Jumat, 26 Juli 2019

MILLENIAL, AYO BERASURASI DI SEQUIS


         

Asuransi kesehatan sudah menjadi kebutuhan pokok. Bukan hanya karena berobat sudah semakin mahal tapi karena memang semakin banyak penyakit yang hampir tidak bisa diprediksi kapan datangnya.

Cerita sedih ini adalah tentang seorang sahabat yang telah berpulang. Beberapa tahun yang lalu, seorang sahabat akhirnya harus mengakhiri hidupnya karena kanker serviks pada usia 30 tahun. Terlampau muda memag untuk mengakhiri hidupnya. 


Penyakit yang diketahuinya memang sangat terlambat tersebut akhirnya hanya mampu dihadapinya selama enam bulan saja.

Yang menyedihkan, biaya yang dikeluarkan untuk mengobati penyakit tersebut ternyata tidak sedikit. Dan apesnya, sahabat tersebut tidak memiliki asuransi kesehatan dan kantornya juga saat itu tidak memberikan fasilitas asuransi kesehatan yang mencukupi. Menyedihkan.

Ending dari cerita ini adalah bisa dikatakan asset dari teman tersebut yang sudah dikumpulkannya selama bertahun-tahun akhirnya ludes dan walaupun sudah takdir, sahabat ini akhirnya memang mengakhiri hidupnya.

Percayakah kawan, banyak orang yang enggan membeli asuransi kesehatan dengan alasan mahal. Padahal bila mereka mengerti, sebanyak apapun harta yang mereka miliki tetapi bila sakit parah sudah menyerang, harta yang banyak tersebut akhirnya bisa terkuras habis. Mengapa? Karena hari ini dan kedepannya biaya kesehatan dan pengobatan sangatlah mahal.

Tidak heran banyak yang mengatakan, sehat sebenarnya adalah salah satu harta yang paling berharga. Alasannya ya itu tadi, sakit bukan barang murah lagi. Bagaimana dengan kamu?

MILLENIAL LUPA ASURANSI KESEHATAN?

Oke, kita samakan terlebih dahulu persepsi kita tentang kaum millenial. Kaum millenial yang disebut disini adalah mereka yang lahir pada rentang waktu tahun 1980-1997. Mereka ini disebut sebagai generasi millenial karena memang merekalah "kaum" yang telah melewati milenium kedua, sejak ada teori generasi-nya Karl Mannheim pada 1923.

Salah satu ciri millenial yang menonjol adalah mereka melek teknologi, menyukai pekerjaan yang sesuai passionnya dan  lebih banyak menghabiskan hidupnya dengan traveling atau sesuatu yang menyenangkan.
Usia milenial sendiri bisa dikatakan usia rawan. Mengapa? Karena di usia ini mereka memang lebih banyak menghabiskan waktu untuk dua hal saja. Bekerja keras kemudian kalau ada uang lebih akan jalan-jalan atau melakukan hal menyenangkan lainnya.



Namun sekali lagi, yang seringkali mereka lupakan adalah membeli produk asuransi dan berinvestasi. Hari ini kita akan membahas asuransi saja. Khususnya asuransi kesehatan.


Well, seperti yang kita ketahui, di berbagai peristiwa, banyak yang masih muda tetapi akhirnya terkena penyakit berat dan akhirnya tidak sanggup lagi bekerja bahkan berakhir dengan meninggal dunia.

Sekali lagi, meninggal dunia memang takdir. Tapi mengapa seringkali kita tidak mengupayakan yang terbaik untuk kehidupan kita?

Millenial adalah usia produktif yang bisa dikatakan lagi semangat-semangatnya bekerja. sayangnya mereka kadang melupakan banyak hal seperti hidup sehat dan memperhatikan kesehatannya. Hal lain yang juga seringkali mereka lupakan adalah membeli produk asuransi kesehatan yang sebenarnya untuk mereka juga.

Padahal, millenial yang bekerja justru harus mengutamakan kesehatan karena bila sudah sakit, semuanya akan terganggu. Termasuk persoalan bekerja dan mengumpulkan uang.

Jadi, mengapa millenial harus berasuransi kesehatan? Ini beberapa alasannya.

PREMI MASIH RINGAN
Kamu yang millenial artinya masih muda. Tentu saja akan memiliki premi yang ringan ketika mengambil asuransi. kategori usia dari pihak asuransi biasanya di bawah 20 tahun, 20-35 tahun, 35-45 tahun, di atas 45 tahun. Nah, kalau kamu masih muda, bisa diperkirakan akan ada “diskon” premi yang cukup lumayan.

TENANG BEKERJA
Mempunyai asuransi kesehatan sama dengan membeli ketenangan. Mengapa? Karena bila kamu jatuh sakit, kamu tidak perlu merepotkan orang tua atau saudara bukan? Kamu akan tenang dalam bekerja karena terlindungi sudah dari risiko sakit.

MEMBUAT AMAN TABUNGANMU
Mungkin ketika kamu masih muda, kamu tidak memilki jumlah tabungan yang super banyak. Mungkin masih dalam tahap mengumpulkan pundi-pundi uang. Nah dengan membeli asuransi kesehatan berarti tabunganmu terlindungi karena sakit sekali lagi mahal. Dan bila itu terjadi sedangkan kamu tidak memiliki tabungan yang cukup, maka dapat dipastikan akan sangat menguras keuangan.

SEQUIS BISA JADI PILIHAN

Salah satu perusahaan asuransi yang dapat diandalkan adalah Sequis. Bagi kamu yang ingin mendapatkan perlindungan menyeluruh dalam kesehatan bisa memilih asuransi ini.

