara
Bole percaya atau tidak. Dana ini juga selalu kami alokasikan. Biasanya kami list terlebih dahulu, siapa saja yang akan kami beri " sumbangan"/ sedekah atau apalah namanya. Biasanya meliputi ponakan-ponakan, om/tante (yang agak kurang mampu) sampai para adek2/tamu yang datang ke rumah.

- Buat orang tua
Ini juga selalu dialokasikan

- Beli baju anak-anak /sendal/sepatu
terus terang kami termasuk yang jarang membelikan baju buat anak-anak. Hanya sesuai keperluan saja kalau di bulan-bulan biasa. Nah , makanya dapat THR biasanya anak-anak berbaju baru.

- Kue lebaran
Meskipun selalu berlebaran di kampung, adalah sedikit beli kue buat di rumah juga. Biar hari raya tetap terasa begitu kami kembali ke rumah.

-Zakat
ini tentu saja wajib dibayarkan dan pasti sudah jelas kami hitung peruntukannya.

Oh iya, selain selain sebagai dana lebaran, THR yang kami miliki biasanya juga dipakai sebagian buat kebutuhan tahun ajaran baru. Maklumlah dalam beberapa tahun terakhir, lebaran dan tahun ajaran baru itu deketan banget. Jadinya dananya ya harus dibagi (catatan :  PNS atau beberapa kantor  juga menyediakan gaji ke-13 atau dana pendidikan di tahun ajaran baru)

Well, idealnya sih, bila THR kamu berlebih, sebagian THR bisa digunakan untuk menabung bahkan berinvestasi, tentunya sekali lagi bila dananya berlebih yaa..

Karena biasanya THR akan digunakan untuk : mudik, oleh-oleh, membeli keperluan lebaran, zakat dan sedekah, berbagi dengan keluarga dan banyak hal lagi.

Jadi, THR kamu digunakan buat apa?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Berkomentar Dengan Baik ya :)