Youtube
wb_sunny

Breaking News

Tips Puasa Sehat Di Tengah Pandemi

Tips Puasa Sehat Di Tengah Pandemi


Puasa sehat ditengah pandemi jadi tantangan tersendiri. Banyak yang mengabaikan hal sepele. Misalnya tidak makan berlebihan. Ini beberapa tips puasa sehat ditengah kepungan #Corona

Ramadhan 2020 sudah di depan mata. Semoga kita bisa dipertemukan ya? Kali ini memang terasa sangat berbeda dari yang kita lalui di tahun-tahun yang lalu. Wabah Corona yang melanda dunia telah mengubah segalanya, termasuk di Tanah Air. Bukan hanya soal social distancing yang mengharuskan kita mengurangi kegiatan luar bahkan cara beribadahpun harus berubah untuk sementara waktu.



puasa saat corona
Puasa disaat corona (dok : timlo dot net)

Awalnya pasti terasa  aneh. Bayangkan saja, bulan puasa kita biasa melakukan ibadah di mesjid. Kini, hanya dilakukan di rumah saja (dengan imam nya pak suami heheh). Kemudian, soal buka puasa. di masa lalu, selain berbuka di rumah , kita juga mempunyai banyak pilihan. Misalnya buka di luar rumah sesekali. Atau ada undangan buka puasa bersama sodara, kebat bahkan teman-teman masa sekolah. Bisa dibayangkan padatnya jadwal berbuka puasa kan? Tiba-tiba sekarang semuanya berubah  



Namun tentu saja, kita harus tetap berpuasa dengan baik. Apalagi Ramadhan adalah bulan suci umat Islam yang memang wajib kita isi dengan banyak kegiatan yang baik, selain puasa itu sendiri.
Selain berusaha untuk memperbanyak amalan ibadah dan beramal baik tadi,  tentu saja kita sepakat, menjaga kesehatan juga harus dilakukan. Apalagi kita berada ditengah wabah yang kabarnya terjadinya tiap 100 tahun ini.

Menjaga asupan makan di kala  puasa misalnya sangat perlu diperhatikan. Nyatanya,  menjaga tubuh tetap bugar saat puasa tentu tidak mudah, terlebih bagi Anda yang tidak terbiasa berpuasa.

Karena memang terjadi perubahan pola makan yang drastis yaitu tidak makan dan minum selama 12 jam sehingga tubuh perlu adaptasi lagi untuk bisa menyesuaikan dengan aturan makan saat berpuasa. Tapi, jangan khawatir. Paling ini terjadi beberapa hari saja. 

Selanjutnya biasanya tubuh akan menyesuaikan dengan pola makan, istirahat bahkan mungkin rutinitas ibadah yang kita lakukan.

AGAR TETAP SEHAT


Bagi kalian yang berpuasa, tentu saja harus memperhatikan beberapa hal untuk menjaga agar tetap sehat dan bugar disaat puasa.  Terutama karena kita sedang berjuang melawan wabah corona, yang sewaktu-waktu bisa menyerang siapa saja dan berada dimanapun tanpa pilih kasih.


BACA JUGA

APA AKIBATNYA BILA TERLALU LAMA NGGAK KELUAR  RUMAH? #DIRUMAHAJA

PHK ATAU DIRUMAHKAN KARENA CORONA, INI YANG HARUS DILAKUKAN

#JAGA ASUPAN MAKANAN BERGIZI


Tentu saja tubuh membutuhkan asupan makanan yang baik untuk menjaga puasa kita berjalan dengan lancar dan tanpa gangguan penyakit. Selain itu, tentu saja kita juga harus bertahan dari serangan virus corona yang sewaktu-waktu bisa datang tanpa kita tahu darimana. Jaga kesehatan sebaik-baiknya. Jangan lupa air putih, sayur dan buah.

Menjaga asupan air putih tentu penting sekali . Menurut para ahli, setidaknya rata-rata tubuh orang dewasa dengan aktivitas sedang memerlukan asupan air putih sebanyak dua liter (setara dengan delapan gelas). Jika melakukan aktivitas tinggi, tentu lebih tinggi pula kebutuhan air putih atau mineralnya. Jangan lupa tambahkan vitamin untuk menambah daya tahan tubuh Anda.

#TETAP JAGA KEBERSIHAN

Dalam Islam, kebersihan dinyatakan sebagai sebagian dari keimanan. Tetaplah hidup bersih dan sehat. Menjaga kebersihan, salah satu yang disarankan untuk menghadapi virus covid 19. Mencuci tangan dengan sabun secara benar merupakan salah satu langkah pencegahan.
Karena menghadapi corona diharuskan untuk melakukan social distancing, maka patuhilah. Jaga jarak satu meter ketika berinteraksi dengan orang lain. Sekali lagi, kesehatan merupakan modal utama dalam kelancaran ibadah puasa kita.

