Senin, 22 Juli 2019

MAU JUALAN UNTUNG? DI SINI TEMPATNYA



 
Berkembangnya internet dan dunia digital membuat banyak hal berubah. Bila dulu orang harus repot mencari toko untuk lahan berjualan. Kini jualan online di market place bisa menjadi pilihan.

Dua tahun lalu, saya dan suami tertarik membuka sebuah toko. Pertanyaan saat itu, toko apa yang ingin kami buka? Dimana lokasinya? Berapa kira-kira modalnya? Melalui diskusi dengan seorang teman baik yang sudah berpengalaman dalam berbisnis, kami akhirnya memutuskan membuka toko alat tulis kantor (ATK).

Melalui bantuan teman ini juga kami mendapatkan sebuah toko yang lumayan besar juga. Tentu dengan akses yang cukup bagus. Toko ini dekat dengan beberapa sekolah,  puskesmas sampai kantor kelurahan. Ideal-lah buat berbisnis ATK. Ringkas cerita, kami menyewa toko ini selama enam bulan dan membayar di depan biaya sewanya.

Setelah semuanya lancar, kamipun mulai mengoperasikan toko ini. Kalau kalian bertanya siapa yang bertanggungjawab di toko tersebut? Jawabnya adalah saya sendiri. Ya, saya sebgai pemilik sekaligus karyawan. Hitung-hitungan kami waktu itu, kalau harus mengambil satu orang karyawan lagi saja, rasanya belum waktunya dan terlalu bayak mengeluarkan modal.

Sebulan sampai dua bulan pertama toko ini bisa dikatakan lumayan. Lumayan pengunjungnya, lumayan tingkat keuntungannya. Namun memasuki bulan ketiga, toko yang tadinya lumayan ramai mendadak sepi. Kami tidak tahu penyebab pastinya. 

Namun sampai bulan keenam, kondisi tidak banyak berubah hingga akhirnya kami memutuskan mengakhiri sewa dan “memindahkan” toko ke rumah yang kebetulan juga berdekatan dengan banyak kost mahasiswa. Alhamdulillah, hingga saat ini tokonya masih ada.

Itulan sepenggal kisah saya berjualan di toko offline.

HARUSKAH BERPINDAH JUALAN ONLINE

Jualan untung di Blibli.com


Pasca terhentinya sewa toko memang terus memikirkan cara berjualan yang tepat seperti apa. Beberapa kawan menyarankan untuk berjualan di online saja.
Seperti yang sudah kita ketahui, berjualan online tentu saja memiliki banyak keuntungan. Mungkin, kalau kita ingat sepuluh atau dua puluh tahun yang lalu, tidak banyak orang yang membayangkan berjualan akan semudahan saat ini. Kala itu, betapa repotnya bila ingin berjualan barang. Minimal yag harus dilakukan adalah mencari lokasi strategis plus memiliki tokonya. Tidak punya toko? Bisa sewa sih. 

Tapi tetap tergantung lokasi. Makin strategis dan dekat dengan keramaian, maka dapat dipastikan harga toko juga semakin mahal.
Tapi ternyata internet memang mengubah segalanya. Orang dengan mudahnya bisa berjualan secara online. Banyak sih caranya. Bisa membuka website sendiri, melalui instagram atau media sosial lainnya sampai jualan lewat Whatsap misalnya.

Jualan di online memang menjanjikan banyak keuntungan. Beberapa diantaranya adalah

PEMBELI TIDAK TERBATAS
Yes, pembeli kita bakal luas banget dan menjangkau berbagai penjuru. Bukan hanya di Indonesia bahkan di seluruh dunia. Karena sekali lagi terhubung dengan internet tadi.

Data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia ( APJII) di 2019, menyebutkan dari total penduduk Indonesia yang berjumlah 264 juta jiwa, ada sebanyak 171,17 juta jiwa atau sekitar 64,8 persen yang sudah terhubung ke internet. Luar biasa bukan?

TIDAK PERLU SEWA TEMPAT
Tentunya berjualan online tidak perlu repot sewa tempat dong ya. Akana da penghematan. Yang penting banget jaringan internet oke. Sehingga bisa berinteraksi dengan pembeli online kapanpun juga.

BISA DIURUS SENDIRI
Kamu belum bisa membayar karyawan? Tenang. Di toko online yang kamu kelola tidak butuh karyawan yang banyak. Bahkan bisa diurus sendiri.

TIDAK TERBATAS WAKTU
Secara umum waktunya sangat fleksibel. Namun biasanya beberapa penjual online tetap menetapkan batas waktu jam kerja mereka.

BELAJAR DARI BLIBLI.COM

Andai sejak dulu paham tentang berjualan online, mungkin saya akan langsung terjun menjadi seller di Blibli.com. Memang  membicarakan tentang tempat berjualan, kita harus melirik tempat berjualan online prospek yang satu ini, Blibli.com. Pertanyaannya, mengapa harus Blibli.com? Bukankah banyak marketplace sejenis? Apa keunggulan marketplace yang satu ini?


