FBB
KEB

IHB

(REVIEW) Mengunjungi Kiram Park Banjarbaru


Kiram Park Banjarbaru ternyata menawarkan pemandangan alam yang indah. Akses menuju ke lokasi ini sudah sangat bagus.

Kami sebenarnya tidak sengaja mengunjungi Kiram Park. Tujuan awalnya ke Mandiangin Taman Hutan Raya Sultan Adam Kalsel. Mandiangin sendiri adalah sebuah tempat wisata yang memiliki banyak spot-spot untuk dijelajahi, dari Air Terjun yang mempunyai treking yang menantang, Kolam Belanda, Benteng Belanda, Bukit Tirai Hujan Hingga Pemandangan yang wajib dinikmati ketika menuju puncak Tahura. 


Namun rupanya kami tidak beruntung. Dua jam perjalanan dari Banjarmasin naik motor, sampai gerbang Mandiangin rasanya senang sekali. Nyatanya, petugasnya mengatakan Tahura ditutup sudah agak lama. Haaa..bingung donk kami  hehehe

Ternyata ditutup karena saat itu musim kemarau, musim kebakaran hutan dan jelas-jelas air terjunnya menjadi surut. Dan kata petugas pengumuman tentang penutupan sementara Tahura ini sudah ada di medsosnya mereka. Duh, apesnya saya yang nggak sempet mengamati medsos mereka sebelum kesini.
Baiklah. Kami berputar arah. Ingin langsung pulang rasanya sayang. Jadilah kami ke Kiram Park.

KIRAM PARK


kiram park
Kiram Park (dokumentasi pribadi)

Kami sempat mampir ke sebuah warung kecil di pinggir jalan sekedar mampir minum kopi, anak-anak beli pop ice dan makanan ringan juga. Dari obrolan dengan pemilik warung, kami tahu Kiram Park tidak terlalu jauh dari lokasi tempat kami mampir saat itu. Boleh juga nih wisata di Kiram Park Banjarbaru.

Oh iya, Kiram Park atau wisata gunung mawar ini, milik orang nomor satu di Kalimantan Selatan atau Gubernur kalsel, Bapak H.Sahbirin Noor atau Paman Birin. 
 
Jadi jangan heran, jalan menuju ke lokasi villa Paman Birin sangat-sangat bagus dan mulus. Kata si pemilik warung dimana kami mampir, sejak tanah-tanah di wilayah ini dimiliki orang-orang penting, jalan-jalan di wilayah sini memang jadi bagus.

penginapan kiram park
disewakan (dok: pribadi)
Walaupun menurut saya pribadi, kendaraan yang lewat masih sangat sedikit alias masih sepi. Hari itu, kami hanya berpapasan dengan beberapa kendaraan saja dan jarang-jarang.

Kiram Park atau yang lebih dikenal dengan Villa paman Birin terletak di Gunung Mawar tepatnya di Desa Kiram, Kecamatan Karangintan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.
Menuju ke lokasi ini mudah. Dari tugu Banjarbaru arahkan perjalanan menuju wilayah Cempaka. Setelah bertemu pertigaan, kamu bakal menemukan plang petunjuk jalan menuju Desa Kiram. Ikuti saja jalan tersebut, disetiap belokan sudah terdapat petunjuk jalan menuju bukit mawar. Rute lain yang bisa dilewati adalah Riam-Mandiangin-Desa Kiram.

ADA APA DI KIRAM PARK?

Penasaran ada apa disini? Ternyata hutan dan kebun karet menjadi pemandangan utama. Villanya  sendiri berada di atas-atas bukit / puncak gunung mawar. Suasana sejuk seketika terasa (walau saat itu musim kemarau), apalagi kita disuguhi pemandangan hutan dan perbukitan hijau. 

jalan-jalan kiram park
pejuang jalan-jalan (dok: pribadi)

Villa Kiram ini dilengkapi juga dengan kolam renang anak, arena outbound, kebun anggrek, kolam ikan, tanaman hidroponik, gazebo dan sarana umum seperti mushola dan toilet di beberapa tempat. Hanya saja ketika kami berkunjung, toiletnya tidak ada airnya hiks (Mungkin karena musim kemarau ya?)

