Kamis, 14 Mei 2020

Lima Wisata Banjarmasin Yang layak Dikunjungi


Haloo, ketemu lagi. Kali ini saya akan berbagi soal wisata Banjarmasin. Tidak banyak yang menyangka, wisata Banjarmasin, beragam. Mulai wisata sungai, alam, sejarah hingga kuliner. Tinggal pilih suka yang mana.


wisata banjarmasin




Menjelajahi Banjarmasin tidak cukup hanya sehari. Ibukota provinsi Kalimantan Selatan ini menjanjikan tempat wisata yang beragam. Yang terkenal selama ini hanya wisata sungai-nya. Namuns sebenarnya banyak wisata lainnya di kota yang terkenal dengan julukan kota seribu sungai ini.

Menuju Banjarmasin tentu tidak sulit. Dari Jakarta, penerbangan bisa ditempuh dengan berbagai maskapai misalnya Garuda, Citilink, Lion Air dan Sriwijaya Air. Kemudian bila sudah tiba di Bandara internasional Syasuddin Noor, tinggal naik angkutan resmi bandara menuju kota Banjarmasin, kira-kira 1 jam perjalanan.

Jangan kaget. Cuaca di kota Banjarmamasin lumayan panas. Bahkan bisa dikatakan lebih panas dari Jakarta. Namun, bila kamu sudah menjelajah sudut-sudut kota yang tertata rapi, kelelahan akan terbayarkan.

BACA JUGA :




 
Secara umum, wisata Banjarmasin terbagi tiga yaitu wisata alam  , kuliner dan wisata sejarah. Ketiganya mempunyai keunikan masing-masing. Namun, bila waktumu terbatas untuk tinggal di Banjarmasin, wisata dalam kota Banjarmasin atau bahkan dekat tempat menginap sudah cukup.

WISATA BANJARMASIN MULAI DARI MANA


Mungkin kamu akan bertanya, dari mana akan memulai perjalanan untuk wisata Banjarmasin. Sebenarnya bisa dimulai dari mana saja. Apalagi Banjarmasin kota nya tidak begitu luas. Menurut Wikipedia, luas Banjarmasin 98,46 km persegi. Penduduknya juga tidak sepadat kota –kota lain di Indonesia. oke, kita akan menjelajahi lima tempat di Banjarmasin yang sangat layak dikunjungi.

NOL KILOMETER BANJARMASIN

Lokasi ini terletak di kawasan taman nol kilometer, Jl Sudirman Banjarmasin. Ini tempat yang indah untuk memandang sungai Martapura yang mengitari kota Banjarmasin. Buat sekedar duduk-duduk sore hari sangat menarik. Banyak jajanan ringan sekitar taman nol kilometer buat , asal kalian jangan buang sampah sembarangan ya?

SIRING BANJARMASIN

Ini juga tempat menarik dan letaknya di tengah kota Banjarmasin. Disini selain bisa menyaksikan pemandangan sungai, pengumjung juga bisa naik kapal motor untuk sekedar menyusuri sungai. Harga mulai dari Rp 5.000 rupiah saja. Bila ingun rute yang lebih jauh misalnya ke wisata Kampung Hijau atau Pulau kembang harganya berbeda lagi. Oh iya di lokasi siring ini , ada Pasar terapung mini, khususnya hari Minggu. Kalian bisa berbelanja dan jajan makanan tradisional disani.

PASAR TERAPUNG LOK BAINTAN

Lokasi ini sudah sangat populer sebagai aikon wisata Banjarmasin sejak dulu. Bila per orangan, menuju kesini cukup membayar Rp 50.000 saja. Menyewa kapal motor lebih baik lagi bagi kalian yang pergi secara rombongan.
Pasar terapung Lokbaintan sendiri terletak di Muara Sungai Barito. Jadi sebenarnya perbatasan antara Sungai barito dan laut Jawa.
Disini kalian bisa menemukan berbagai keperluan sehari-hari mulai buah, sayur, ikan, udang, sampai menu sarapan pagi yang nikmat. Tinggal pilih, mana yang disukai saja. Harga? Cukup bersahabat sih, apalagi kalau pintar menawarnya.

JEMBATAN SUNGAI BARITO

Jembatan ini merupakan salah satu jembatan terpanjang di Pulau Kalimantan. Bila akan menuju Kalimantan Tengah, akan melewati jembatan ini. Karena memang letaknya di akses jalan Trans Kalimantan. Jembatan ini diatas sungai Barito. Selain menikmati pemandangan sungai, jangan lupakan kulineran di sekitar wilayah ini.

KULINER BANJARMASIN

Apa saja kuliner Banjarmasin? Banyak ragam sebenarnya. Mulai makanan berat hingga makanan ringan. Untuk kue-kue basahnya, di Banjarmasin sangat banyak. Bahkan mencapai 40 macam kue yang biasanya masih ada di acara-acara pernikahan di kota Banjarmasin. Kalau di kota lain , hanya menemukan lontong dan ketupat ketika lebaran, maka di Banjarmasin kedua macam makanan itu ada tiap hari di setiap sudut kota. Umumnya sih sebagai menu sarapan, dengan lauk khasnya bisa ikan gabus (haruan), ayam atau telor. Kemudian juga sarapan nasi kuning dan buras juga ada setiap harinya.
Ingin menikmati menu Soto Banjar yang khas, tentu saja juga banyak di setiap sudut kota. Bahkan di beberapa restoran / warung soto Banjar terkenal , letaknya di pinggir sungai. Jadi ibaratnya, sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Sambil menikmati Soto Banjar, bisa sekalian menikmati wisata Sungainya.

Nah, itu dulu tentang wisata Banjarmasin. Bila ingin datang dan perlu guide, bisa hubungi saya ya hehehe..
Tetap Semangat semuanya..
       

8 komentar:

  1. Kebanyakan wisatanya seputar sungai ya, penasaran dengan pasar terapungnya, itu kita ikutan naik perahu juga ya?

    Wah noted banget ini ya, kalau ke Banjarmasin, wajib hubungi guide ini hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha iya kak, hubungin akuuu yaa hahah.inshAllah siap jd guide, iya wisatanya byk an sungai..hihi

      Hapus
  2. Pengen deh nyobain jajan di pasar terapung gitu. Gimana rasanya yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayoooo ke banjarmasin kak, kontak aku ya haha.siap jd guide ntar.pasar terapung asikk loh

      Hapus
  3. Aku juga pengin ngerasain langsung naik kapal di pasar terapung, pasti seru ya tawar menawarnya ..

    BalasHapus
  4. Saya belum pernah ke Banjarmasin,ketika ingat Banjarmasin jadi ingat juga pasar terapung yg terkenal itu.namun sekali lagi cuma tahunya via tivi belum pernah nikmati terapung apung benaran di sungai tsb.hehehe.

    BalasHapus
  5. Terima kasih banyak nih untuk referensinya, sangat bermanfaat tentunya :)

    Penasaran banget bagaimana jual beli di atas perahu, nampaknya memang harus ke Pasar Terapung Lokbaintan deh :)

    BalasHapus
  6. Wah, saya penasaran pengen liat pasae terapungnya .Dulu cuma liat di iklan RCTI aja hehe, penasaran pengen lihat aslinya seperti apa. Kalo ke Banjarmasin pengen coba soto banjar juga. Mudah-mudahan suatu hari bisa kesana :)

    BalasHapus

Terima Kasih Sudah Berkunjung dan Berkomentar Dengan Baik ya :). Untuk yang menyertakan link hidup akan langsung dihapus :)