Blibli mempunyai banyak keunggulan bagi saya atau siapa saja yang  ingin secara profesional. Mengapa? Karena disini ada beberapa keunggulan



1. Keluasan Pilihan Kategori
Hampir semuanya bisa dijual melalui Blibli.com. Ada 16 kategori belaja yang ditawarkan . jadi mau jualan apa saja bebas guys. Asal memenuhi syarat produk ya.

 
2. Gratis Photo Produk
Kamu merasa terkendala karena tidak bisa foto produk dengan baik? Tenang, di Blibli.com akan dibantu kok. Karena setiap penjual di Blibli.com dapat menikmati fasilitas foto produk secara gratis.

3. Kemasan Gratis
Ini unik banget. Blibli.com menyediakan kemasan gratis dalam bentuk box yang disediakan secara gratis oleh Blibli.com. Selain keamanan terjaga juga terlihat lebih exclusive dimata pembeli.

4. Gratis Biaya Kirim
Dikala harga pengiriman barang menuju harga yang mahal, Blibli menyediakan gratis biaya pengiriman hingga ke seluruh Indonesia untuk setiap produk reguler.

5. Proses Pengiriman Mudah
Blibli.com memiliki lebih dari 30 logistik yang akan mempermudah proses pengiriman ke seluruha Indonesia. Dipastikan akan mempermudah pada seller.

6. Ada Asuransi Pengiriman Produk
Ini bukan hanya menguntungkan bagi pembeli. Penjual juga diuntungkan karena Blibli menjamin keamanan produk yang dikirim penjual.

7, Layanan Merchant Care
Apakah ini? Yaitu Call-center khusus untuk penjual yang akan membantu mengatasi kesulitan para penjual yang akan berjualan.

8. Terdepan dalam Inovasi In Store
Blibli juga menyediakan layanan khusus bagi merchant agar dapat menjual produk offline dengan menikmati fasilitas pembayaran online.

Tunggu apa lagi? Segera pelajari kerjasama dengan Blibli.com kemudian mulai menjadi mitranya. Jualan untung jadi ga tanggung-tanggung.




Tulisan ini diikutkan dalam lomba blog

“Blibli Seller Blog Competation”


18 komentar:

  1. Saya juga pernah merasakan suka duka berdagang meskipun belum punya toko. Dari zaman kuliah dulu buka bazaar atau nawarin ke teman-teman dan kakak senior. Untung sekarang sudah banyak marketplace untuk berjualan online ya mbak. Bisa menghemat biaya operasional dan bisa banyak untung deh. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak. penuh suka dan duka hehehehe...bener banget sejak ada market place terasa lebih praktis berjualan hihihi
      tetap semangat deh
      makasih sudah berkunjung..

      Hapus
  2. Saya pangling sama yang nomer 4, beneran gratis kh Mbak? Atau kita yang di Kalimantan cuma dapat potongan biaya kirim? *harap-harap cemas*

    Yang nomer 8 masih tak paham, *ketaun kudet*, baru tau saya sama fasilitas in store ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa ra,boleh dicoba. yang no * harus dipelajari lebih lanjut bila mau kerjasama loh..

      Hapus
  3. Sempat punya niat berjualan karena memang suka ngotak-atik segala rupa. Hasilnya pajang di medsos. Ada juga yang beli tapi ya terbatas banget..mungkin kalau gabung di blibli.com pasar bisa lebih luas lagi. Harus dicoba.

    BalasHapus
  4. Kadang kalau bs lebih baik dua2nya sih online dan offline jd smkin bnyk lg menjangkau pembeli hehe Tapi kalo di online saja sdh rame misalnya tentu yg offline lbh bagus jd tmpat gudang barang sih ya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener jg. yang di toko or rumah jadiin gudangnya aja. ada yang kayak gt pernah liat di bandung.online baju nya sukses bgt

      Hapus
  5. Aku uda cukup lama sih jadi pembelinya blibli tapi belum kepikiran jadi pedagang. Mgkn karena aku tak tau mau jual apa. Cuss mba jualan onlen juga

    BalasHapus
  6. aku juga lagi mau pasarin produk kopi ku di blibli nih mba. memperluas pasar kan 😍
    soalnya kaya lebih eksklusif gitu

    BalasHapus
  7. Aku pernah berbincang langsung dengan seorang pemilik store online, memang keluhannya kadang ada di harga sewa tempat. Untuk bisa membayarnya, dia harus menaikkan harga. Alhasil, karena harga lebih mahal dari online, maka tokonya sepi. Di sisi ini, jualan online itu sungguh terlihat keuntungannya ya mbak.

    BalasHapus
  8. Aku tipe introvert yg gak pede jualan dg cr nawarin barang langsung. Emang lebih enak jualan online sih kalo aku.. Haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi malu kalau nawarin langsung ya. mending jualan online aja,gak ketemu orangnya haha.cuss..

      Hapus
  9. Aku dulu pernah belanja di blibli.com, enak dan cepet bangt nyampenya 😄


    Salam,

    www.rizkyashya.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak ashya, cepet kok. Karena seller dan blibli-nya berpengalaman di bidangnya :)

      Hapus

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Berkomentar