Minggu, 17 November 2019

ITINERARY LIBURAN KE PALANGKARAYA BERSAMA BOOKINGLOKAL



Sebagai orang asli Kalimantan -- yang kelamaan tinggal di Pulau Jawa -- rasanya penasaran sekali ingin menjelajah sudut-sudut  Kalimantan. Kami ingin mencobanya dari Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Assalamualaikum,

Desember nanti, saat anak-anak libur sekolah, kami rencananya akan mengarahkan liburan kali ini ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Palangkaraya kami pilih karena memang tidak terlalu jauh dari Banjarmasin, kota asal saya. Palangkaraya, seperti yang kita ketahui, pernah menjadi calon ibukota baru RI. Walaupun akirnya pemerintah memilih Kalimantan Timur sebagai ibukota baru kelak.
 Dari Banjarmasin menuju Palangkaraya hanya membutuhkan waktu  3-4 jam lewat darat, dengan jarak sekitar 180 km. Jalannya pun kabarnya sudah bagus dan mulus. Jadi penasaran kan? Kami berencana naik angkutan umum bus Banjarmasin-Palangkaraya atau malah rental mobil saja untuk kepraktisannya.



MENGINAP DIMANA DI PALANGKARAYA
Sebelum berangkat, kami sudah memesan hotel dalam kota untuk 3 hari dua malam. Kami memesan di BookingLokal. Apalagi Rp.1000 SatuMalamPertama di kota-kota tertentu.
Kami rencana menginap di Wisma Liontine dengan biaya Rp 250.000/malam. Pertimbangannya, akses mudah di tengah kota, cukup bersih, ada akses internet yang baik dan ber-AC.Itu cukup buat kami yang rencananya akan banyak menghabiskan waktu di luar hotel saja untuk berwisata sepuasnya.

KEMANA SAJA DI  PALANGKARAYA?

Menjadi tantangan tersendiri ketika liburan menuju sebuah kota dimana kita akan menginjakkan kota tersebut untuk pertama kalinya. Tapi baiklah, saya akan menyusun itenary liburan ke Palangkaraya untuk 3 hari 2 malam

HARI PERTAMA
Kami rencana berangkat Palangkaraya jam 8 pagi. Jam 12 siang sudah sampai Palangkaraya. Langsung menuju hotel yang sudah kami booking di bookinglokal.com. Hari pertama hanya wisata yang dekat-dekat saja

Jembatan Kahayan (dok: BanjarmasinPost)

# Jembatan Kahayan & Taman Pasuk Kameloh
Jembatan Kahayan adalah landmark kota Palangkaraya. Selain bentuknya yang unik, terdapat lukisan motif dayak di beberapa bagian kaki Tempat terbaik yang bisa sekalian dikunjungi adalah Taman Pasuk Kameloh. Kalian bisa coba berfoto dengan latar Jembatan Kahayan dan Sungai Kahayan dari Taman Pasuk Kameloh yang letaknya berada sangat dekat di sisi bawah jembatan.

#Tugu Soekarno
Tak jauh dari Taman Pasuk Kameloh, cukup berjalan kaki  bisa mengunjungi Monumen Tugu Soekarno. Dulunya, tugu ini merupakan tempat tiang pancang pertama yang diletakkan oleh Presiden Soekarno saat meresmikan Kalimantan Tengah.

# Susur Sungai Kahayan
Jika sudah puas di Tugu Soekarno, bisa turun ke dermaga yang letaknya tak jauh dari situ. Di dermaga ini ada beberapa perahu bermotor yang menawarkan jasa untuk wisata susur Sungai Kahayan. Sore hari menjadi waktu terbaik untuk mencoba wisata susur sungai ini. Per orang dikenakan biaya sekitar Rp 75.000, untuk sekali jalan dengan rute pendek. Durasi perjalanannya sekitar 60 menit. Menarik melihat suasana sore di sepanjang Sungai Kahayan, kehidupan dan aktivitas warga di sepanjang Sungai Kahayan, dan pastinya berfoto saat sunset di atas perahu dengan latar Jembatan Kahayan.

# Wisata Kuliner Palangkaraya

Juhu Singkah,makan khas Dayak

Menikmati malam dengan menikmati kuliner Palangkaya sangatlah menyenangkan. Inilah beberapa rekomendasi kuliner Palangkaraya
  • Oseng Sayur Kelakai
  • Juhu Singkah Enyuh
  • Juhu Umbut Rotan
  • Iwak Patin Bakar
  • Sambal Kandas Sarai
  • Ikan Goreng Saluang
  • Ikan Lais Goreng/Bakar
Kalau jenis ikan-ikanan, terus terang tidak terlalu jauh dengan kuliner di Banjarmasin. Makanya saya dan keluarga akan memilih kuliner lainnya saja.

HARI KEDUA

# Taman Wisata Alam   Bukit Tangkiling.
Taman Wisata Alam (TWA) Bukit Tangkiling menjadi tujuan wisata unggulan di Kota Palangka Raya. Di kawasan TWA Bukit Bukit Tangkiling seluas kurang lebih 550 hektar, Bisa melakukan wisata religi (Biara Pertapaan Karmel atau Pura Hindu Kaharingan), melihat beberapa jenis satwa dan juga aktivitas outbond. Kalau punya tenaga lebih, bisa mencoba untuk mendaki ke puncak Bukit Tangkiling. Dari puncak ini, kalian bisa melihat panorama Bukit Baranahu, Sungai Rungan, dan Kota Palangka Raya dari kejauhan.