APA SAJA PRODUK ASURANSI KESEHATANNYA?

Mau tau apa saja produknya Sequis. Ini beberapa penjelasannya ya.

Sequis Q Infinite Medcare Rider
Ya, produk ini memberikan banyak keuntungan. Antara lain perlindungan kesehatan sampai Rp90 miliar per tahun. Yang menarik lagi ada Fasilitas perawatan VIP dan VVIP di seluruh dunia. Kemudian ada Fasilitas Cashless di lebih dari 500 rumah sakit di Indonesia dan lebih dari 50 rumah sakit di luar negeri khususnya Malaysia dan Singapura
Keuntungan lainnya adalah memiliki empat plan perlindungan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Selain itu juga memberikan manfaat kematian karena kecelakaan,  manfaat tambahan kanker dan serangan jantung yang langsung dibayarkan (0* survival period). Masih banyak lagi keuntungan lainnya.

Sequis Q Prime Platinum Plus Rider
Produk yang satu ini memiliki perlindungan kesehatan hingga usia 85 tahun. Yang menariknya tidak ada minimum uang pertanggungan. Ada klausul akan membayarkan biaya rawat inap tambahan yang dapat digunakan apabila terjadi kelebihan biaya rawat inap yang ditimbulkan akibat prorata pada produk ini.

Sequis Q Health Platinum Plus Rider
Ada beberapa kelebihan dari produk ini. Antara lain adanya perlindungan kesehatan yang melindungi hingga 85 tahun. Kemudian memberikan manfaat tambahan untuk penyakit kanker dan serangan jantung. Menariknya lagi akan ada bantuan jasa atas perjalanan dan pengobatan darurat

Critical Illness Protection. Sesuai namanya produk ini melindungi dari berbagai penyakit kritis.

Lady Health Protection. Sedangkan produk yang satu ini dikhusukan bagi pemegang polis wanita.

BAGAIMANA BILA INGIN KLAIM ? ADAKAH YANG ARUS DISIAPKAN?

Tentu saja ada. Namun yang harus diingat, selama semua persyaratan klaim telah terpenuhi, data yang diberikan lengkap, benar dan akurat maka tidak usah ragu mengajukan klaim.

Namun, secara umum ada dua sistem yang digunakan dalam klaim kesehatan Sequis yaitu Cashless dan Reimbursement

Cashless bisa dikatakan sangat praktis. Mekanisme pengajuan klaim menggunakan kartu pada saat di rawat  di rumah sakit rujukan atau rekanan dari penanggung (perusahaan asuransi). Sehingga tidak perlu membayar dengan uang tunai.

Sedangkan proses administrasi sistem cashless tersebut, penanggung akan bekerja sama dengan penyedia layanan pihak ketiga (third party administrator). Sequis saat ini bekerja sama dengan AdMedika.
Fasilitas cashless berlaku di seluruh jaringan rumah sakit yang bekerja sama dengan pihak penanggung di dalam dan luar negeri.

Sedangkan bila kamu memilih klaim dengan cara penggantian biaya (reimbursement) maka pasien akan membayar semua biaya pengobatan kepada pihak rumah sakit ketika menjalani rawat inap.

Setelah sehat atau keluarganya bisa mengajukan klaim dengan melampirkan dokumen wajib serta dokumen pendukung yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi paling lambat 30 hari setelah keluar dari rumah sakit.

Biasanya, pasien yang menggunakan fasilitas klaim reimbursement diharuskan mengisi dan menandatangani formulir pengajuan klaim perawatan rumah sakit dan menyerahkan Surat Keterangan Dokter (SKD), fotokopi identitas tertanggung yang berlaku, kuitansi dan rincian tagihan asli serta dokumen-dokumen pendukung yang dikeluarkan rumah sakit. Formulir bisa didapat di website Sequis.

KEMANA BILA INGIN MEMILIKI SEJUMLAH PRODUK DI ASURANSI INI?

Bila kamu menginginkan bergabung dengan asuransi Sequis atau sekedar ingin mengetahui dahulu produk dan layanannya, dapat menghubungi Sequis Care di nomor telepon (62-21) 2994 2929 pada setiap hari kerja pukul 08.15 - 17.00 WIB atau melalui email ke care@sequislife.com.
Demikian ulasan lengkap asuransi kesehatan khususnya bagi pengguna dengan usia millenial. Semoga bermanfaat.

TULISAN INI DIIKUTKAN
DALAM KOMPETISI BLOG SEQUIS

6 komentar:

  1. Saya agak terlambat menyadari pentingnya asuransi. Gaji dll habis gitu aja tanpa investasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bang day. Kadang uang habis begitu aja. Mari rajin ber asuransi hehe

      Hapus
  2. Asuransi memang penting banget. Apalagi kalau sudah berkeluarga. Kebayang kemarin waktu lahiran dengan cara operasi caesar bisa hemat 60% karena ada asuransi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbak, apalagi asuransi kesehatan loh, preminya sebenarnya murah aja tapi kadang kita malas berasuransi
      makasih sudah berkunjung..

      Hapus
  3. Sebagai generasi muda saat ini maka aku pun harus sadar untuk mempunyai asuransi karena asuransi itu memang sangat penting untuk masa sekarang dan juga masa depan. Btw, salam kenal ya, Kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak. Bener banget. Makasih ya sudah ber kunjungan­čśâ

      Hapus

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Berkomentar