Jumat, 20 Desember 2019

LIBURAN DI KOTA CANTIK, PALANGKARAYA

Palangkaraya, kata orang Banjarmasin, hanya selemparan batu. Nyatanya kota memang mudah dijangkau. Kami menempuhnya dalam 5,5 jam tanpa macet.

Assalamualaikum,

Keinginan mengunjungi Palangkaraya, Kalteng sudah lama. Apalagi kata orang, jaraknya sangat dekat dari Banjarmasin, Kalsel. Penasaran banget. Sayangnya berkali-kali --waktu masih tinggal di P.Jawa-- dan mudik ke Kalsel, belum juga keinginan ini tercapai. Sampai akhirnya, kata mutiara, " Apa yang kita upayakan, itu yang akan kita raih" benar-benar nyata.



Kebetulan sekali, si Kakak juga ke Banjamasin, karena libur pondok yang memang lebih duluan dari  sekolah biasa. Jadilah kami memutuskan ke Palangkaraya.


BACA JUGA : ITINERARY LIBURAN PALANGKARAYA

Kami memutuskan berangkat Rabu siang. Usai anak-anak pulang sekolah, kami langsung menuju Palangkaraya dari Banjarmasin. Karena memang buta banget jalan menuju kesana, kami memakai Google Maps. Dan ternyata memang sukses kami lewati 160 km ini. .

Ternyata jalanan Trans kalimantan memang keren.Jalannya mulus. Dan yang mengagetkan, banyak pejual buah-buahan di sepanjang jalan. Jadilah kami, beberapa kali mampir untuk menikmati durian, membeli manggis, membeli rambutan sampai membeli kasturi. Yang menurut kami sih murah meriah dibandingkan harga di Banjarmasin tentunya.

Beberapa kali juga melewai penjual nanas, kayu bajakah hingga pedagang madu. Wahhh..Tapi kami tidak membeli  dagangan yang terakhir ini.


Mobil kami terus melaju . Terus terang agak kaget juga. Karena kalau di pulau Jawa, kalau dikatakan 4 jam-5jam perjalanan, ya plus macet-macetnya. Dan kondisi jalannya, tidak sepi hahahaha. menuju Palangkaraya, 5 jam perjalanannya ya benar-benar 5 jam-an dengan kondisi tidak MACET hehehe. Artinya, jaraknya lumayan jauh.

Sepanjang jalan, kami melewati banyak jembatan, sungai besar/kecil dan lainnya rumah penduduk yang tidak banyak dan jaraknya jauh-jauh. Dan alhamdulillah, paru-paru dunia masih terlihat. Hutan Kalimantan Senang rasanya melihatnya. Bahkan kata anak saya : sungainya jernih, kayak dilukisan-lukisan atau foto. Bener juga.





 

Banjarmasin ke Palangkaraya hanya satu jalur saja. Percabangan tidak banyak dan rata-rata hanya menunjukkan arah desa yang tidak terlalu besar. Hutan yang lebat di Kuala Kapuas dan Pulang Pisau.


Kota-kota kecil yang dilewati antara lain Anjir Muara, Anjir Pasar (Barito Kuala), Barimba, Kuala Kapuas, Basarang, Mandomai (Kapuas), PulangPisau, Barabai, Tumbang Nusa (PulangPisau), Berengbengkel (Kota Palangka Raya).

Beberapa sungai menarik yang dilewati antara lain Sungai Kapuas, Sungai Barito, dan Sungai Kahayan beserta sejumlah anak sungai kecil yang melintasi jalan. Jembatan-jembatan yang dibangun melintasi sungai tersebut pun tidak kalah menarik. Ada banyak jembatan yang melintasi sungai tersebut, namun tentu saja yang paling menarik adalah Jembatan Barito yang melintasi Sungai Barito sepanjang 1 KM lebih (wilayah Kalsel).



Jembatan Barito (klikkalsel dot com)




WELCOME DI KOTA CANTIK, PALANGKARAYA

Sore jelang Magrib kami sampai di Palangkaraya. Pertanyaan selanjutnya, dimana harus menginap? hahaha. Sungguh perjalanan yang aneh. Bisa dibilang tidak pakai rencana detail. Pengalaman membuktikan, rencana yang detail banget suka gagal kalau jalan-jalan jarak dekat begini..