#TETAP BEROLAHRAGA


Meskipun kita sedang berpuasa, jangan lupa berolahraga ringan. Kalau dalam kondisi tidak berpuasa disarankan sekitar 30 menit, mungkin dalam berpuasa cukup 15 menit an saja.
Berolahraga selama bulan puasa merupakan salah satu kegiatan yang dianjurkan para ahli untuk menjaga kebugaran tubuh, tentunya dengan beberapa catatan khusus yang harus diperhatikan dnegan baik.

Pertama, pilih olahraga intensitas rendah hingga sedang (low impact) seperti yoga, skipping, jogging, atau bersepeda di dalam ruangan, dengan durasi kurang dari 1 jam.  

Kedua, memilih waktu yang tepat. Misalnya saat sore hari sehingga tidak terasa haus sepanjang hari dan kalori yang hilang bisa segera tergantikan dengan menu buka puasa. Sore hari memang merupakan waktu yang tepat karena tidak lama setelah berolahraga, waktu berbuka pun tiba.
Hindari berolahraga terlalu berat terutama di hari-hari pertama puasa karena tubuh masih butuh penyesuaian. Lakukan olahraga ringan dengan durasi singkat, lalu tambah perlahan di hari-hari berikutnya.

Lupakan juga keinginan untuk berolahraga di siang hari karena cenderung lebih panas dan rentang waktu yang berjauhan dengan waktu berbuka dapat membuat tubuh relatif lebih mudah lemas akibat lapar dan haus.

#GUNAKAN MASKER


Ini himbauan WHO dan pemerintah yang perlu kita patuhi bersama. Gunakan masker bila keluar rumah.Di Indonesia disarankan masker kain. Masker kesehatan untuk paramedis.

Soal urusan masker ini ternyata juga nggak mudah. Disekitar kita banyak sekali kita melihat mereka yang belum sadar diri untuk menggunakan masker. Entah karena memang tidak punya masker atau memang tidak ada kesadaran untuk melindungi diri sendiri dan melindungi orang sekitar dari bahaya wabah corona.

Padahal, pemerintah sudah melakukan sosialisasi soal masker ini. Apalagi beberapa daerah di Indonesia sudah melaksanakan PSBB , yang harusnya penggunaan masker lebih diketahui masyarakat. 

 #ISOLASI DIRI, APALAGI BAGI YANG SAKIT


Meskipun sedang berpuasa, aturan Isolasi diri wajib dipatuhi. Apalagi masih musim corona. Bagi yang sedang sakit, jangan sampai menyebabkan orang lain di sekitar kita juga sakit. Lakukan segala sesuatunya dalam rumah termasuk beribadah.

Isolasi diri minimal 14 hari, seperti yang dianjurkan pemerintah.Namun, bila merasa diri atau sekitar kita ada tanda-tanda terpapar Corona tentu saja harus ke RS atau menelpon cell center Corona yanga da di berbagai daerah di Indonesia.

#JANGAN JAJAN SEMBARANGAN


Biasanya ketika bulan Ramadahan, banyak sekali jajanan berbuka puasa yang enak-enak . Kurangilah hal demikian. Usahakan untuk banyak membuat makanan dari rumah saja (makanan rumahan). Selain lebih sehat juga terjamin kebersihannya.

#TETAP BERIBADAH DAN BERDOA

Dalam ketidakpastian kehidupan, hanya doa dan pertolongan-Nya yang bisa membuat kita tenang. Tetaplah beribadah semaksimal mungkin di bulan Ramadhan. Kemudian jangan lupa berdoa kepada-Nya agar dilancarkan dan terhindar dari segala musibah. 


Semoga kita semua diberi kelancaran selama bulan ramadhan dan tentu saja, doa yang tiada henti agar badai Corona cepat berlalu dan kehidupan kita kembali normal lagi ya.

Bagaimana dengan kalian? Komen ya, bagaimana puasa sehat yang kalian lakukanterutama di saat-saat wabah corona menyerang negeri kita tercinta.

Semoga sehat semua ya
 Tetap semangat semuanya...



Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

4 komentar

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Berkomentar Dengan Baik ya teman-teman.. Untuk yang menyertakan link hidup, mohon maaf, akan langsung dihapus :)

  1. Iya setuju mbak. Cara2 di atas emg kudu dilakukan biar Ramadan kali ini kita tetap sehat. Semoga pandemi ini segera berlalu. Huhu
    Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak Ella, apalagi musim wabah begini, harus lebih care kita terhadap kesehatan ya. semoga sehat selalu kak..

      Hapus
  2. Saya belum puasa dong Mba, masih pas dapat tamu.
    Jadinya si kakak aja yang puasa, kasian sebenarnya dia puasa sendiri, sholat tarawih sendiri.

    Padahal kemaren saya ajak tarawih bareng dia semangat banget ngumpulin surat pendek buat dihafalin karena dia bakal jadi imam :D

    BalasHapus