Rabu, 15 Mei 2019

SELALU TERBELIT UTANG? INI CARA MENGATASINYA


Benarkah setiap orang pernah punya utang? Jawabnya iya. Tapi kemudian ada yang sanggup membebaskan diri dari belitan utang yang menggunung dan ada juga yang terjebak dari gali lubang tutup lubang untuk utang-utangnya. Sedih pastinya.

Assalamualaikum,

Alhamdulillah, semoga puasa kita lancar ya semuanya plus ibadah kita selama bulan puasa mendapat keberkahan.Aamiin

Kali ini saya ingin berbagi bagaimana agar kita tidak terbelit dengan utang piutang yang membebankan kita. Bukan hanya membebankan dan menjadi pikiran di dunia loh. Utang ternyata juga akan membebani kita di akhirat. Apalagi kalau lalai dibayarnya. waaa..utang dibawa mati guys.


Btw, suatu hari seorang teman yang bekerja sebagai PNS di sebuah kementerian berkata : tidak ada satu PNS pun yang tidak punya utang. Semua pasti punya. Terutama karena kemudahan menggadaikan SK PNS nya untuk berutang di bank. Belum lagi utang koperasi, ujarnya.

Pokoknya saking gampangnya berutang, PNS yang belum setahun saja bisa punya utang lumayan besar. bayarnya gimana? ya dari potongan gaji tiap bulan. Menurut teman tersebut, tak masalah gaji tinggal sedikit. Tiap bulan masih ditopang dengan pendapatan lainnya kok. Wow banget..

Saya sih tidak tahu benar atau tidak pernyataan ini. Apalagi saya dan suami bukan PNS hahaha. Tapi melihat kenyataan, sepertinya memang benar banyak yang berprilaku demikian. Walaupun ada juga segelintir PNS yang anti  berhutang contohnya kedua orang tua saya sendiri.

Saya dan keluarga sendiri sudah mengalami yang namanya banyak utang dan terlilit utang. Terutama utang kartu kredit. Alhamdulillah kami berhasil mengatasinya (saat itu dengan jual aset) dan akhinya menutup dua kartu kredit.


Pendapat saya pribadi, mau berhutang atau tidak tentu saja tergantung keperluan masing-masing. Dan juga prinsip masing-masing orang. Yang jelas, utang yang konsumtif tidak dianjurkan. Misalnya utang untuk kesengan yang lebih besar bahkan menurut saya, utang untuk hidup yang lebih nyaman juga tidak patut dicoba.

Beberapa langkah berikut bisa dicoba bagi kamu yang sudah terlanjur terlilit utang dan ingin segera selesai.

1.Jangan Gali Lubang Baru
Ini memang harus dipastikan lagi. Meskipun kamu sudah terbelit utang untuk selanjutnya jangan menambah utang baru apalagi gali lubang tutup lubang. Kamu membayar utang yang jatuh tempo dengan berhutang ditempat lain lagi.
Kondisi ini sangat tidak baik dan merugikan. Cara terbaik menurut saya adalah segera menyelesaikan utang tersebut dengan cara terbaik. Misalnya menjual aset yang kira-kira bisa dijual cepat.

2.Segera Lunasi Utang Berbunga Tinggi
Bingung karena banyak utang? Jika tak mampu lunasi semua, lakukan prioritas. Bayar utang dengan bunga paling tinggi terlebih dahulu baru bunga lebih rendah.

3.Minta Dukungan Keluarga
Percayalah, keluarga adalah tempat terbaik kita untuk kembali. Bila mereka tidak bisa membantu secara materi pun tak masalah. Mintalah dukungan dan doa.


4.Bertarget
Kamu harus memiliki target yang jelas kapan utang-utang tersebut lunas. Upayakan menambah pendapatan lain dan mengurangi pengeluaran tak penting. Berpikir cerdas juga bagaimana agar target tersebut tercapai. Misalnya dengan menyisihkan dana lebih besar untuk membayar cicilan utang misalnya.

5.Hidup Sederhana
Banyak orang yang rela terlihat gaya meskipun nyatanya banyak utang dimana-mana.

Saran saya, kembalilah ke jalan yang benar. Hiduplah secara sederhana saja apalagi bila kamu memiliki utang yang tidak sedikit. Hidup sederhana bukan berarti pelit. Kamu hanya perlu menyingkirkan hal-hal nggak penting dalam hidupmu. Misalnya kebiasaan nongkrong, piknik tiap weekend atau kebanyakan makan di luar.

Semoga kita semua bisa terbebas dari utang ya. Tetap semangat dan selamat berpuasa..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Berkomentar