Kami mampir di Indomaret pertama ketika memasuki kota Palangkaraya. mencari-cari penginapan di aplikasi TRA****** hehehehe. Nggak ada yang pas-pas amat. Ada yang terlalu mahal, ada yang harga sedang tapi baca pengalaman penhgunjung jadi malas lagi, ada yang murah tapi jauh dari lokasi berhenti dll.

Agak lama kami mencari-cari penginapan. Sampai salah satu pengunjung Indomaret yang duduknya berdekatan dengan kami mengutak-atik HP mendekati dan berbasa-basi. Dari percakapan singkat, akhirnya dia menunjukkan penginapan yang nyaman, murah, dan dekat dekat lokasi kami sekarang. Wah rejeki, Pas banget.

Dia bahkan memberikan nomer kontak penginapan tersebut dan menyarankan kami untuk mengirim pesan WA ke CS-nya. Kami meminta share loc lokasi yang ternyata memang dekat sekali.

Jadilah kami menuju penginapan ini. Namanya, Tulip Guest House, jl. Menteng. Lumayan lah ternyata. Kami memesan dua kamar disini.Ada AC, kamar mandi yang bersih, dekat kemana-mana , cukuplah buat kami melepas lelah malam itu.

Malam itu kami tak kemana-mana lagi.

(bersambung)



  

16 komentar:

  1. Abis baca ini jadi pengen explore Kalimantan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kak. Jangan tempat wisatanya aja, tapi alamnya luar biasa, alhamdulillah

      Hapus
  2. aku belum nih explore wilayah Kalimantan mengingat baru seputaran Jawa, Bali dan NTT aja hihi. Semoga jika ada rezekinya mau banget ke Palangkaraya ini sambil jajan madu dan nanas

    BalasHapus
  3. Trans Kalimantan ini tol kah, Mbak? Selama perjalanan 5,5 jam itu selain beli buah sempat mampir ishoma atau non stop driving? Seru ya kalau bepergian jalan darat selama nggak macet. Banyak yang bisa dilihat sepanjang perjalanan.

    BalasHapus
  4. Aku belum pernah liburan sejauh ini kak dan kepengen banget. Kayanya seru dan asyik banget pasti mencoba suasana baru huhu pengen:(

    BalasHapus
  5. Ih belum pernah ke Palangkaraya, sama calon ibukota nanti dekat nggak mbak?
    Kayanya asik kalo explore bebas di sana nyari suasana alam...

    BalasHapus
  6. mashaa Allah Palangkaraya seindah ini ternyata, thx loh kak udah sharing di blog :)

    BalasHapus
  7. orang kalimantan mba? jadi kangen pengen main kesana :)

    BalasHapus
  8. Aku pernah 2x ke Palangkaraya. Semuanya dalam rangka urusan murid 🤣

    BalasHapus
  9. Aku sama sekali belum pernah ke Kalimantan mba, apalagi Palangkaraya. Enak ya di sana nggak macet kayak di sini. Penasaran sama lanjutan cerita indahnya kota Palangkaraya yang mau jadi Ibukota Indonesia ini. Hehe.

    BalasHapus
  10. Keren ya udah ada tol Trans Kalimantan, jadi menpermudah buat yang mau bepergian lintas provinsi di Kalimantan. Kebetulan aku belum pernah ke Palangkaraya Mbak, ditunggu lanjutan ceritanya :)

    BalasHapus
  11. Duh bikin mupeng. Aku mainnya masih tipis-tipis nih. Belom pernah ke luar Jawa. Semoga saja suatu saat berkesempatan main ke luar Jawa. Termasuk Palangkaraya :)

    BalasHapus
  12. Waa enak ya mbak sudah ada tol Trans Kalimantan. Saya belum pernah ke Kalimantan, eh, pernah deng satu kali ke Tarakan :)

    BalasHapus
  13. Aku belum pernah ke Palangkaraya, tapi kok suka banget sana suasananya. Ngingetin aku sama Mojokerto nih mbak🤭

    BalasHapus
  14. Waah lewat Sungai2 Barito dan Kapuas? Aku ke Kalimantan baru ke Pontianak ajaa hehe. Banjarmasin Palangkaraya lumayan jauh juga yaah

    BalasHapus
  15. Salah satu yang belum pernah aku kunjungi yaitu kalimantan. Ternyata secantik itu ya mba. Dirimu asli orang kalimantan mba?

    BalasHapus

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Berkomentar Dengan Baik ya :)