Bagi pengunjung yang hanya ingin berkunjung (tanpa menginap) di Villa Kiram milik Paman Birin ini, biaya masuk (di gerbang) hanya Rp 5000 saja (motor). Sedangkan jika ingin menginap tersedia 2 jenis penginapan. Penginapan tipe pertama berukuran kecil dengan jumlah 14 unit, harga Rp 300 ribu/malam. Sedangkan tipe besar -- hanya ada beberapa -- harganya Rp 600ribu-an per malamnya. Oh iya, lebih enak datang kesini membawa bekal. Apalagi tampaknya warung-warung masih langka hehehe..

Sekarang sih masih bepergian ketempat yang dekat-dekat dulu. Smeoga besok-besok bisa Liburan ke Toraja?  Ada ritual mayat berjalan loh. 

Semoga tetap sehat, bahagia dan ada kesempatan berlibur lagi ya setelah pandemi nanti. 

18 komentar

Terima Kasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik. Mohon sebutkan nama atau akun google-nya ya

Untuk yang menyertakan link hidup atau tanpa identitas, mohon maaf, komennya tidak akan di ditampilkan :) Terima kasih
  1. Seru banget ya Mba kalau nginap di sini, cuman memang kalau nggak ada warung makan, bakalan jadi menantang juga, kudu bawa bekal dan sedikit rempong.

    Tapi emang kalau bawa bekal bakalan lebih hemat dan mengenyangkan :)

    BalasHapus
  2. Pentingnya kalau mau jalan-jalan ya baca review ini mba, keren ulasannya dan noted banget harus bawa makanan perbekalan yang banyak ya, biar liburan perut anak-anak juga aman :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya betul kak, liburan menyenangkan karena kita juga kenyang sama bekel yang dibawa dari rumah. hemt lagi ya

      Hapus
  3. Wahh bagus tempatnya unik.. harganya juga worth it ga terlalu mahal yaa, apa karena diluar jakarta ya? Soalnya di jakarta udah gaada yg segituan harganya.. tapi sayang jauh banget ya huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, kalau di Jakarta nggak ada harga segini pastinya ya

      Hapus
  4. Asik dan seru banget jalan-jalan kesini, apalagi memang fasilitasnya seperti jalanannya udah bagus, sepi mungkin karena belum banyak tahu kali ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang udah banyak yang tau kak, apalagi pak gubernur sekarangs ering ngadain acara disana hehe

      Hapus
  5. Minimalis ya mba, dan masih asri. Kayaknya belum terlalu banyak yang berkunjung ya. Sayang padahal bagus lhoh tempatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu emang sepi kak, sekarang dah rame banget hehe

      Hapus
  6. Wah aku dari kemarin bolak balik Banjarbaru belum pernah mampir ke sini Mba. Ternyata punya Pak Gubernur Kalsel ya.. senang banget kalau akses ke tempat wisata sudah bagus.

    BalasHapus
  7. Pernah ke sini sekali dan emang cukup jauh. Tapi sejuk banyak pohon. Sempat mau salat dulu mesti nyari air di belakang karena kamar mandinya lagi gak ada air.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iya dilema nya nggak ada air (waktu itu juga)

      Hapus
  8. wah seru banget ini mba aku pengen banget liburan cem tempat begini nih :) apalagi ajakin anak-anak pasti happy

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya alhamdulillah kak, anak-anak senang banget. yuk ikutan main kapan2 ya

      Hapus
  9. bagus juga nih tempatnya.. keren kerenn

    BalasHapus
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Kumpulan Emak Blogger (KEB)
Female Blogger of Banjarmasin
Female Blogger of Banjarmasin