Jumat, 01 November 2019

TIPS AGAR STAYCATION NYAMAN DAN MENYENANGKAN

Beberapa tahun terakhir, staycation menjadi pilihan liburan. Terutama bagi kaum milenial. Seperti apa jenis liburan ini? Mengapa menjadi booming? 


Weekend memang saat yang ditunggu-tunggu. Bersama teman-teman bahkan keluarga senang rasanya bisa  menghabiskan waktu liburan yang sebenarnya hanya dua hari, Sabtu dan Minggu. Ditengah padatnya rutinitas pekerjaan, memang weekend menjadi hiburan tersendiri. Apalagi kadang-kadang, bila pekerjaan sudah menumpuk, weekendpun bisa dipakai sebagai waktu kerja alias lembur.

menginap di hotel dalam kota saja (dok pribadi)

  

Staycation bisa jadi pilihan. Apa sebenarnya staycation? sebenarnya merupakan kepanjangan dari stay vacation. 

Google Dictionary mengatakan staycation adalah liburan yang dilakukan di negara sendiri. Bukan di luar negeri, atau liburan yang dilakukan di rumah dan melibatkan perjalanan ke atraksi-atraksi lokal yang berada di sekitar area tempat tinggal, atau dengan kata lain, menjadi turis di kota sendiri.

Nah, dengan jenis liburan ini, seseorang tidak perlu pergi jauh-jauh. Mereka biasanya hanya menginap di hotel berbintang saja atau apartemen dengan sejumlah fasilitas yang lengkap. Mengapa perlu hotel berbintang 4 atau lima atau apartemen berfasilitas yang lengkap? Karena memang tujuannya adalah liburan. 

menginap bersama keluarga (doc pribadi)
 
Tidak sekedar menginap biasa. Hotel-hotel bintang 4 dan bintang 5 biasanya menawarkan pelayanan terbaik dan jauh lebih terjangkau dibandingkan bila wisata ke luar negeri atau ke luar kota jika hanya untuk menginap semalam sampai tiga malam saja. Mereka bukan hanya menawarkan tempat penginapan terbaik tetapi juga makanan lokal dan internasional sampai berbagai fasilitas lainnya.

Memang salah satu keuntungan dari staycation adalah penghematan bujet wisata, karena tak memerlukan tiket pesawat, tiket kereta atau rental kendaraan di lokasi wisata . Keuntungan lainya, staycation lebih hemat waktu dibanding liburan jarak panjang yang memerlukan proses berkemas yang luar biasa, proses ke bandara dan kemudian ke lokasi wisata, kemudian ada lagi perubahan cuaca atau zona waktu yang membuat tubuh mudah lelah.

Sebenarnya banyak kegiatan yang dapat dilakukan dalam kategori staycation ini. Beberapa diantaranya adalah bersepeda keliling kota, piknik di taman, mengunjungi museum, menikmati festival dan event, rekreasi di taman bermain, pergi ke pantai di sekitar kota, sampai menginap di hotel atau vila.
Pilihan aktivitas di hotel berbintang/ vila / apartemen mewah dapat berupa pesta di kolam renang, maraton film, memesan makanan dari luar, bermain board games (permainan manual), atau pesta kostum.

BERSAMA TEMAN ATAU KELUARGA

Staycation ini tengah menjadi tren dikalangan pekerja milenial bahkan keluarga di Indonesia sebab mereka bisa merasakan liburan tanpa perlu pergi ke luar kota apalagi ke luar negeri

Untuk memesan hotelnyapun, kamu bisa memanfaatkan situs pemesanan hotel online atau promo situs e-commerce sehingga bisa mendapatkan harga yang jauh lebih terjangkau. Yang harus diingat, jangan melakukan staycation sendiri. Karena pasti kurang seru !.

Staycation sebaiknya kamu lakukan bersama orang-orag terdekat kamu. Baik itu keluarga, teman kantor, teman main atau siapa saja yang kamu anggap dekat.
Jangan juga melakukannya bersama mereka yang tidak kamu kenal dengan baik, karena pasti butuh waktu lagi untuk adaptasi. Tidak seru kan , harus adaptasi lagi dan membuat kesenangan jadi terlambat datangnya.