Bukit Tangkiling (dok : kalteng.go.id)

 #Rumah Betang
Kini, sudah jarang Suku Dayak yang menggunakan rumah betang. Tapi, buat yang penasaran, bisa mengunjungi ke Museum Rumah Betang yang terletak di Jalan D.I Penjaitan. Di sini bisa melihat contoh rumah betang yang asli dan masih dipertahankan hingga kini.

# Belanja Oleh-Oleh
Jalan Batam menjadi pusat belanja oleh-oleh khas Kalimantan Tengah. Di jalan ini kita bisa menemukan banyak kios yang menjual beragam kerajinan tangan khas Dayak. Jadi kamu bakal menemui  hiasan manik-manik, replika mandau, tas rotan, topi kulit kayu, kaos, amplang, kripik kalakai, dodol atau ikan saluang goreng tepung. Beberapa sama saja dengan di Kalsel, makanya saya memilih yang benar-benar khas dan tidak ada di Kalsel.

HARI KETIGA

# Pasar Tradisional (Pasar Besar)
Sempatkan untuk bangun pagi dan menjelajah ke pasar tradisional. Ada banyak pasar tradisional di Palangka Raya, tapi yang cukup komplit adalah Pasar Besar. Di sana kalian bisa berkeliling melihat aneka barang, ikan, sayuran, dll yang sangat beragam dan serba unik. Berinteraksi dengan warga lokal juga akan menambah pengalaman yang menyenangkan

#Keliling Kota
Keliling di Kota Palangka Raya tentu sangat menanrik. Apalagi Palangkaraya tidak macet.. Nikmati suasana kota, bangunan-bangunan berciri khas Dayak, replika Rumah Betang, hingga mampir ke Sandung Ngabe Soekah.  

MUDAH DENGAN BOOKINGLOKAL

 
promonya banyak


Buat kamu yang ingin wisata, tidak perlu repot lagi . Pesen hotel bisa bookinglokal.com. Apa aja sih yang ditawarkan aplikasi BookingLokal? Intip aja di bawah ini

Gampang Dapet Hotel Murah
BookingLokal menyediakan beragam pilihan hotel murah, rata-rata di bawah Rp 300 ribu saja per malam. Pilihan tepat untuk kamu yang gak mau bangkrut abis liburan.

harga dibawah Rp300.000

Bisa Pesan Meski Mepet Tanggal Check-In
Yes, buat kamu yang nekad liburan besok, tapi belum tahu mau nginep di mana? Tenang saja, pesan kamar di BookingLokal aja! Pilihan banyak, proses pesannya juga cepat.  

Tiap Hari Ada Aja Promonya
Jangan khawatir.  Nggak ada hari tanpa promo hotel di BookingLokal. Selain berbagai diskon hotel, kamu juga berkesempatan dapetin cashback, saldo GoPay, pulsa, dan masih banyak lagi!

Jaminan Harga Terbaik
Apa maksud “Jaminan Harga Terbaik”? BookingLokal menjamin kamu dapat harga terbaik alias harga termurah. Kalau kamu ketemu harga yang lebih murah untuk hotel dan tanggal yang sama lewat layanan pemesanan lain, BookingLokal bakal kasih kamu cashback GoPay sebesar selisih harga.

Yang Kamu Lihat, Yang Kamu Bayar
BookingLokal menjamin nggak ada biaya tersembunyi atau pajak tambahan. Harga yang kamu lihat di aplikasi adalah harga yang kamu bayar.

Beragam & Aman
BookingLokal juga menjamin pembayaran yang aman dan beragam, termasuk kartu kredit dan transfer bank. #GampangKan?

Layanan Pelanggan
Hubungi BookingLokal kapan saja kamu butuh bantuan. Layanan pelanggan BookingLokal siap nolong kamu via WhatsApp, telepon, dan email.
Cuz yang mau liburan, pesen di bookinglokal lanjut deh liburannya. 
Selamat berlibur ya


TULISAN INI DIIKUTKAN DALAM LOMBA BLOG 

Kompetisi Blog "Itinerary Liburanku" dari BookingLokal Berhadiah Samsung Galaxy Tab A8 dan Voucher GoPay!









12 komentar:

  1. Baru tau kalo di Kalimantan ada jembatan indah kayak di Palembang (jembatan Ampera). Keren tuh kalo Poto-poto di sana wkwkw.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaahaha bener mas @chandra. Jadi pengen cepet2 kesana juga :)

      Hapus
  2. mantap betul tu jadi objek wisata, apalagi jika datangnya di sore hari sambil melepas penat, salam kenal ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahah betul.Tampaknya menanrik dikunjungi sorehari ya,salam kenal kembali.makasih dah berkunjung ya

      Hapus
  3. Itu jembatan penghubungan antar desa atau kota ya :D cantik jembatannya juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. jembatan di tengah kota ya tampaknya.menghubungkan antar jalan

      Hapus
  4. Pulau Kalimantan, pulau yang belum pernah saya jejaki -__-'

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoo main ke Kalimantan, mumpung belum jadi ibukota negara hehe

      Hapus
  5. Wah pasti seru ya liburan ke sana. San kulinernya itu bikin penasaran. Pasti beda banget dan khas sekali rasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Bang Amir, pengen segera kesana.nyicip kulinernya terutama hehehe

      Hapus
  6. teringin nak sampai sini suatu hari nanti

    BalasHapus

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Berkomentar Dengan Baik ya :)