Bila kamu hanya memiliki sedikit waktu liburan, Staycation bisa menjadi alternatif yang menarik. Bersama keluarga kecil bahkan keluarga yang lebih besar bisa menginap bersama di sebuah hotel berbintang. 

Kemudian melalukan banyak kegiatan yang memang sudah lengkap disediakan hotel tersebut. Sekali lagi, jangan menginap di hotel yang biasa-biasa saja. Karena barangkali rasanya akan sama saja dengan di rumah bahkan bisa jadi lebih buruk. Tentu saja bukan liburan yang akan kamu dapatkan tapi justru kerugian materi dan waktu .

TIPS BUAT YANG INGIN STAYCATION

Ada berbagai hal yang bisa dilakukan agar staycation berjalan dengan sukses. Bahkan bisa jadi kamu melakukan penghematan keuangan yang luar biasa loh. Ini beberapa hal buat kamu yang ingin staycation.

Rencanakan Terlebih Dahulu
Buat kalian yang ingin melakukan staycation, rencanakan dengan baik. Pilihlah apa yang ingin kamu lakukan di liburan mendatang. Apakah sekedar mengunjungi taman, museum atau menginap di hotel berbintang 4 atau 5.  Menginap di hotel berbintang bisa menjadi pilihan yang menyenangkan. Apalagi banyak kegiatan yang bisa dilakukan selama menginap seperti berenang, mencoba menu internasional, nge-gym, spa, karaoke dan banyak kegiatan lainnya. Rencanakan dengan matang ingin kemana.

Cari Informasi di Media Lokal
Bila kamu menginginkan wisata yang dekat atau lokal seputar kotamu , ada baiknya dicari di media lokal saja. Biasanya informasi yang diberikan lebih sempit sehingga kamu dengan nyaman menentukan pilihan. Kemudian mungkin kamu juga bisa mencari banyak diskon atau potongan harga.

Tentukan Budget dan Pesan Jauh-jauh Hari
Kamu harus tahu persis berapa perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk staycation ini. Kemudian setelah terkumpul uang yang dibutuhkan segeralah memesan tempat yang kamu tuju. Bisa melalui berbagai aplikasi yang saat ini tersedia dan sangat memudahkan. Memesan juh hari memiliki keuntungan antara lain banyak diskon dan lebih banyak pilihannya.

Cari teman atau bersama keluarga
Sekali lagi, jangan pergi sendiri. Karena tidak akan menyenangkan. Ajaklah teman yang se-ide denganmu  atau malah keluarga kecilmu. Dijamin staycation akan menyenangkan.

Lupakan Dulu Urusan Pekerjaan
Bila selama ini kamu seorang tipe pekerja keras maka berhentilah sesaat. Nikmati liburan staycation dengan lebih menyenangkan. Tidak ada salahnya 1-2 hari tidak memikirkan pekerjaan. Jadi jangan bawa-bawa laptop kalau ingin staycation.

Stop Diet Dahulu
Bila selama ini kamu berdiet ketat, bolehlah lupakan sejenak. Apalagi di hotel berbintang banyak makanan enak yang mungkin ingin kamu nikmati kan?

Bersyukurlah
Terakhir dan terpenting adalah bersyukur. Nikmati segala karunia-Nya dengan rasa syukur mendalam. Meskipun bukan liburan yang jauh, setidaknya kamu mampu membuat dirimu berbahagia. Bersyukurlah akan hal itu.  
 

2 komentar:

  1. Saya banget ini mah

    Udah setres kerja, akhir pekan cari hotel yang bagusan dikit, terus nginep di situ cuman leyeh-leyeh doang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betu-betul. Menghilangkan stres, walau sesaat doang si :) tks sudah berkunjung ya

      Hapus

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Berkomentar Dengan Baik ya :)